Home Auto News Hasil F1 Belgia 2016, Kemenangan Pertama Rosberg

Hasil F1 Belgia 2016, Kemenangan Pertama Rosberg

0 489

Hasil F1 Belgia 2016, GP Belgia menjadi momen terbaik bagi pembalap Mercedes, Nico Rosberg. Pasalnya ia berhasil finish di urutan pertama yang membuatnya keluar sebagai juara. Ini menjadi kemenangan pertamanya di sirkuit Spa-Francorchamps.

F1 2016 kali ini berlangsung menarik dan tidak monoton. Banyak kejadian yang tak terduga selama berlangsungnya pertandingan. Max Verstappen yang start dari posisi kedua terlambat beraksi saat start. Alhasil posisinya direbut oleh Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

Langkah Verstappen tidak terhenti sampai di situ, ia coba untuk mengejar pesaingnya. Di tikungan pertama ia masuk dari sisi dalam. Lantaran sempit, Kimi dan Raikkonen bersenggolan. Mobil milik Verstappen juga menyentuh mobil Kimi sehingga membuat sayap depan mobilnya rusak. Atas hal tersebut Kimi dan Vettel terpaksa kehilangan posisinya karena mobil mengalami kerusakan. Pada lap berikutnya Kimi dan Verstappen masuk pit. Insiden ini ternyata membuat Verstappen dan kedua pembalap Ferrari saling menyalahkan.

Insiden lain juga dialami oleh Toro Rosso. Ban kanan belakang mobil miliknya pecah. Pembalap Carlos Sainz ini tetap berusaha untuk melaju, namun mobilnya melintir keluar dan masuk trek. Pada akhirnya ia berhenti di pagar pembatas.

Tidak cukup sampai di situ, insiden lain yang lebih mencengangkan terjadi di lap enam. Kevin Magnussen yang mengemudikan mobil Renault melintir sesudah melewati tikungan Eau Rouge. Akibatnya bagian belakang menghantam pagar pembatas dari tumpukan ban. Kejadian ini mengharuskan safety car (SC) masuk arena balap. Di samping itu banyak pembalap yang masuk pit. Jalannya balapan juga diwarnai dengan kibaran bendera merah lantaran petugas harus memperbaiki pagar yang rusak di tikungan 4 tersebut.

F1 Belgia 2016 2

Balapan di lap 10 dipandu safety car satu putaran. Di barisan terdepan Rosberg yang meraih pole position masih memimpin jalannya pertandingan. Sementara pembalap Red Bull, Ricciardo menempati urutan kedua dan disusul oleh Nico Hulkenberg dari tim Force India.

Performa mengagumkan ditunjukkan oleh Fernano Alonso. Pembalap McLaren yang start dari posisi paling belakang karena penalti adanya penggantian pada mesin mobil berhasil menempati posisi keempat. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh rekan setim Nico Rosberg, Lewis Hamilton yang start dari posisi 21. Ia juga dipenalti karena adanya penggantian pada mesin mobilnya. Kendati demikian ia berhasil maju hingga urutan lima. Sementara itu, duo pembalap Ferrari, Vettel dan Kimi tercecer di posisi 11 dan 15.

Memasuki lap 12, posisi pembalap di lima besar mengalami perubahan. Hamilton berhasil mendahului Alonso sehingga menempati urutan keempat. Sementara di lap 18 Hamilton juga sukses menyalip Hulkenberg untuk meraih podium. Posisi tiga besar secara berurutan ditempati oleh Rosberg, Ricciardo dan Hamilton. Posisi ini tidak berubah hingga finish di lap 44.

Rosberg meraih kemenangan pertamanya di Spa-Fracorchamps setelah 10 kali bertanding di sirkuit tersebut. Dengan kemenangan ini poin selisih poin antara Rosberg dengan Hamilton terpangkas 10 poin. Sementara itu, Esteban Ocon yang menjadi pembalap baru tim Manor berhasil menyelesaikan lomba di posisi 16. Sementara Pascal Wehrlein gagal menuntaskan lap pertama setelah bergenggolan dengan Jenson Button.

Hasil lomba

  1. Nico Rosberg Mercedes F1 1:44:51,055
  2. Daniel Ricciardo Red Bull-TAG Heuer +14,1
  3. Lewis Hamilton Mercedes F1 +27,6
  4. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +35,9
  5. Sergio Perez Force India-Mercedes +40,6
  6. Sebastian Vettel Scuderia Ferrari +45,3
  7. Fernando Alonso McLaren-Honda +59,4
  8. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +60,1
  9. Kimi Raikkonen Scuderia Ferrari +61,1
  10. Felipe Massa Williams-Mercedes +65,8
  11. Max Verstappen Red Bull-TAG Heuer +71,1
  12. Esteban Gutierrez Haas-Ferrari +73,8
  13. Romain Grosjean Haas-Ferrari +76,4
  14. Daniil Kvyat Toro Rosso-Ferrari +87,0
  15. Jolyon Palmer Renault Sport F1 +93,1
  16. Esteban Ocon MRT-Mercedes +1 lap
  17. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap

Tidak finish (DNF)

  • Kevin Magnussen Renault Sport F1 5 lap
  • Marcus Ericsson Sauber-Ferrari 2 lap
  • Carlos Sainz, Jr. Toro Rosso-Ferrari 0 lap
  • Jenson Button McLaren-Honda 0 lap
  • Pascal Wehrlein MRT-Mercedes 0 lap

Fastest lap

  • Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 1:51,583

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply