Home Mobil Tips Mengganti Velg Mobil dengan Aman, Perhatikan Hal Ini

Tips Mengganti Velg Mobil dengan Aman, Perhatikan Hal Ini

0 539

Tips Mengganti Velg Mobil, Banyak pemilik mobil yang mengganti velg untuk mempermanis tampilan kendaraan kesayangannya. Penggantian bisa dilakukan dengan velg berukuran lebih besar atau lebih kecil. Biasanya hal ini juga diikuti dengan berubahnya lebar telapak velg itu sendiri.

Mengganti velg untuk mengejar tampilan yang lebih memikat tidaklah salah. Namun Anda harus menyadari bahwa velg bukanlah aksesori pendukung. Salah satu komponen mobil ini menjadi komponen penting yang dapat mempengaruhi performa dan keamanan mobil. Untuk itu, penggantian velg tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada hal-hal yang wajib diperhatikan jika pemilik mobil ingin mengganti velg standar dengan produk aftermarket.

“Setiap melakukan penggantian velg setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yaitu diameter velg, lebar, dan PCD (Pitch Circle Diameter),” ungkap Arya Singgih, mekanik bengkel spesialis velg dan ban yang bertempat di Jakarta Barat, dikutip dari Autobild.

Ukuran velg yang Anda pilih akan mempengaruhi komponen lainnya di bagian kaki-kaki, tak terkecuali ban. Di samping itu substitusi ini juga berdampak pada karakter mobil saat dikendarai.

Apabila Anda ingin mengganti velg mobil dengan yang lebih besar, maka Anda juga harus menggunakan ban baru yang mempunyai profil lebih tipis. Anda bisa menaikkan diameter velg maksimal dua inci dari ukuran standar. Dengan begini, ban tidak akan membentur sokbreker dan sepatbor. Di samping itu kerja rem tetap optimal dan diameter luar atau tinggi ban tetap sama. Ubahan ini membuat sisi gaya dan keamanan dapat terpenuhi secara bersamaan.

Namun jika Anda Anda memilih velg lebih kecil, maka ada yang perlu dicatat. “Untuk pengaplikasian seperti ini nantinya akan dibutuhkan ban yang punya profil tebal untuk menjaga proporsi ideal ketinggian mobil,” kata Eka Pratama dari bengkel spesialis velg dan ban di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Hanya saja penggunaan ban dengan profil tebal dapat mengganggu keamanan. Sebab penggunaan ban ini meningkatkan efek body roll sehingga mengurangi stabilitas kendaraan. Alasannya, semakin tinggi ukuran ban maka resiko dinding ban terlipat juga lebih besar. Hal ini bisa terjadi ketika mobil bermanuver tajam. Di samping itu efektivitas pengereman menjadi berkurang karena bertambahnya bobot total dari ban itu sendiri. Hasilnya sistem pengereman memerlukan upaya ekstra untuk mengurangi kecepatan mobil.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply