Home Mobil Bekas Panduan Membeli VW Touran Bekas, Cek Komponen Ini

Panduan Membeli VW Touran Bekas, Cek Komponen Ini

0 296

VW Touran Bekas, Pasar otomotif Tanah Air dinilai menjadi pasar potensial bagi produsen kendaraan roda empat. Pasalnya penjualan mobil di Indonesia bisa menembus ratusan ribu unit setiap bulannya. Alhasil pabrikan otomotif berbondong-bondong hadir di Indonesia untuk menawarkan produk unggulannya.

Selain diramaikan merek Jepang, pasar otomotif nasional juga didatangi beberapa merek asal Eropa. Salah satunya adalah Volkswagen yang bermarkas di Jerman. VW memiliki satu model yang diposisikan untuk membidik segmen MPV yang diminati oleh banyak masyarakat. Mobil tersebut adalah VW Touran. MPV ini mempunyai desain yang khas produk Volkswagen.

Salah satu kelebihannya adalah metode pelipatan bangku yang mudah dan bisa dilipat hingga rata. Kelebihan ini membuat pemilik bisa menyimpan barang lebih banyak di dalam kabin.

Melirik sektor pacu, Touran mengandalkan mesin dengan performa yang mumpuni. Mobil keluarga ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.390 cc 4 silinder. Untuk versi terbaru Touran mengandalkan teknologi turbo yang diberi nama TSI. MPV ini dapat menghasilkan tenaga hingga 140 hp. Sedangkan akselerasi dari 0-100 km/jam tercatat mencapai 9,70 detik.

Melihat sejarahnya, VW Touran pertama kali dirilis pada tahun 2009. Ketika itu MPV ini memiliki desain yang terkesan biasa-biasa saja. Walaupun tampilan tidak terlalu menarik dan tergolong bongsor, MPV andalan VW ini mempunyai performa yang memuaskan. Hal tersebut terlihat dari akselerasinya yang cukup cepat.

VW Touran 2013 2

Di tahun 2011, Volkswagen melakukan penyegaran pada mobil ini. Tampilan eksterior berubah, namun tidak terlalu signifikan. Perbedaan paling jelas tampak pada bagian belakang yang sudah menggunakan LED. Di samping itu sektor mesin juga turut mendapat perubahan. Volkswagen mengandalkan kopling kering (dry clutch), menggantikan kopling basah yang digunakan pada model sebelumnya.

Apabila Anda tertarik untuk membeli VW Touran bekas, ada beberapa hal yang patut diperiksa. Yang pertama adalah bagian mesinnya. Mengingat performa mesin memuaskan, tidak sedikit pemilik Touran yang mencoba akselerasi mobil ini. Untuk itu periksa dengan cermat di sektor mesin agar Anda mengetahui apakah ada masalah atau tidak.

Buku servis juga bisa menjadi panduan bagi Anda, sebab tidak semua bengkel umum bisa menangani MPV ini. Bengkel resmi bisa menjadi tempat bagi pemilik untuk melakukan servis pada VW Touran. Apabila mobil yang akan Anda beli pernah diservis di bengkel resmi, lihat history perbaikan dari mobil tersebut.

Cermati pula bagian interior, lihat apakah ada kerusakan atau tidak. Sebab kerusakan di sisi interior bisa jadi sulit untuk diperbaiki. Selain itu pastikan pula interior masih dalam kondisi bersih dan rapi.

Pemeriksaan lain yang perlu dilakukan adalah mengecek kondisi kaki-kaki. Sebab bobot yang berat dan kondisi jalanan di Indonesia yang belum terlalu baik bisa mempengaruhi kondisi kaki-kaki VW Touran. Biasanya part axial bearing pada mobil ini sering mendapat penggantian. Ciri-ciri part ini bermasalah adalah munculnya bunyi saat sokbreker bekerja.

Bagian terakhir yang harus dicek adalah turbo. Komponen yang satu ini merupakan pendukung agar Touran tetap mempunyai tenaga yang optimal. Perhatikan suara turbo, apabila terdengar berisik dan cukup mengganggu urungkan niat Anda untuk membeli mobil tersebut.

Dari unit mobil bekas yang Ada, disarankan untuk membeli VW Touran keluaran 2011 ke atas. Sebab, semakin muda unit mobil tersebut, umumnya semakin minim masalah pada mobil tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk melakukan perbaikan.

Di pasaran harga VW Touran bervariasi, mulai dari Rp 200 jutaan untuk keluaran tahun 2011. Jika ingin mendapat unit yang lebih terjangkau, model keluaran tahun 2009 dibanderol di bawah Rp 200 jutaan. Perlu dicatat, kelengkapan dan kondisi mobil mempengaruhi harga mobil.

Source: harga pasaran motor viar bekas thn 2009, cross touran bekas, kekurangan vw touran, kekurangan vw tuaran, vw touran, vw touran indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply