Home Honda Tips Upgrade Mesin Honda Civic 1.5 Turbo

Tips Upgrade Mesin Honda Civic 1.5 Turbo

Upgrade Mesin Honda Civic, Dari beberapa mobil Honda yang dipasarkan di Indonesia, All New Civic 1.5L Turbo menjadi salah satu produk yang memiliki performa mantap. Pasalnya dalam keadaan mesin standar, mobil sedan ini dapat menciptakan daya sebesar 170 dk dengan torsi maksimum mencapai 220 Nm. Namun tenaga ini masih bisa didongkrak hingga tembus 200 dk. Hal ini coba dilakukan oleh M. Soleh, tuner dari Sigma Speed di Jakarta Selatan.

“Tepatnya 210 dk atau naik sampai 40 dk. Bisa lebih maksimal lagi, tapi kendaraan baru dan kita belum tahu batas kemampuan dari mesinnya,” kata M. Soleh, dikutip dari Otomotifnet.

Meningkatnya daya mesin All new Civic 1.5L Turbo ini juga diikuti dengan naiknya torsi mesin. Benar saja, torsi mesin mobil ini dapat mencapai 280 Nm pada putaran mesin 4.700 rpm. Lantas apa tips yang perlu dilakukan untuk mendapat performa seperti itu?

Pertama-tama, yang diperlukan adalah peranti piggyback Dastek Unichip Q4, XFP Module yang jadi modul pengontrol boost dan rotary switch. Perangkat ini dijual di pasaran dengan harga Rp 8,35 juta. Kedua komponen inilah menjadi kunci utama untuk mendongkrak performa mesin Civic 1.5 Turbo.

Berbekal perangkat ni, pada tahap awal upgrade mesin sudah mencapai 210 dk, atau meningkat 40 persen dari kondisi standar yang hanya mencapai 170 dk. Di atas mesin dyno Dastek, torsi mobil ini meningkat hingga 280 Nm. Jika memperhatikan grafiknya saat menggunakan Unichip, torsi terus mengalami peningkatan. Tidak flat atau datar seperti saat dibiarkan dalam kondisi standar.

Upgrade Mesin All New Honda Civic 1.5 Turbo 2

Soleh menerangkan, boos turbo standar milik All New Honda Civic 1.5 Turbo mencapai 1 bar. Lalu ia menaikkannya menjadi 1,25 bar sehingga masih mendukung untuk penggunaan harian.

Di samping itu Rotary switch memiliki 5 klik yang dapat diseting mulai dari standar hingga best setting.

“Juga bisa diseting sesuai pemakaian bahan bakar, misal ingin pakai Pertamax, Pertamax Plus atau yang Turbo,” paparnya.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: modif tenaga civic turbo, modifikasi civic turbo, modifikasi mesin honda civic turbo, upgrade mesin tigerpiston sivic, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply