Home Mobil Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir, Apa yang Harus Dilakukan?

0 364

Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir, Beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta masih dilanda hujan lebat. Akibatnya beberapa tempat terendam banjir. Lebih parahnya ada pula mobil yang ikut terendam air. Jika rendaman air banjir melebihi kap mesin, sudah dapat dipastikan ada banyak komponen yang harus diganti.

Apabila mobil Anda mengalami kejadian serupa, ada pertolongan pertama yang patut diberikan. Menurut situs resmi Auto2000, sebagaimana dilansir CNNIndonesia, pertolongan pertama yang diberikan adalah mematikan seluruh daya kelistrikan. Anda dapat melakukannya dengan mencabut (-) accu. Tujuannya adalah untuk menghindari korsleting arus pendek kelistrikan mobil maupun kebakaran mobil.

Apabila banjir sudah surut, jangan langsung menghidupkan mesin mobil. Jika mobil terendam banjir, pindahkan dengan cara didorong. Perlu diketahui bahwa menyalakan mesin setelah mobil terendam dapat menyebabkan kerusakan mobil semakin parah Terutama bila air masuk dalam jalur hisap dan masuk mesin sehingga dapat mengakibatkan water hammer yang dapat merusak mobil lebih cepat. Sebab seharusnya mesin tidak boleh sampai kemasukan air.

Langkah penanganan berikutnya adalah dengan menonaktifkan rem tangan kemudian menggunakan batu atau memasukkan persneling ke gigi 1 untuk mencegah kanvas rem melekat, terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol. Hal ini bertujuan agar resmi tidak menempel lantaran terendam air cukup lama.

Periksa semua oli maupun minyak baik transmisi, mesin dan lain-lain sesudah mobil tidak terendam banjir. Sebab kemungkinan oli atau minyak yang digunakan pada mobil tercampur air. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk menguras semua oli maupun minyak dan diganti dengan yang baru. Lebih baik keluar dana sedikit untuk mengganti semua oli daripada membiarkannya namun justru membuat mesin rusak.

Selain itu keringkan beberapa komponen, seperti saringan udara (Air Filter), karburator, koil, alternator, delco (distributor) kabel-kabel dan semua bagian atau komponen mobil yang berhubungan dengan kelistrikan. Jangan hidupkan mesin mobil sebelum memastikan semua sistem kerja mesin sudah dalam kondisi kering.

Komponen berikutnya yang perlu diperiksa adalah audio sistem, terutama head unit. Sedangkan untuk speaker yang terendam air kemungkinan besar rusak karena pada dasarnya komponen ini terbuat dari bahan yang tidak boleh terkena air. Di sisi interior, lepas secara keseluruhan, cuci lalu keringkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya karat dan jamur.

Komponen yang tak kalah penting untuk dicek adalah ECU atau engine control unit. ECU terdiri dari rangkaian modul elektronik dan sensor. Kerusakan peranti ini akibat banjir akan membuat mobil mati total atau tetap bisa menyala dengan indikasi mesin tersendat, lampu engine check tidak menyala, boros BBM dan hampa tenaga dari mobil.

Kerusakan ECU dapat dikatakan menjadi kerusakan paling parah. Sebab ECU merupakan otak dari sebuah mobil. Selain itu biaya yang diperlukan untuk memperbaiki komponen ini sangatlah mahal. Rentang biaya perbaikan ECU mencapai Rp 10-15 juta, tergantung jenis kendaraan dan kerusakannya.

Jika mesin sudah dapat dihidupkan, lakukan pemeriksaan seperti mendengar suara mesin. Cermati apakah ada perbedaan atau tidak dengan sebelum terendam banjir. Di samping itu gunakan untuk berkendara dan periksa seluruh rem. Perlu diingat, saat Anda menyalakan mesin, pastikan seluruh komponen kelistrikan sudah kering 100 persen.

“Pemeriksaan di diler resmi sangat penting untuk perawatan mobil karena dilakukan oleh teknisi-teknisi yang berpengalaman,” jelas Cahaya Tantriani, Marketing Communication Auto 2000.

Demikian beberapa cara mengatasi mobil terendam banjir. Semoga tips di atas dapat menjadi wawasan tambahan untuk Anda.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply