Home Motor Apa Saja Fungsi Kiprok pada Motor?

Apa Saja Fungsi Kiprok pada Motor?

0 1422

Fungsi Kiprok pada Motor, Sepeda motor umumnya terdiri dari beberapa komponen kelistrikan, salah satu diantaranya adalah kiprok. Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa kiprok dapat mempengaruhi keawetan aki. Pada kenyataannya tidak sedikit orang yang lebih memperhatikan komponen aki daripada kiprok.

Dari laman KompasOtomotif, Sriyono, Technical Service Division Toyota Astra Motor (AHM) mengungkapkan, dalam bahasa teknis kiprok disebut sebagai rectifier regulator. Melihat arti dari kata tersebut, salah satu komponen kelistrikan sepeda motor ini mempunyai dua fungsi kelistrikan.

Rectifier memiliki arti penyearah, yang berfungsi mengubah tegangan listrik yang dihasilkan oleh mesin dengan jenis AC (alternating current) menjadi DC (direct current). Dengan begitu, listrik baru bisa masuk dan disimpan ke dalam aki.

“Listrik yang dihasilkan oleh spul itu listrik AC, sementara listrik yang bisa disimpan di dalam aki itu DC. Jadi tidak mungkin dari spul langsung ke aki tanpa terlebih dahulu disearahkan melalui kiprok tersebut,” ungkap Sriyono.

Ia menambahkan, kata regulator bermakna alat pengatur, dalam hal ini berkaitan dengan kelistrikan. Saat aki sudah penuh terisi listrik yang dihasilkan oleh putaran mesin, secara otomatis kiprok akan menghentikan pasokan listrik ke dalam aki dan mendistribusikannya ke komponen lain.

“Ketika sepeda motor dikendarai, tentu mesin akan terus berputar, dan selama itu juga listrik tak henti dihasilkan. Namun aki memiliki batas waktu tertentu sampai akhirnya terisi penuh, dan tidak lagi butuh pasokan. Saat itu terjadi, kiprok kemudian mengatur aliran listrik, dengan mengalihkannya ke bagian sepeda motor yang lain, agar tidak terjadi overcharge pada aki, yang bisa membuatnya rusak,” papar Sriyono.

Oleh karenanya, mengingat pentingnya fungsi kiprok pada sepeda motor maka jangan sampai mengabaikan komponen ini. Saat melakukan servis rutin atau baru mengganti aki, dianjurkan untuk memeriksa tegangannya apakah normal atau tidak. Cek secara berkala kondisi kiprok motor untuk memastikan apakah komponen ini masih layak dipakai atau perlu diganti.

Source: fungsi kiprok motor, kegunaan kiprok, Fungsi kiprok pada motor, fungsi kiprok pada motor mio, pungsi kiprok, fungsi dari kiprok, fungsi kiprok pada sepeda motor, fungsi kip, kegunaan kiprok pada motor, fungsi kiprok di motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply