Home Mobil Tips Merawat Mobil Harian, Jangan Sampai Lupa

Tips Merawat Mobil Harian, Jangan Sampai Lupa

0 426

Tips Merawat Mobil, Keberadaan kendaraan seakan sudah tak terpisahkan lagi dalam kehidupan kita. Tidak sedikit orang yang memiliki kendaraan pribadi untuk menunjang aktivitas hariannya. Namun tidak sedikit orang yang mengabaikan kondisi mobil miliknya. Hal ini dikarenakan padatnya jadwal kegiatan sang pemilik. Padahal kita sebagai pemilik mobil harus melakukan pemeriksaan kondisi komponen penting kendaraan.

“Setiap pagi hal paling mudah dilakukan adalah melakukan cek terhadap komponen-komponen penting kendaraan. Ini mencegah masalah pada kendaraan ke depannya,” ungkap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta, sebagaimana dilansir Otomania.

Sebenarnya kegiatan ini sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun pada kenyataannya masih banyak pemilik kendaraan yang jarang melakukan aktivitas tersebut.

Sebelum menggunakan mobil, alangkah baiknya Anda memeriksa kondisi aki, level oli mesin, tangki air untuk wiper dan kondisi air pendingin pada radiator.

Pemeriksaan aki bisa dilakukan dengan melihat ketinggian air aki. Perhatikan apakah tinggi air aki berkurang atau tidak. Air aki yang kurang dapat menyebabkan masalah pada kendaraan Anda nantinya.

Selain itu periksa pula level oli mesin sebelum menghidupkan mesin kendaraan. Periksa dengan menggunakan tongkat pengukur untuk melihat level permukaan oli mesin, apakah normal atau kurang.

Selanjutnya adalah memeriksa tangki air untuk wiper. Hal ini perlu dilakukan lantaran berfungsi untuk membersihkan kaca ketika hujan atau terkena kotoran. Di samping itu pastikan pula kondisi air pendingin pada radiator selalu memadai. Sebab, jika sampai kurang dapat menyebabkan mesin mobil kepanasan. Ketika mengecek air radiator, jangan lupa untuk memeriksa kekencangan fan belt yang letaknya berdekatan.

“Jika pemeriksaan harian ini dilakukan sebelum berangkat, pemilik kendaraan akan terus update mengenai kondisi kendaraan mereka. Ini cara paling sederhana untuk merawat kendaraan,” terang Dolf.

Demikian adalah beberapa tips perawatan mobil harian yang bisa Anda terapkan. Perlu disadari, dengan rutin memeriksa komponen mobil, Anda akan mengetahui mana saja komponen yang masih dalam keadaan baik. Selain itu kerusakan pada komponen mobil dapat dideteksi lebih dini sehingga segera mendapat penanganan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply