Home Auto News Teknologi Honda BeAt Terbaru, Ada Apa Saja?

Teknologi Honda BeAt Terbaru, Ada Apa Saja?

0 1824

Teknologi Honda BeAt Terbaru, Honda baru saja menghadirkan All New BeAT eSP dengan sederet perubahan. Motor matic ini mendapat revisi desain di beberapa titik. PT Astra Honda Motor (AHM) membuatnya lebih tajam, ramping dan kompak. Tidak hanya itu, skuter matik terlaris di Indonesia ini juga mengusung fitur yang lebih melimpah sehingga bisa menjadi pilihan menarik untuk konsumen yang sedang mencari skutik.

Masih ada pembaruan lain yang terdapat pada rangkanya. Sementara sektor mesin tetap sama dengan model sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami paparkan teknologi yang dibenamkan pada Honda BeAT terbaru ini.

Eco Indicator

Motor Honda ini memiliki lampu indikator berwarna hijau dengan tulisan ‘Eco’. Lampu ini diletakkan di sebelah kanan angka 0 speedometer.

“Indikator yang akan memandu Anda berkendara dengan konsumsi bahan bakar yang efisien,” kata Hikaru Tsukamoto, President of Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd, dikutip dari laman Otomotifnet.

Technical Service Division PT AHM, Endro Sutarno memaparkan bagaimana fitur eco indikator ini bekerja. “ECM akan mengkalkulasi speed dan dikombinasi dengan pemakaian bensin di injektor, jadi jarak dibanding jumlah bensin yang dipakai,” ungkapnya.

Pertama adalah saat indikator mati. Ini terjadi ketika mesin stasioner, jalan dengan kecepatan kurang dari 3 km/jam atau lebih dari 67 km/jam, saat quick open throttle atau menarik tuas gas dengan agresif. “Pada kondisi ini konsumsi bensin rata-rata kurang dari 34 km/liter,” kata dia. Apabila speed sensor rusak, maka lampu juga akan mati.

Lalu kondisi kedua adalah eco indicator menyala redup. Kondisi ini terjadi saat motor dipacu dalam kecepatan antara 3 km/jam sampai 67 km/jam dengan bukaan gas sedang. Bila terus berkendara dalam kondisi ini, konsumsi bahan bakar BeAT berkisar 34-63 km/liter.

Yang terakhir adalah eco indicator menyala terang. Ini terjadi saat motor dikendarai dengan kecepatan antara 3 km/jam sampai 67 km/jam, dengan bukaan gas lebih perlahan. Dalam kondisi tersebut, konsumsi BBM diklaim dapat mencapai lebih dari 63 km/jam.

Mesin eSP

Honda BeAT eSP 2016 Indonesia 2

Sama seperti model pendahulunya, All New Honda BeAT eSP mengandalkan dapur pacu berteknologi PGM-FI dengan eSP (enhanced Smart Power). Mesin ini juga disandingkan dengan teknologi ACG (Alternator Current Generator) starter yang memadukan pengisian dan dinamo starter.

Hadirnya teknologi ACG starter, dimensi mesin menjadi lebih kompak dan lebih senyap saat dihidupkan. Selain itu disertakan pula fitur ISS (Idling Stop System) yang dapat membuat mesin lebih hemat bahan bakar. Fitur ini akan membuat mesin mati secara otomatis saat berhenti lebih dari 3 detik. Untuk menghidupkannya kembali pengendara hanya perlu membuka gas.

Endro menjelaskan, ada 6 syarat yang harus dipenuhi agar ISS bekerja. Pertama switch ISS diaktifkan, lalu throttle atau gas menutup, suhu mesin sudah lebih dari 60° C, kecepatan 0 km/jam atau berhenti, kelima pernah jalan 10 km/jam dan yang terakhir tegangan aki minimal 9,5 volt.

Konsep eSP selanjutnya ada pada bagian kepala silinder. Yakni penggunaan roller rocker arm yang membuat gesekan menjadi ringan, kemudian adanya tumble squish yang membuat udara an bensin yang masuk ke dalam ruang bahan bakar menjadi berputar. Alhasil pembakaran bisa menjadi lebih maksimal.

Selanjutnya adalah penerapan off set cylinder untuk mereduksi gesekan piston ke permukaan silinder. Kemudian terdapat spiny sleave untuk mempercepat penyaluran panas dari boring ke silinder. Lalu pakai piston dan pin ringan sehingga gesekan menjadi lebih rendah. Terakhir adalah penerapan CVT yang lebih efisien dan adanya rib di ruang transmisi untuk menjebak oli yang bersirkulasi. Dengan demikian pelumasan menjadi lebih maksimal dan volume oli bisa lebih sedikit.

Itulah beberapa teknologi Honda BeAT terbaru. Berbekal teknologi tersebut, skutik ini bisa menjadi ancaman bagi kompetitor sekelasnya.

Source: foto motor beat terbaru, foto beat terbaru, foto mesin honda beat fi, teknologi honda terbaru eco system, tehnologi beat, motor beat model baru 2017, hondabeatstret bisa mati otimatis, beat ada eco, foto motor bead terbaru, beatterbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply