Home Daihatsu Perbandingan Daihatsu Sigra Vs Xenia, Mana yang Unggul?

Perbandingan Daihatsu Sigra Vs Xenia, Mana yang Unggul?

Daihatsu Sigra Vs Xenia, Beberapa waktu lalu Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan produk terbarunya, Sigra. Mobil ini merupakan saudara kembar Calya, buah kerja sama antara Daihatsu dan Toyota. Mobil yang masuk ke dalam kelas low cost green car (LCGC) ini memiliki kapasitas kabin tujuh penumpang yang diposisikan di bawah Daihatsu Xenia.

Yang menarik perhatian adalah bagaimana komparasi di antara kedua MPV Daihatsu ini. Meskipun secara harga Daihatsu Sigra lebih terjangkau dari Xenia, bukan berarti MPV murah itu tidak dapat menyaingi sang kakak. Oleh karena itu pada kesempatan ini akan dibahas lebih jauh seputar perbandingan Daihatsu Sigra dan Xenia.

Performa

Pertama-tama mari kita bahas performa mesin keduanya. Sigra mengandalkan mesin dengan kapasitas 1.197 cc 4 silinder. Jantung pacu ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 88 dk dengan torsi maksimum 108 Nm.

Sementara Daihatsu Xenia dipersenjatai mesin 1.329 cc 4 silinder. Berbekal mesin ini saudara kembar Avanza itu mampu menyalurkan tenaga hingga 97 dk dengan torsi 121 Nm.

Meskipun tenaga dan torsi mesin Xenia lebih besar, belum tentu mobil ini lebih unggul dari Sigra. Sebab ada hal yang harus diperhitungkan, seperti berat kosongnya. Hal ini penting untuk mengetahui angka power to weight ratio.

Dari laporan Autobild, Daihatsu Sigra memang memiliki tenaga yang lebih kecil, akan tetapi berat kosongnya lebih ringan. Alhasil angka power to weight ratio mobil ini mencapai 11,25 kg/dk. Lebih baik dari power to weight ratio Xenia yang mencapai 11,64 kg/dk.

Sedangkan dari hasil pengujian akselerasi 0-100 km/jam, Xenia rupanya masih unggul dengan catatan 14,2 detik. Kendati begitu Sigra dapat menorehkan waktu 14,3 detik atau 0,1 detik lebih lambat dari Xenia. Dari hal ini dapat diketahui bahwa performa keduanya nyaris sama.

Daihatsu Xenia 2016 Indonesia

Konsumsi BBM

Ada sedikit persamaan antara mesin Sigra dan Xenia yang terletak pada teknologinya. Daihatsu membekali mesin kedua mobil keluarga ini dengan teknologi Dual VVT-i. Alhasil konsumsi bahan bakar keduanya menjadi lebih efisien. Teknologi tersebut memungkinkan putaran cam gear berubah-ubah untuk mengatur waktu bukaan katup yang bervariasi.

Di samping itu durasi bukaan katup dapat menyesuaikan parameter engine speed dan engine load, sehingga pembakaran yang ideal dapat tercapai.

Dalam proses uji coba, konsumsi BBM Xenia 1.3 untuk jalur dalam kota dapat mencapai 12 km/liter. Sementara konsumsi BBM Sigra lebih irit, yakni dapat mencapai 17,3 km/liter. Hal ini dikarenakan rasio bobot dibanding tenaga yang lebih baik dari Xenia. Dengan begitu mesin tidak terlalu terbebani saat bekerja untuk menggerakkan mobil.

Sementara konsumsi BBM tol Sigra dapat menembus angka 20,5 km/liter. Lebih unggul dari Daihatsu Xeni yang hanya dapat menorehkan 16,2 km/liter.

Impresi berkendara

Jika diperhatikan dengan cermat, ada perbedaan mencolok di antara kedua mobil ini. Perbedaan terdapat pada sasis dan penggerak roda. Xenia memakai sasis tipe ladder, sedangkan Sigra mengandalkan sasis tipe monokok, sama seperti Ayla. Lalu untuk penggerak roda Daihatsu Xenia adalah roda belakang, lain halnya dengan Sigra yang menggunakan penggerak roda depan.

Untuk hal impresi berkendara, Xenia menawarkan posisi duduk yang lebih tinggi sehingga visibiltas menjadi lebih baik. Walaupun posisi duduk Sigra lebih rendah, namun masih cukup nyaman dan tidak mengganggu visibilitas. Pada tipe tertinggi Xenia, Daihtasu menyertakan fleksibilitas pengaturan tilt steering yang tidak ditemui pada Sigra.

Xenia juga lebih unggul di kecepatan rendah berkat torsi yang lebih melimpah. Sementara untuk bantingan suspensi, Daihatsu Sigra menjadi jawaranya. Dengan berbekal penggerak roda depan dan sasis monokok, set-up suspensi menjadi lebih empuk. Alhasil mobil ini dapat dikendarai dengan nyaman.

Sementara untuk kelegaan kabin, Daihatsu Xenia memang lebih unggul. Hanya saja kedua MPV ini mempunyai kekurangan yang serupa. Bangku baris ketiga memiliki ruang yang terbatas sehingga terasa sempit jika digunakan oleh penumpang dewasa.

Demikian adalah perbandingan Daihatsu Sigra vs Xenia. Meskipun sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, pilihan tetap di tangan calon konsumen. Bila ingin mendapat MPV dengan harga terjangkau dan hemat BBM, Sigra bisa menjadi pilihannya. Namun jika ingin memiliki mobil yang nyaman dengan kabin lapang, pilihannya adalah Xenia.

Source: perbandingan sigra dan xenia, perbedaan xenia dan sigra, perbandingan sigra dengan xenia, sigra atau xenia, perbedaan sigra dan xenia, pilih xenia atau sigra, pilih sigra atau xenia, xenia sigra, beda sigra dan xenia, xenia vs calya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply