Home Mobil Bekas Tips Membeli Mobil Bekas Secara Kredit, Pertimbangkan Ini

Tips Membeli Mobil Bekas Secara Kredit, Pertimbangkan Ini

0 636

Tips Membeli Mobil Bekas Secara Kredit, Pembelian kendaraan secara kredit tidak hanya berlaku untuk mobil baru saja. Konsumen juga bisa membeli mobil bekas dengan sistem cicilan. Biasanya cara ini ditempuh lantaran calon pembeli tidak memiliki cukup dana atau ingin mengalokasikan dana ke kebutuhan lainnya.

Tidak hanya itu saja, biasanya pihak lembaga pembiayaan menawarkan promo menarik sehingga memunculkan hasrat ingin membeli mobil bagi konsumen. Lantas apa saja pertimbangan saat membeli mobil secara kedit? Dari Autobild, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah tips membeli mobil bekas secara kredit.

Tidak jauh berbeda dengan mobil baru, pembelian mobil seken secara kredit mulai diminati oleh masyarakat. Namun ada beberapa hal yang patut Anda perhitungkan. Diantaranya bunga per bulan, angsuran per bulan dan jangka waktu atau tenor pembayaran kredit. Alasannya ketiga faktor tersebut harus diselaraskan dengan kondisi keuangan Anda.

Cicilan dan bunga akan membuat harga mobil yang dibeli menjadi lebih mahal dibanding jika membelinya secara tunai. Namun bukan berarti Anda rugi saat memilih pembayaran secara kredit.

Seperti yang diketahui, mobil merupakan aset yang mengalami depresiasi atau penyusutan nilai dari tahun ke tahun. Oleh karena itu ada yang menilai bahwa membeli mobil dengan sistem kredit akan membuat kita menjadi rugi. Sebab uang yang dikeluarkan lebih besar dari harga mobil itu sendiri.

Tips Membeli Mobil Bekas Secara Kredit 2

Sebagai contoh, ada konsumen yang membeli mobil bekas senilai Rp 100 juta. Dengan periode kredit atau tenor 3 tahun, uang yang harus dibayarkan hingga cicilan lunas besarnya tentu lebih dari Rp 100 juta. Di sisi lain harga mobil bekas tersebut lebih murah saat cicilan selesai.

Perlu dicatat, lembaga pembiayaan umumnya menawarkan tenor yang beragam, mulai dari 1 sampai 8 tahun. Namun kebanyakan konsumen mengambil tenor 3 tahun. Alasannya, cicilan akan lebih cepat selesai namun jumlahnya tidak memberatkan. Selain itu harga mobil saat cicilan selesai tidak mengalami depresiasi yang cukup besar ketika dijual ke pasar mobkas.

Besarnya bunga kredit untuk mobil bekas tidak terlepas dari usia, model kendaraan dan jangka waktu kredit.

“Jika usia kendaraan masih muda, misalnya 2 atau 3 tahun serta model yang laris di pasar seperti Toyota Avanza dengan jangka waktu kredit 5 tahun, maka suku bunga yang akan dikenakan berkisar 16% efektif per tahun,” kata Niko Kurniawan, Deputy Director Head of Retail Car Financing Adira Finance.

“Untuk tenor kredit maksimalnya bisa sampai dengan 5 tahun. Selain itu usia kendaraan yang dibiayai maksimal 12 tahun untuk mobil penumpang,” lanjutnya. Namun bila usia mobil yang hendak dibeli sudah berusia 9 tahun, maka jangka waktu kredit atau tenor dibatasi hanya 3 tahun.

Ricky, salah seorang pemilik showroom mobkas di Tangerang Selatan menerangkan bahwa kebanyakan konsumen membeli mobil secara kredit. “Mayoritas konsumen membeli dengan kredit. Selain proses lebih mudah, kami pun berani memberikan garansi selama 1 tahun untuk mesin,” ungkapnya.

Demikian adalah beberapa tips membeli mobil bekas secara kredit. Sebelum memutuskan membeli mobil dengan sistem kredit, jangan lupa untuk memperhitungkan segala aspek terutama kondisi keuangan Anda. Jangan sampai keputusan yang diambil nantinya justru memberatkan Anda.

Source: mobil seken, tips membeli mobil baru secara kredit, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply