Home Mobil Bekas Tips Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas dengan Mudah

Tips Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas dengan Mudah

0 1047

Tips Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas, Pembelian mobil dalam kondisi bekas tidak terlepas dari resiko. Salah satu resiko yang bisa menimpa pembeli adalah kondisi mobil yang tidak prima atau adanya sejumlah kerusakan. Hal ini pasti merugikan konsumen, karena biaya yang dikeluarkan menjadi lebih banyak. Oleh karena itu penting bagi calon pembeli untuk memeriksa mobil yang hendak dibeli.

Pemeriksaan mencakup seluruh komponen mobil, tak terkecuali sektor dapur pacu. Untuk hal ini, ada tips mudah yang bisa Anda lakukan agar mengetahui bagaimana kondisi mesin mobil bekas. Caranya adalah dengan memeriksa saluran gas buang atau knalpot, apakah ada asap atau tidak.

Keluarnya asap putih dari knalpot tidak selalu diindikasikan adanya kerusakan pada mesin bensin. “Perlu dipastikan asap putih yang keluar knalpot apakah benar asap atau uap air. Kalau udara dingin, banyak mobil yang mengeluarkan uap air dari knalpot. Hal itu berarti mesin dalam kondisi normal,” ungkap Dadi, Hendriadi, Technical Service Division Head PT Toyota Astra Motor (TAM), dikutip dari Autobild.

Asap putih yang keluar dari knalpot akan terlihat jelas ketika mesin dalam putaran tinggi. “Coba saat mesin dalam kondisi idle, injak pedal gas dalam-dalam. Jika asap putih dan bau oli terbakar, maka sebagian oli mesin masuk ruang bakar, misalnya karena ring piston sudah aus, silinder piston baret atau seal katup sudah aus,” terang Dadi.

Di samping itu dengan cara ini Anda juga bisa mengetahui apakah oli masuk ke dalam ruang mesin atau tidak. Biasanya permasalahan ini akan membuat ujung pipa knalpot terlihat dibasahi oli yang terbawa oleh gas buang. Apabila mobil bekas yang akan dibeli terdapat ciri-ciri tersebut, maka lebih baik urungkan niat Anda untuk membelinya. Sebab biaya turun mesin yang harus Anda bayarkan tidaklah sedikit.

Tidak hanya itu, biaya yang harus dibayarkan juga sulit untuk diperkirakan, sebab tingkat kesulitan perbaikan turun mesin yang berhubungan dengan biaya jasa perbaikan dan harga spare part berbeda setiap jenis mobil. Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung mendatangi bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk bertanya seputar kisaran biaya yang harus dibayar.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply