Home Modifikasi Motor Modifikasi Yamaha MT-09 2015, Andalkan Aksesori Plug & Play

Modifikasi Yamaha MT-09 2015, Andalkan Aksesori Plug & Play

Modifikasi Yamaha MT-09, Walaupun pasarnya kecil, beberapa merek sepeda motor tetap berani untuk menawarkan motor gede di Tanah Air. Salah satunya adalah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memiliki beberapa moge, seperti MT-09. Motor Yamaha ini sebenarnya memiliki beberapa seri. Namun untuk pasar Indonesia hanya ada dua versi, yakni MT-09 dan MT-09 Tracer.

Rupanya moge ini juga bisa menjadi sasaran modifikasi. Salah satu referensinya adalah MT-09 milik Iman Permadi. Motor berlambang tiga garputala ini mendapat sentuhan modifikasi bergaya Street Rally sehingga tampil beda.

“Awalnya biasa saja sama MT-09, eh temen ada yang menawarkan untuk convert tampangnya jadi MT-09 Street Rally. Karena beda, akhirnya tanpa ragu langsung ditebus deh,” ungkapnya, sebagaimana dilansir dari laman Otomotifnet.

Satu pekan motor tiba di rumah, pria yang memiliki sapaan akrab Iman itu langsung membawanya ke bengkel Dream Garage (DG) yang berada di Jakarta Selatan. Ia meminta temannya yang juga merupakan pemilik DG untuk melakukan transformasi pada MT-09 miliknya.

Tegas, sang eksekutor mengatakan bahwa pengerjaan modifikasi motor ini mudah, namun memerlukan waktu yang tidak sedikit. “Pengerjaannya mudah tapi makan banyak waktu, pasalnya bodi MT-09 Street Rally ini mesti saya order langsung ke Eropa. Yang bikin lama adalah pengiriman bisa 2 sampai 3 minggu,” ungkapnya.

Modifikasi Yamaha MT-09 2015 Street Rally 2

Sembari menunggu pesanan tiba, ia memasang beberapa aksesori. Beberapa aksesori yang diaplikasikan adalah engine crash bar dan frame slider buatan Speedjunkie. Modifikator juga menyertakan engine cover merek GB Racing.

“Karena Iman doyan turing, saya tambahkan foglamp Cree,” tambahnya.

Pesanan body set yang sangat lengkap pun akhirnya datang di Indonesia. Isinya terdiri dari hand guard plus visor model menyambung yang menjadi ciri khas dari MT-09 Street Rally. Di samping itu terdapat moncong kecil di bawah headlamp, undercowl dan spatbor depan. Disematkan pula ban Pirelli MT-60 yang sesuai dengan ban standar MT-09 Street Rally untuk pasar Eropa.

“Semuanya dipasang tanpa ubahan baut bodi sama sekali, plug and play,” ujar Tegas.

Modifikasi Yamaha MT-09 2015 Street Rally 3

Agar tampilan semakin menarik dan suara semakin menggoda, dibenamkan knalpot Akrapovic yang menggantikan knalpot standar. Namun silincer menggunakan Leo Vince dari Yamaha YZF-R6 agar suara lebih memuaskan. “Tapi suaranya kurang galak, akhirnya silencer pakai Leo Vince yang dicomot dari Yamaha YZF-R6. Tapi lehernya masih pakai Akrapovic,” jelas Iman.

Ada yang menarik dari modifikasi motor ini. Sang pemilik ingin kenyamanan yang sangat baik pada motornya. Oleh karenanya suspensi belakang dipesan secara khusus dari Ohlins Indonesia. “Karena dekat dan merupakan customer setia Ohlins Indonesia, kita terima special order sokbreker belakang khusus untuk Yamaha MT-09 milik iman. Model tabung terpisah sudah dilengkapi dengan setingan preload, rebound dan compression. Yang jelas motor ini jadi yang pertama pakai,” papar Eddy Saputra, Direktur PT Sena Autopart Indonesia, distributor resmi Ohlins di Indonesia.

Secara keseluruhan, tampilan Yamaha MT-09 bergaya Street Rally ini terlihat menarik. Terlebih lagi adanya pemasangan aksesori plug and play. Hanya saja untuk warnanya terkesan monoton karena bagian bodi didominasi warna hitam dan oranye, serta sentuhan aksen kuning dan merah di beberapa bagian.

Data modifikasi Yamaha MT-09 2015:

  • Selang rem : Hell
  • Bodi set : Yamaha MT-09 Street Rally
  • Sok depan : Andreani Catridge
  • Sok belakang : Ohlins full Adjustable
  • Foglamp : Cree
  • Spion : Magazi
  • Footstep : Lightech
  • Kampas rem : Vesrah
  • Engine crash bar : Speed Junkie
  • Quickshifter : Annitori
  • Knalpot : Leher Akrapovic, silencer Leovince
  • Ban : Pirelli MT-60

Konsep modifikasi Yamaha MT-09 2015 ini cukup menarik bukan? Ulasan ini bisa menjadi tambahan referensi untuk Anda pemilik moge, khususnya moge MT-09.

Img source: http://otomotifnet.com

Source: harga second yamaha mt 09, mt 09 modifikasi, yamaha scorpio modif mt, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply