Home Motor Motor Matic Oli Mobil Untuk Motor Matic, Apakah Boleh?

Oli Mobil Untuk Motor Matic, Apakah Boleh?

0 414

Oli Mobil Untuk Motor Matic, Setiap kendaraan bermotor pasti membutuhkan oli. Fungsi oli pada suatu kendaraan adalah untuk melumasi seluruh bagian mesin. Dengan oli, efek gesekan antar bagian selama mesin bekerja dapat diminimalisir. Dengan demikian aus atau kerusakan pada komponen mesin dapat dihindari.

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis oli yang dipasarkan. Namun pada dasarnya oli terbagi menjadi dua jenis, yakni oli mobil dan oli motor. Atas dasar ini ada pula yang bertanya apakah oli mobil dan oli motor bisa ditukar. Contohnya adalah oli mobil digunakan pada sepeda motor.

Sebagaimana dikutip dari laman Liputan6, Darmawan, mekanik Widi Berkah Motor yang berlokasi di kawasan Depok mengungkapkan bahwa pada dasarnya semua motor, baik bebek, sport ataupun matik bisa menggunakan oli mobil. Bahkan ada keuntungan tersendiri jika pemilik motor memakai oli mobil.

“Sebetulnya semua motor bisa ya (pakai oli mobil). Tapi karena oli mobil lebih kental, waktu dipakai pertama kali rasanya agak berat. Cuma kalau sudah pemakaian rutin seminggu itu lebih enteng. Daya pakainya juga lebih lama. Itu saya rasakan pada motor saya sendiri (bebek),” jelas pria yang akrab disapa Jek itu.

Ia menambahkan, walaupun cukup bagus, tetapi harganya lebih mahal dari oli motor. Oleh karenanya banyak pemilik motor yang tidak tertarik untuk mencobanya. “Lumayan bagus sebetulnya. Cuma memang agak lebih mahal saja,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, sebelumnya oli mobil dipercaya hanya dapat digunakan pada motor matic saja. Sebab kedua kendaraan ini menggunakan jenis kopling yang sama, yakni kopling kering. Pada sistem ini kopling tidak terendam oli.

Lain halnya dengan sistem kopling basah. Semakin licin pelumas maka semakin baik. Namun untuk sistem kopling kering, pelumas dengan tingkat kelicinan yang tinggi diyakini dapat menyebabkan kopling slip sehingga tenaga tidak dapat tersalur dengan maksimal.

Sementara itu, menurut informasi yang diperoleh dari laman Top1, skutik dengan model kopling kering bisa menggunakan segala jenis pelumas atau oli. “Karena skutik umumnya menganut model kopling kering, maka pemiliknya bisa dengan bebas memilih pelumas, bahkan menggunakan pelumas mobil yang terbaik dan termahal sekalipun,” sebagaimana tertulis dalam laman Top1.

Namun harus disesuaikan antara spesifikasi pelumas dengan spesifikasi mesin. Hal ini dapat diketahui dengan melihat SAE (Society of Automotive Engineers) dan API service-nya.

Source: Oli mobil untuk motor matic, oli mobil untuk motor, motor matic pakai oli mobil, oli mobil buat motor matic, apakah oli mobil bisa untuk motor matic, oli mobil yang bagus untuk motor matic, apakah oli mobil bisa di buat motor metic, oli mobil yang cocok untuk motor matic, efek oli mobil untuk motor matic, oli mobil yg cocok buat motor matic, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply