Home Modifikasi Motor Tips Upgrade Yamaha NMAX, Tak Perlu Bore Up

Tips Upgrade Yamaha NMAX, Tak Perlu Bore Up

Upgrade Yamaha NMAX, Yamaha NMAX merupakan salah satu motor matic yang cukup laris di Indonesia. Motor ini memiliki tampilan yang bongsor dan elegan, dengan desain yang unik dan beda. Oleh karenanya banyak orang yang terpikat untuk membelinya. Namun bagaimana jadinya jika performa NMAX ini didongkrak?

Pada ulasan ini, kami akan membahas trik meningkatkan performa Yamaha NMAX tanpa bore up. Caranya adalah dengan mengombinasikan sejumlah komponen, mulai dari mesin hingga peranti CVT. Berikut adalah ulasannya, dikutip dari Otomotifnet:

Air Filter

Langkah upgrade performa pertama adalah dengan menambah pasokan udara ke ruang udara. Caranya adalah dengan mengganti air filter dengan produk GP Racing buatan Affandi Motorsport (AFMOS) di Jakarta Selatan. Hasilnya, pasokan udara menjadi lebih plong dari sebelumnya.

Air filter ini dibuat dari perpaduan cotton dan stainless, bukan kertas dilapisi oli seperti part standar NMAX. Dengan begitu, air filter ini bisa dicuci jika kotor.

Knalpot

upgrade-yamaha-nmax-2

Ubahan berikutnya adalah mengganti knalpot motor Yamaha ini dengan knalpot racing RX8 ber-silincer besar. Lantaran merupakan knalpot untuk mesin bore up, modifikator melakukan penyesuaian pada pipa knalpot. Diameternya dibuat lebih kecil supaya sesuai dengan spesifikasi mesin.

Koil

Untuk menjaga air fuel ratio (AFR), Freddy Gautama, punggawa Ultraspeed Racing (USR) mengatur setingan CO naik 10 pin. Tujuannya agar rpm atas mesin tidak terlalu kering. “Koil juga diganti dengan produk USR, mampu memercikkan api lebih besar dari standar dan stabil. Berkat kumparan di dalam koil yang sudah kami sempurnakan,” ujarnya.

CVT

Untuk komponen ini menggunakan paket CVT merek USR yang terdiri dari drive pully atau pully depan. “Derajat kemiringannya berbeda dari standar dan dikerjakan dengan proses CNC yang sangat presisi. Sengaja dikawinkan dengan roller aftermarket 9 gram agar tarikan bawahnya lebih galak, pas untuk harian,” jelas Freddy.

Hasil Tes

Dengan sejumlah perubahan di atas, tenaga dan torsi Yamaha NMAX mengalami peningkatan. Dari hasil pengetesan di atas dynamometer Dynomite, tenaga skutik ini berubah menjadi 9,76 dk, dari yang awalnya 9,5 dk. Sementara untuk torsi maksimum mencapai 11,3 Nm, naik dari sebelumnya 10,2 Nm. Perlu diketahui, peningkatan ini didapat di putaran mesin lebih rendah.

Tabel Performa

Standar

  • Torsi : 10,2 Nm @ 6.500 rpm
  • Power : 9,5 dk @ 6.700 rpm

Upgrade

  • Torsi : 11,3Nm @ 6.000 rpm
  • Power : 9,76 dk @ 6.200 rpm

Img source: http://otomotifnet.com

Source: upgrade yamaha n max, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply