Home Mobil 3 Kelebihan Transmisi CVT pada Mobil, Apa Saja?

3 Kelebihan Transmisi CVT pada Mobil, Apa Saja?

0 731

Kelebihan Transmisi CVT, Pada awalnya, di dunia kendaraan bermotor kita mengenal satu jenis transmisi, yaitu transmisi manual. Seiring berjalannya waktu teknologi berkembang semakin pesat. Hal ini memberikan dampak yang positif pada dunia kendaraan bermotor. Sekarang kita juga mengenal transmisi otomatis.

Banyak produsen mobil yang tidak hanya menawarkan produknya dalam pilihan transmisi manual saja, namun juga transmisi otomatis. Dalam perkembangannya, transmisi otomatis juga terus berkembang dan menciptakan desain alternatif.

Salah satunya yang cukup familiar di telinga masyarakat adalah contiously variable transmission (CVT). CVT merupakan transmisi yang tidak dilengkapi dengan gigi persneling seperti mobil manual maupun matik konvensional. Apabila pada transmisi otomatis konvensional mengandalkan planetary gear untuk mengubah tingkat kecepatan dan torsi, maka pada CVT memakai dua puli yang dihubungkan dengan belt atau sabuk. Biasanya komponen ini terbuat dari material baja.

Lalu apa saja kelebihan mobil dengan transmisi CVT? Berikut adalah beberapa kelebihan transmisi mobil CVT:

Kelebihan yang pertama mobil dengan transmisi CVT adalah suara yang dihasilkan lebih halus. Hal ini bisa terjadi lantaran tidak ada hentakan akibat proses perpindahan gigi. Di samping itu pergerakan transmisinya menggunakan sabuk sehingga suara menjadi lebih senyap.

Selanjutnya, transmisi CVT yang dibenamkan pada sebuah mobil akan membuat konsumsi bahan bakar mobil tersebut menjadi lebih hemat bila dibandingkan dengan transmisi manual ataupun matik konvensional. Alasannya, mobil CVT lebih mulus dan bisa memberikan daya tanpa shifting, tak terkecuali ketika menanjak.

Efisiensi bahan bakar juga didukung dengan rotation per minutes (rpm) mesin yang cenderung stabil. Berbeda dengan transmisi jenis lainnya yang angka putaran mesin per menit akan turun setiap pengemudi melakukan perpindahan gigi. Sehingga ketika berakselerasi mobil membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak.

Itulah mengapa hampir semua mobil hybrid (mobil bermesin konvensional dan motor listrik) mengandalkan transmisi CVT sebagai sistem perpindahan giginya. Transmisi ini diaplikasikan untuk membantu memaksimalkan keekonomisan.

Kelebihan lain yang akan dirasakan pemilik mobil bertransmisi CVT adalah ketika melintasi jalanan menurun. Pemakaian rem mobil menjadi tidak terlalu intensif bila dibandingkan transmisi lain. Hal ini dikarenakan CVT memiliki engine brake yang cukup kuat.

Source: kelebihan dan kekurangan transmisi cvt, kelebihan cvt, kelemahan mobil cvt, sebutkan kelebihan CVT, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply