Home Motor Motor Matic Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic yang Perlu Anda Ketahui

0 748

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic, Di Tanah Air, motor matic atau skuter matik lebih diminati oleh masyarakat dibandingkan model bebek ataupun sport. Hal tersebut terlihat dari angka penjualan sepeda motor yang dihimpun oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Sebenarnya keberadaan skutik di Indonesia masih terbilang baru jika dibandingkan dengan motor bebek. Motor matic baru dilirik oleh konsumen roda dua pada tahun 2000’an, sementara motor bebek sudah diminati bertahun-tahun sebelumnya.

Berbicara soal sejarah motor matic di Indonesia, ada beberapa produsen yang mencoba menarik perhatian konsumen dengan motor ini. Salah satunya adalah Kymco dan Nouvo. Hanya saja dua skutik ini kurang berhasil menarik konsumen. Tidak hanya itu saja, pada tahun 1980’an ada skutik asal Taiwan yang diberi nama Adly. Motor matik asal Negeri Tirai Bambu ini hadir pada tahun 1984.

Sementara sekitar tahun 1990’an salah satu produsen motor ternama asal Italia, Vespa juga mencoba menarik perhatian publik dengan merilis skutik Corsa 125. Sayangnya penjualan kedua motor bisa dibilang tidak memuaskan. Lalu Yamaha Mio hadir di pasar otomotif Tanah Air pada tahun 2004. Kehadirannya rupanya berhasil memikat konsumen. Mulai banyak konsumen yang tertarik untuk memiliki motor matik. Alhasil pesaing Yamaha, seperti Honda dan Suzuki turut meramaikan dengan produk skutik andalannya.

motor-matic-yamaha

Salah satu alasan mengapa banyak masyarakat yang lebih memilih skuter matik adalah kemudahannya saat dioperasikan. Namun sama halnya dengan uang logam yang memiliki dua sisi yang berbeda, selain memiliki kelebihan motor matic juga mempunyai kelemahan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan motor matic yang bisa Anda simak:

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari motor ini adalah pengoperasiannya yang lebih mudah dibandingkan dengan motor jenis lainnya. Untuk dapat menjalankannya, pengendara hanya perlu mengoperasikan gas saja, lalu rem dan stang untuk kontrol ketika di jalan. Jauh lebih praktis bila dibandingkan motor lain yang harus mengatur gigi hingga kopling.

Di samping itu kapasitas penyimpanan motor matik umumnya lebih banyak dari motor bebek dan sport. Hal ini dikarenakan konstruksinya yang lebih sederhana, terutama di bawah jok. Bahkan pada beberapa jenis motor matic memiliki bagasi yang lapang sehingga dapat digunakan untuk menyimpan helm.

Kelebihan selanjutnya adalah pilihan yang lebih bervariasi. Seiring dengan tingginya penjualan skutik di Tanah Air, produsen juga berlomba-lomba menghadirkan motor matic yang dapat menggoda pengguna sepeda motor. Selain pilihan desain yang beragam, setiap merek motor juga menawarkan fitur dan kapasitas mesin yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon pembeli.

Bagi sebagian orang, motor matic dinilai lebih stylish. Di samping itu suku cadang atau sparepart tersedia luas di pasaran. Selain itu motor ini juga dianggap lebih lincah dalam bermanuver dan tidak sulit untuk dimodifikasi.

Kekurangan

Kini saatnya membahas kekurangan dari motor matic. Yang pertama, rata-rata konsumsi bahan bakar skuter matik lebih boros dibanding motor bebek. Hanya saja hal ini perlu dibuktikan secara teknis untuk mengetahuinya. Sebab saat ini produsen menghadirkan skutik dengan dukungan teknologi injeksi dan teknologi inovatif lainnya yang membuat konsumsi bahan bakar bisa lebih efisien.

Kekurangan lainnya, motor matic mengusung roda yang lebih kecil sehingga memberikan dampak kurang nyaman saat dikendarai. Motor menjadi lebih mudah goyang ketika digunakan untuk melewati jalanan bergelombang ataupun rusak.

Motor matic juga memiliki beban wajar yang lebih ringan. Pasalnya motor ini mengandalkan monoshock yang tidak dapat menahan beban sebesar motor yang memakai dualshock.

Di samping itu ada pula yang berpendapat bahwa perawatan motor matic cukup rumit dan mahal. Namun sekali lagi hal ini masih sebatas pendapat subjektif.

Demikian adalah beberapa kelebihan dan kekurangan motor matic. Dengan beberapa informasi di atas, Anda dapat mengetahui apakah kebutuhan Anda dapat terpenuhi dengan menggunakan motor matic.

Source: kelemahan motor matic, kekurangan motor matic, kelemahan motor matic#spf=1, kekurang motor matic, kelemahan motor metic, kerurangan pada motor metik, keuggulan motor matic, Keunggulan metik honda, keunggulan motor matik honda, keunggulan motor metik, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply