Home Auto News Harga Daihatsu Sigra Lebih Murah dari Calya, Ini Sebabnya

Harga Daihatsu Sigra Lebih Murah dari Calya, Ini Sebabnya

0 1337

Harga Daihatsu Sigra, Pada bulan Agustus kemarin Toyota dan Daihatsu resmi meluncurkan produk terbarunya. Mobil tersebut adalah Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kedua mobil ini masuk ke dalam kategori low cost green car (LCGC) 7 seater. Di kelas tersebut, Calya dan Sigra berhadapan langsung dengan Datsun GO+ Panca.

Meskipun memiliki tampilan yang nyaris sama, baik Calya maupun Sigra menyimpan beberapa perbedaan. Yang pertama adalah jumlah pilihan varian yang ditawarkan. Di samping itu pilihan mesin Sigra ada 2 macam, sedangkan untuk Calya hanya ada satu pilihan mesin. Selain varian dan mesin, fitur-fitur yang ditawarkan juga sedikit berbeda.

Perbedaan lainnya terletak pada harganya. Daihatsu Sigra dijual lebih murah dari Toyota Calya. Jika melihat daftar harganya, Sigra dipatok mulai Rp 106-149 juta. Sementara harga mobil Toyota Calya dijual mulai Rp 129 juta sampai Rp 150 juta.

Lantas apa yang menyebabkan harga Sigra lebih terjangkau?

Dikutip dari laman Autobild, Agus Nardianto, Head of Public Relation Dept Domestic Marketing Divixion, PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan bahwa Sigra dan Calya masuk dalam program LCGC pemerintah. Dengan demikian konsumen memperoleh insentif pajak sebesar 10 persen (PPnBM). Semua ini diberikan pemerintah ke konsumen, bukan produsen.

“Tidak ada fasilitas untuk produsen. Awal mula program ini jalan karena untuk menghindari pasar domestik dimasuki produk impor, lebih baik produsen lokal didorong untuk memproduksi kebutuhan dalam negeri,” jelas Agus.

Sementara harga Daihatsu Sigra yang lebih terjangkau dari Calya, Agus mengatakan hal tersebut dikarenakan sasaran konsumen kedua mobil tersebut berbeda.

“Untuk (Daihatsu) Sigra lebih ke konsumen yang smart konvensional, (Toyota) Calya lebih ke gengsi dan emosional. Siapa yang mau mengeluarkan sedikit dana untuk gengsi akan mendapatkan Calya. Sementara Sigra konsumennya asal mobilnya bagus tidak mementingkan hal selain itu. Semua terpenuhi,” paparnya.

Untuk informasi tambahan, produk untuk program LCGC dibuat sedemikian rupa karena pemerintah telah membuat peraturan ketat mengenai harga. Dengan pemberian insentif tersebut, diharapkan dapat mendorong respon positif dari masyarakat.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply