Home Motor Tips Mengetahui Waktu untuk Ganti Oli Motor

Tips Mengetahui Waktu untuk Ganti Oli Motor

0 250

Waktu untuk Ganti Oli Motor, Sepeda motor dengan mesin konvensional selalu membutuhkan pelumas. Pelumas atau oli merupakan salah satu komponen penting yang tidak dapat terpisah dari sebuah kendaraan bermotor. Sebab pelumas bertugas untuk meredam panas ketika mesin bekerja. Di samping itu pelumas juga bertugas melindungi komponen dalam mesin supaya bisa bekerja dengan baik.

Sama seperti komponen lainnya, pelumas juga memiliki usia pakai. Apabila umur pakainya sudah lewat, maka sudah menjadi tugas pemilik sepeda motor untuk menggantinya dengan oli baru. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli motor?

Dikutip dari Otomania, Dedy Novarianto, mekanik dari bengkel AHASS mengatakan bahwa anjuran produsen motor untuk penggantian oli motor adalah sekitar 2.000 km atau 4.000 km. “Kalau dari anjuran produsen sekitar 2.000 km atau 4.000 km baru ganti. Tapi masalahnya setiap orang memiliki aktivitas dengan motor yang berbeda, ini bisa jadi lebih cepat terutama melihat jarak dan kondisi jalan yang dilewati,” paparnya.

Agar lebih mudah untuk mengetahui kapan waktu ganti oli motor, Dedy mengungkapkan pemilik dapat memanfaatkan odometer atau penghitung jarak di layar multi information display (MID) yang terdapat di speedometer motor. Langkah yang dilakukan adalah dengan menghitung jarak ke tempat yang sering dituju, contohnya dari rumah ke kantor.

Apabila jarak dari rumah ke kantor mencapai 20 km pergi-pulang, maka dikali 5 hari kerja seminggu dan diperoleh hasil 100 km. Setelah itu dikalikan lagi dengan 4, maka jarak yang ditempuh sepeda motor dalam satu bulan untuk berangkat dan pulang kerja mencapai 400 km. Angka tersebut merupakan angka awal jarak tempuh per bulan dari motor tersebut.

“Tapi jangan lupa kondisi kemacetan. Di sini meski jarak tidak bertambah tapi mesin terus bekerja. Juga cara membawa motor apakah suka ngebut atau jalan santai,” saran Dedy.

Jika tidak ingin repot, pemilik motor juga bisa mengganti oli per waktu yang sudah ditetapkan oleh pemilik. Bisa setiap satu bulan atau satu setengah bulan. Penggantian oli umumnya tidak membutuhkan waktu lama sehingga bisa diganti di waktu senggang.

Apabila ingin menggunakan oli merek lain, sesuaikan dengan kriteria mesin. Namun dianjurkan untuk menggunakan oli yang dijual oleh pabrikan karena sudah sesuai dengan kebutuhan mesin.

Source: Cara ganti oli melihat melaui spido, mengetahui waktu untuk menganti oli motor, kapan mengganti oli motor jika tidak ada spidometernya, cara menjumlahkan meteran motor saat ganti oli, cara menjumlah kilometer ganti oli, cara menjumlah kan odo meter pada saat penggantian pelumas, Cara menghitung ganti oli sepeda, cara mengetahui waktunya ganti oli, cara mengetahui waktu ganti oli, cara mengetahui penggunaan sepeda lewat speedometer, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply