Home Mobil 8 Tips Berkendara Mobil dengan Aman dan Nyaman

8 Tips Berkendara Mobil dengan Aman dan Nyaman

0 248

Tips Berkendara Mobil, Kesadaran masyarakat untuk berkendara dengan aman dinilai masih kurang. Hingga saat ini kematian yang diakibatkan kecelakaan kendaraan bermotor masih tinggi. Hal tersebut membuat banyak pihak menyuarakan pentingnya berkendara dengan aman.

Keselamatan berkendara tidak hanya untuk orang lain, namun juga untuk diri kita sendiri. Untuk Anda yang aktif beraktivitas dengan mobil, berikut adalah 8 tips berkendara mobil dengan aman dan nyaman, sebagaimana dilansir DetikOto dari AstraWorld:

Periksa kondisi kendaraan

Yang pertama adalah pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima. Lakukan perawatan secara rutin sehingga komponen kendaraan dapat bekerja dengan baik. Selain itu periksa pula kondisi internal kendaraan yang mencakup kecukupan cairan dan oli di ruang mesin.

Jangan lupa untuk memeriksa kondisi mesin dengan mendengar suaranya. Perhatikan apakah ada suara yang asing atau tidak. Cek pula apakah terdapat indikator di dashboard yang menyala ketika mesin dihidupkan.

Setelah selesai memeriksa kondisi internal, lanjutkan dengan memeriksa kondisi eksternal mobil, seperti lampu-lampu dan wiper. Pastikan seluruh komponen dapat bekerja dengan baik. Selain itu pastikan kondisi kembang seluruh ban dalam keadaan baik dan tidak kekurangan angin.

Atur posisi tempat duduk

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya untuk mengatur ketinggian dan jarak tempat duduk dan sandarannya. Pastikan pergelangan tangan masih bisa menempel ke roda kemudi paling atas. Jarak yang terlalu jauh justru membuat Anda kesulitan mengemudikan mobil. Sedangkan jarak yang terlalu dekat akan menyusahkan Anda ketika bermanuver, khususnya untuk menjangkau jarak terdekat lingkar kemudi dengan tubuh.

tips-berkendara-mobil-2

Posisi tangan

Ketika mengemudi, usahakan untuk menempatkan tangan pada posisi pukul 3 dan 9. Hal ini berkaitan dengan kemudahan dalam bermanuver ketika posisi tangan pada posisi pukul 3 dan 9 dan bertujuan untuk meminimalisir risiko cedera pada tangan ketika airbag di lingkar kemudi mengembang. Di samping itu, ketika mengatur tempat duduk pastikan instrumen pada dashboard, tombol lampu sein, lampu utama, wiper dan tuas transmisi dapat dijangkau dengan mudah.

Posisi kaki

Usahakan sebisa mungkin posisi kaki tidak terlalu menekuk. Sebab hal tersebut akan membuat kaki menjadi mudah lelah dan sirkulasi darah menjadi kurang baik. Namun juga jangan terlalu jauh karena kaki akan kesulitan untuk menjangkau pedal. Untuk mengukur jarak yang baik, ketika pedal ditekan posisi tumit masih bisa menjangkau lantai kabin.

Mengatur kaca spion

Untuk spion samping, aturlah sedikit saja bagian belakang kendaraan yang terlihat. Sementara untuk spion tengah usahakan pandangan sampai belakang kendaraan bisa terlihat dengan baik.

Perhatikan sekeliling kendaraan

Ketika mengemudi, perhatikan selalu kondisi di sekitar mobil Anda. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi. Anda bisa melakukannya dengan konsentrasi ke depan mobil dan sembari melirik ke arah spion sesekali, baik spion samping maupun spion tengah. Dengan demikian Anda dapat memantau kondisi di sekeliling mobil Anda.

Jaga jarak aman

Menjaga jarak aman kendaraan merupakan tugas penting bagi pengendara. Sebab hal tersebut berkaitan dengan antisipasi pengereman ketika kendaraan di depan memperlambat lajunya. Semakin kencang kecepatan kendaraan, maka semakin jauh jarak aman yang harus dijaga.

Pastikan kendaraan terlihat pengendara lain

Yang tak kalah penting adalah memastikan bahwa kendaraan yang Anda gunakan terlihat oleh pengendara lain. Hal ini berfungsi untuk menimalisir terjadinya kecelakaan.

Untuk komunikasi dengan pengendara lain, khususnya ketika akan perpindah posisi selalu gunakan lampu sign. Anda juga bisa menggunakan lampu dim atau klakson supaya pengendara lain mengetahui keberadaan Anda. Namun gunakan dengan sewajarnya agar tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Demikian adalah 8 tips berkendara mobil yang bisa Anda terapkan. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan selamat sampai tujuan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply