Home Auto News Ini Mobil Irit BBM 2016 di Indonesia, Ada Apa Saja?

Ini Mobil Irit BBM 2016 di Indonesia, Ada Apa Saja?

0 851

Mobil Irit BBM 2016, Mobil seakan sudah menjadi kebutuhan tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Tak mengherankan bila penjualan mobil di Tanah Air masih cukup tinggi. Hal ini membuat produsen mobil gencar meluncurkan produk terbarunya di Indonesia.

Sebelum membeli mobil baru, ada beberapa pertimbangan yang diperhatikan oleh calon konsumen. Salah satu diantaranya adalah konsumsi bahan bakarnya. Konsumen tidak hanya memandang desain, fitur atau teknologi maupun mesin yang diandalkan pada sebuah mobil. Namun juga seberapa irit konsumsi BBM mobil tersebut.

Di tahun 2016 ini, ada beberapa merek yang meluncurkan mobil baru. Untuk PT Toyota Astra Motor (TAM) menggebrak pasar otomotif Tanah Air dengan merilis All New Fortuner, Toyota Sienta dan Toyota Calya. Sedangkan Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) menghadirkan All New Pajero Sport yang menjadi rival Fortuner. Di samping itu hadir pula Daihatsu Sigra, Honda Civic Turbo dan lain sebagainya.

Lantas apa saja mobil baru 2016 yang paling irit BBM? Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasan lengkapnya, dikutip dari Okezone:

Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca

Calya dan Sigra merupakan hasil kolaborasi antara Toyota dan Daihatsu setelah Agya dan Ayla. Mobil yang masuk ke dalam kelas LCGC 7 penumpang ini memiliki konsumsi bahan bakar 20 km/liter. Konsumsi BBM ini sudah sesuai dengan regulasi pemerintah untuk model LCGC. Sementara berdasarkan pengujian, konsumsi bahan bakar Calya tipe G otomatis mencapai 19 km/liter (dinaiki empat orang dan barang).

Sedangkan rivalnya, Datsun Go+ Panca mempunyai konsumsi bensin 22 km/liter. Dengan catatan mobil hanya dinaiki satu orang. Hanya saja hingga saat ini mobil tersebut hanya tersedia dalam transmisi manual.

honda-civic-turbo-2016

Honda Civic Turbo dan Toyota Corolla Altis

Civic Turbo mengandalkan mesin berkapasitas lebih kecil, yakni 1,5 liter. Namun Honda sudah melengkapinya dengan turbo. Sedan ini diklaim lebih efisien 30 persen dari model sebelumnya yang menggunakan mesin 1,8 liter. Dari hasil test drive, konsumsi BBM rata-rata Honda Civic Turbo mencapai 20-21 km/liter di jalan yang kosong.

Sementara rival terdekat dari sedan andalan Honda itu adalah Toyota Corolla Altis. Mobil Toyota ini masih mengandalkan mesin 1,8 liter. Sementara konsumsi bahan bakar berdasarkan beberapa sumber mencapai 18 km/liter untuk jalanan luar kota.

Suzuki S-Cross

Crossover pendatang baru ini mengandalkan mesin 1.491 cc VVT DOHC. Dari hasil uji pihak internal Suzuki Indomobil Sales (SIS), konsumsi BBM S-Cross mencapai 14,8 km/liter. Namun hasil tersebut bukan hasil pengujian di jalan raya.

Toyota Sienta dan Honda Freed

Sienta baru saja dirilis pada April kemarin. Mobil ini menjadi rival bagi Honda Freed yang selama ini tidak memiliki kompetitor. Kedua MPV pintu geser ini memiliki mesin yang sama, yakni 1,5 liter. Walaupun sama, konsumsi BBM Toyota Sienta dapat mencapai 11 km/liter. Selisih tipis dari Freed yang mencapai 10 km/liter untuk pengujian dalam kota.

Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Pajero Sport terbaru tersedia dalam dua opsi mesin, yakni 4N15 2,4 MIVEC dan 4D56 2.5 DI Commonrail. Mobil yang memiliki bobot kosong 1.930-2.030 kg ini dapat menghasilkan tenaga 136-181 ps dengan torsi 324-430 Nm. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarnya dapat mencapai 9 km/liter.

All New Fortuner tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni bensin 2,7 liter New Dual VVT-i dan mesin diesel 2,4 liter New Super GD Engine VNT Turbo. TAM mengklaim kedua mesin baru ini lebih hemat BBM hingga 10 persen dari model pendahulunya. Untuk mesin bensin, konsumsi BBM mencapai 6,6 km/liter, sedangkan versi mesin diesel 11 km/liter.

Demikian adalah ulasan seputar mobil irit BBM 2016 di Indonesia. Semoga informasi ini dapat membantu Anda, terutama jika Anda sedang mencari mobil baru yang tidak hanya unggul dalam hal fitur, namun juga konsumsi BBM.

Img source: http://www.iotomotif.com

Source: konsumsi bbm mobil baru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply