Home Auto News Proton Iriz Indonesia Sedang Dipersiapkan?

Proton Iriz Indonesia Sedang Dipersiapkan?

0 576

Proton Iriz Indonesia, Persaingan di segmen mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) tampaknya semakin memanas. Terlebih lagi belum lama ini kelas LCGC kedatangan dua mobil baru, yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Di tengah persaingan yang semakin memanas, angka penjualan mobil LCGC terbilang cukup baik.

Hal tersebut rupanya menarik salah satu produsen mobil asal Negeri Jiran, Proton untuk  ikut memasarkan mobil murahnya di Indonesia. Dari kabar yang baru-baru ini hangat diperbincangkan, Proton akan menghadirkan salah satu produk andalannya, Iriz di Tanah Air. Hal ini terlihat dari berhasilnya Proton Iriz melalui proses tanda pendaftaran tipe kendaraan bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian.

Dari data yang tertera pada TPT, mobil ini membutuhkan waktu lima hari untuk memperoleh izin dari Kemenperin. Penyerahan data akhir dilakukan pada 8 September 2016, lalu terbit TPT pada 13 September 2016.

Di negara asalnya, Iriz pertama kali meluncur pada tahun 2014. Berselang satu tahun kemudian, model ini digosipkan akan dijual di Indonesia. Sebenarnya di Malaysia Proton Iriz memiliki dua pilihan mesin, yakni 1.3L dan 1.6L. Hanya saja untuk pasar Indonesia tampaknya Proton lebih memilih varian 1.3L saja. Mesin ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual dan CVT.
proton-iriz-indonesia

Sebagai gambaran, harga Proton Iriz di negara asalnya berkisar mulai 41.520 ringgit atau setara Rp 132,2 jutaan. Jika harga Iriz di Indonesia nantinya tidak jauh berbeda dari harga di Malaysia, maka model ini bisa berada di segmen LCGC lima penumpang.

Untuk informasi tambahan, Presiden Joko Widodo pernah mencoba mobil ini ketika melakukan kunjungan ke Malaysia. Orang nomor satu di Indonesia itu duduk di bangku penumpang depan, sedangkan di balik kemudi dipegang oleh Mahathir Mohamad, Chairman Proton.

Hanya saja hingga saat ini belum ada informasi resmi dari pihak Proton Indonesia. Namun jika Proton memang berkeinginan untuk menghadirkan Iriz di Tanah Air, persaingan kendaraan roda empat akan semakin sengit. Seperti yang diketahui, di segmen LCGC lima penumpang kita mengenal beberapa produk. Diantaranya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Datsun Go Panca dan Suzuki Karimun Wagon R.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply