Home Motor Penyebab Lampu Motor Mati dan Meleleh, Ini Alasannya

Penyebab Lampu Motor Mati dan Meleleh, Ini Alasannya

0 423

Penyebab Lampu Motor Mati, Memiliki sepeda motor memang memberikan banyak manfaat bagi pemiliknya. Selain memudahkan aktivitas hariannya, motor juga bisa menjadi sarana hobi bagi para pecinta roda dua. Namun bagaimanapun juga jangan sampai mengabaikan kondisi motor.

Sepeda motor juga membutuhkan perawatan dan pengecekan secara berkala. Tujuannya agar permasalahan bisa dideteksi sejak dini dan menghindarkan pengguna dari malapetaka. Salah satu komponen yang wajib diperiksa sebelum melakukan perjalanan adalah stop lamp atau lampu rem. Karena lampu ini menjadi kode bagi pengendara lain di belakang bahwa kendaraan melakukan pengereman.

Namun ada kalanya lampu rem pada motor mati dan tidak dapat digunakan. Biasanya, salah satu penyebabnya adalah usia pakai yang sudah lama. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa penyebab lampu rem mati atau rusak.

“Paling sering karena kebiasaan buruk meletakan jari atau ujung kaki di tuas rem. Secara enggak sadar lampu rem terus menyala kemudian panas dan akhirnya lebih cepat putus ketimbang usia wajarnya. Bahkan sampai membuat rumah stoplamp meleleh,” kata Idham Adi, Kepala Mekanik Bengkel Resmi Yamaha di Tangerang Selatan, dikutip dari laman Otomotifnet.

stop-lamp-motor-2

Di samping itu perhatikan pula spesifikasi lampu pada motor. Tidak disarankan untuk menggunakan lampu yang lebih besar dari standar. Sebab hal tersebut dapat memicu panas yang berlebih ketika motor dikendarai.

“Pernah pasang lampu yang spesifikasi watt-nya lebih besar dari standar, eh lampunya putus dan reflektor meleleh,” ucap Imron, salah seorang pengguna Yamaha X-Ride.

Sementara itu, Ramahdi, mekanik AHASS di Tangerang Selatan menuturkan penyebab lain dari melelehnya stoplamp.

“Kalau sampai meleleh enggak hanya perkara jari berada di tuas rem, tapi biasanya terjadi karena posisi bohlam yang tidak terkunci sempurna lalu kendur karena getaran. Bohlamnya jadi keluar dudukannya kemudian menempel pada plastik di rumah lampu, lama-kelamaan jadi meleleh,” paparnya.

Kalau sampai lampu rem meleleh, maka mau tidak mau pemilik motor harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya. Sebagai gambaran, harga tail assy untuk Honda Vario 125 dan 150 mencapai Rp 195 ribu di bengkel resmi Honda. Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalami permasalahan pada lampu rem, maka perhatikan kebiasaan berkendara dan spesifikasi lampu.

Source: penyebab lampu motor cepat panas, cara agar reflektor lampu motor tidak meleleh, kenapa lampu depan motor cepat panas, penyebab lampu motor panas, penyebab reflektor motor meleleh, memperbaiki reflektor meleleh, lampu motor panas, kenapa lampu motor panas, reflektor vario 125 meleleh, rumah lampu motor meleleh, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply