Home Auto News KTM 1290 Super Duke GT Indonesia, Detail Teknologi dan Fitur

KTM 1290 Super Duke GT Indonesia, Detail Teknologi dan Fitur

0 259

KTM 1290 Super Duke GT Indonesia, Pasar otomotif Tanah Air kembali kedatangan motor baru. Kali ini produk baru tersebut datang dari dealer KTM Gading Serpong, Tangerang, Banten yang menghadirkan KTM 1290 Super Duke GT. Dalam peluncuran motor sport touring ini, pihak dealer mendatangkan salah satu artis ternama, Raffi Ahmad yang juga ditunjuk sebagai brand ambassador 1290 Super Duke GT.

“Produk sport touring perlu dinaikkan citranya, ini produk yang mengutamakan keselamatan. Sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat kalau penggunanya bisa memberikan contoh berkendara yang baik tidak ugal-ugalan,” jelas A. Judiarto, salah satu petinggi KTM Indonesia di Dealer KTM Gading Serpong Tangerang Banten, dikutip dari laman Naikmotor.

Selama ini Duke atau Super Duke dikenal sebagai sebuah motor street fighter atau roadster bike dari KTM Austria. Namun anggapan tersebut terpatahkan dengan hadirnya 1290 Super Duke GT. Tambahan kode GT di belakang namanya mengisyaratkan bahwa motor gede ini merupakan odel yang berbeda dengan produk di jajarannya.

Hal tersebut terlihat ketika melihat sosok Super Duke GT. KTM membekalinya dengan windscreen adjustable dan kaitan untuk menggantungkan side bag. Di samping itu motor baru ini juga dibekali dengan lampu tambahan LED yang terintegrasi dengan fairing mininya. Lampu tersebut berfungsi sebagai cornering light seperti pada Super Adventure. Lantas bagaimana dengan performa moge KTM ini?

Melihat sektor pacu, KTM 1290 Super Duke GT dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 1.301 cc berkonfigurasi V-twin 75 derajat berpendingin cairan. Mesin ini dapat menyemburkan daya hingga 173 dk pada 9.500 rpm dengan torsi maksimum 144 Nm pada putaran 6.750 rpm.

ktm-super-duke-gt-2016-indonesia-2

Mesin tersebut juga dilengkapi slipper clutch dan Motor Slip Regulation (MSR). Sistem tersebut bertugas untuk memantau lonjakan torsi mesin, khususnya saat menikung agar tidak drifting. Apabila terjadi gejala lonjakan torsi, sistem akan membuka throttle secepatnya untuk menyesuaikan putaran roda dengan putaran mesin. Hal tersebut dapat terjadi karena moge ini sudah mengandalkan teknologi ride by wire.

Di samping itu 1290 Super Duke GT juga dibekali dengan fitur lain, seperti mode berkendara (Sport, Street dan Rain) yang dikombinasikan dengan kontrol traksi MTC. Lalu untuk perangkat penghenti laju diperkuat dengan combined ABS yang dapat mengukur tekanan rem walaupun hanya salah satu tuas yang ditarik. Fitur MTC dan C-ABS pada motor ini dapat dinonaktifkan. Keduanya dikendalikan oleh modul Bosch Motorcycle Stability Control (MCS). Cara kerjanya, sistem akan memaksimalkan keselamatan dan performa meskipun saat berakselerasi di jalan licin, berbelok sambil mengerem.

ktm-super-duke-gt-2016-indonesia-3

Teknologi lain yang dibenamkan pada 1290 Super Duke GT adalah cruise control yang tak lazim dijumpai pada kendaraan roda dua. Di samping itu ada pula fitur Hill Hold Control (HHC) yang akan tetap mengunci Brembo M50 monoblock selama 5 detik saat rem depan dilepas atau saat grip gas diputar kembali.

Melirik bagian suspensi, moge asal Austria ini mengandalkan suspensi WP suspension. Untuk bagian depan menggunakan model upside down semi Active dengan tiga mode, yakni comfort, street dan sport.

Hanya saja pihak KTM Indonesia belum bersedia mengungkapkan seputar harga jual dan berapa kuota KTM 1290 Super Duke GT Indonesia. Namun sebagai gambaran, harga KTM 1290 Super Duke mencapai Rp 475 juta, lalu untuk 1290 Super Adventure R dilepas Rp 550 juta.

Source: harga ktm superduke 1290gt, harga motor brand ambassador ktm super duke gt 1290, harga motor super duke gt 1290, harga super dukegt1290, jajaran moge ktm, ktm 1290 superduke gt indo, ktm duke 1290 superduke GT indo, ktm super duke 1290 gt indonesia, ktm super duke gt, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply