Home Motor Cara Memperbaiki Standar Tengah Motor Honda Bengkok

Cara Memperbaiki Standar Tengah Motor Honda Bengkok

0 233

Cara Memperbaiki Standar Tengah Motor Honda, Beberapa pemilik motor Honda, khususnya motor matic mengeluhkan tuas pijakan standar tengah bengkok. Kejadian ini tidak hanya terjadi pada Honda BeAT saja, namun juga skutik lainnya. Lantas apa yang menyebabkan terjadinya permasalahan tersebut?

Dikutip dari Otomotifnet, akar dari standar tengah bengkok adalah karena salah perlakuan. Banyak pengguna motor Honda yang memposisikan standar tengah hanya dengan menekan tuas pijakannya saja.

“Padahal, tuas pijakan standar tengah ini sebenarnya hanya penahan. Kemudian motor sedikit diangkat pakai tangan dengan berpegang pada behel atau rear grip. Bukan diinjak lalu di tekan pakai kaki,” ungkap Anang Jauhari, Service Advisor AHASS Honda Wahana Ciputat, Tangerang Selatan.

Jawaban senada juga disampaikan oleh Wedijanto Widarso, selaku General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM). “Itulah sebabnya kita memakai rear grip yang dipakai untuk mengangkat dan menurunkan berat motor saat parkir. Sedangkan tuas tersebut hanya sebagai penahan,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihak AHM sudah mendesainnya sedemikian rupa untuk kondisi normal. Oleh karena itu, jika penggunaannya tidak sesuai dengan pedoman maka dapat menyebabkan kerusakan. Apabila hal tersebut dibiarkan maka dapat menyebabkan pijakan standar tengah bengkok.

standar-tengah-motor-matic-honda

“Biasanya terjadi kalau sudah korosi akibat sering terkena air dan kotoran di jalan,” ujar Anang.

Apabila Anda juga mengalami permasalahan serupa, ada dua jalan yang bisa Anda tempuh. Yang pertama adalah mengganti standar tengah dengan yang baru. Anda bisa membelinya di seluruh jaringan bengkel resmi Honda. Untuk harganya Rp 69 ribu plus biaya pemasangan sekitar Rp 25 ribu.

Sedangkan cara kedua adalah dengan mengelas pada bagian yang patah. Namun perlu diingat, proses pengerjaan tidak boleh langsung di las. Kutub negatif pada aki harus dicabut terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko error atau korsleting pada sistem kelistrikan.

Untuk biaya pengerjaan sebesar Rp 20 ribu. Biaya memang lebih terjangkau, namun lambat laun las-lasan tersebut dapat berkarat lagi. Walaupun begitu keputusan tetap di tangan Anda.

Source: cara bongkar standar tengah beat, cara benerin standard dua yang mentok pada las-lasan knalpot, cara membuka standar tengah beat, cara benerin standar vario, harga standar tengah motor beat, dimana bengkel las yg memperbaiki standar tengah honda matic, alas pijakan standar tengah saat dipajang di dealer, cara reparasi motor, cara perbaiki standar samping motor matik bengkok, kenapa honda beat bisa lambat, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply