Home Motor Motor Matic 3 Tips Motor Matic Irit Bensin, Perhatikan Ini

3 Tips Motor Matic Irit Bensin, Perhatikan Ini

0 218

Tips Motor Matic Irit Bensin, Motor matic dikenal banyak orang mudah untuk dikendarai. Sebab pengendara hanya perlu memutar tuas gas tanpa perlu memasukkan gigi untuk membuat motor melaju. Di tengah kelebihan yang dimilikinya, motor matic dinilai boros bahan bakar (BBM). Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Pada dasarnya, boros atau iritnya sebuah kendaraan bermotor juga dipengaruhi oleh cara berkendara penggunanya.  Apabila pengendara bisa berkendara dengan efisien, bahan bakar yang digunakan oleh motor juga akan semakin sedikit, begitu juga sebaliknya. Di samping itu perawatan motor juga mempengaruhi tingkat konsumsi BBM dari kendaraan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips mudah agar motor matic hemat bahan bakar sebagaimana dikutip dari laman Okezone:

Cek komponen transmisi

Langkah pertama untuk mewujudkan motor matic irit BBM adalah dengan memeriksa komponen pada sistem transmisi. Wajar saja, komponen-komponen ini memiliki kerja yang berat sehingga kondisinya harus terpantau oleh pemilik motor matic.

Periksa bahwa komponen transmisi dalam kondisi baik. Jangan sampai salah satu komponen bermasalah karena hal tersebut dapat menyebabkan permasalahan pada komponen lainnya. Di samping itu jangan lupa untuk mengganti oli transmisi secara berkala.

Periksa oli dan aki

Selain memeriksa peranti transmisi, kegiatan yang tidak boleh terlewatkan adalah memperhatikan jadwal ganti oli motor. Usahakan jangan sampai lupa untuk mengganti oli. Selain itu lakukan pula pengecekan pada aki. Sebab motor matic keluaran terbaru biasanya sudah menggunakan teknologi injeksi pada sistem pemasukan bahan bakarnya.

Injeksi merupakan teknologi canggih yang dapat membuat kinerja motor menjadi lebih efisien. Akan tetapi perlu diketahui bahwa injeksi merupakan komponen elektronik yang bergantung pada arus listrik yang stabil. Oleh karenanya periksa secara berkala kondisi aki dan pastikan masih dalam kondisi baik. Dengan begitu peranti injeksi dan komponen elektronik lainnya dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Servis berkala

Hal terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan servis pada motor matic. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar kondisi komponen mesin motor matic selalu dalam kondisi prima.

Source: Cara menggunakan motor matic, Agar irit menggunakan listrik, agar motor maric bensin lebih irit, bahan bakar yg cocok buat motor matic, komponen transmisi, matic, teknologi keluaran terbaru, Tips perawatan motor injeksi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply