Home Motor Penyebab Overheat pada Motor, Catat Hal Ini

Penyebab Overheat pada Motor, Catat Hal Ini

0 123

Penyebab Overheat pada Motor, Berkendara sepeda motor harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Salah-salah justru komponen motor yang bermasalah. Ada beberapa permasalahan yang bisa menimpa seseorang ketika sedang mengendarai motor. Salah satunya adalah mesin menjadi overheat.

Pada sepeda motor dengan sistem pendingin cairan atau radiator, hal itu bisa terjadi lantaran air radiator berkurang atau habis. Alhasil mesin menjadi panas berlebih dan oli lebih cepat menguap. Oleh karenanya pemilik motor tidak boleh mengabaikan hal yang satu ini.

Umumnya motor dengan pendingin cairan sudah memiliki lampu indikator pada odo meter. Apabila mesin overheat, maka lampu indikator akan menyala.

Dikutip dari Dapurpacu, Sriyono selaku Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) menganjurkan untuk segera melakukan pengecekan bila lampu indikator menyala. ”Sebaiknya segera lakukan pengecekan di bengkel jangan didiamkan saja, karena bisa berakibat fatal,” kata dia.

Akan tetapi, Sriyono menambahkan overheat pada mesin motor tidak selalu disebabkan air radiator yang habis. Permasalahan tersebut bisa juga dikarenakan masalah lain, seperti pompa yang tidak berfungsi dan lain-lain. Sebab lampu indikator tersebut sebagai tanda memberitahu kepada pengendara bahwa mesin mengalami panas berlebih.

Apabila efek mesin overheat dan didiamkan, maka dapat mengakibatkan oli mesin menguap dan menyebabkan sistem pelumasan mesin tidak bekerja dengan baik.

“Kalau motor panas tidak ada pendinginnya, oli akan menguap, kalau oli menguap terus terusan oli bisa habis, risikonya mesin motor akan kering dan bisa terkunci (ngelock). Efeknya piston bisa bengkok, karena piston yang harusnya dapat pelumasan karena kering, dia tidak bisa jalan dan itu bisa berpengaruh pada komponen-komponen lain,” papar Sriyono.

Ia menuturkan, apabila mesin telah mengalami panas berlebih, yang perlu dilakukan pemilik motor adalah mengecek air radiator. Lihat apakah air masih dalam batas standar atau tidak. “Jika berkurang bisa ditambah, kan di radiator ada batas uper dan lowernya. Jika air radiator masih banyak, bisa jadi ada masalah lain seperti pompa yang tidak berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Source: air radiator ga berfungsi, masalah sekitar piston motor 4 tak, penyebab lampu peringatan tidak bekerja saat mesin mengalami panas berlebihan, tanda lampu radiator selalu menyala, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply