Home Mobil 5 Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

5 Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

0 136

Tips Merawat Mobil Tua, Seiring berjalannya waktu, mobil membutuhkan perawatan khusus agar performa tetap baik. Hal ini juga berlaku untuk mobil berusia tua. Alasannya komponen pada mobil tua lebih rentan rusak karena usia pakai kendaraan yang memang sudah lama.

Di samping itu perawatan mobil tua juga membutuhkan biaya yang lebih banyak. Namun hal tersebut tampaknya tidak menjadi masalah berarti. Sebab umumnya pemilik mobil tua memang memiliki hobi di bidang tersebut. Agar terhindar dari permasalahan serius, Anda bisa melakukan perawatan ringan. Contohnya adalah menjaga kebersihan, memperhatikan pelumas hingga tidak membiarkan mobil terparkir dalam waktu yang lama.

Berikut adalah 5 tips merawat mobil tua yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Menjaga kebersihan mobil

Mobil yang selalu terjaga kebersihannya akan membuat terlihat lebih menarik. Apalagi jika mobil tersebut adalah mobil antik atau jadul. Oleh sebab itu bersihkan mobil setiap satu minggu sekali.

Caranya mudah, cukup bersihkan dengan memakai lap basah lalu keringkan atau dicuci semprot. Apabila akan mencuci, pastikan tidak ada bagian yang bocor atau rawan terkena air.

Anda juga dapat menggunakan sarung atau cover mobil sehingga kebersihan mobil selama tidak dipakai akan terjaga. Pemakaian sarung juga dapat menghindari bodi mobil kusam dan lecet akibat suhu panas, hujan ataupun debu.

Cek kondisi pelumas

tips-merawat-mobil-tua-2

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pelumas atau oli merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan bermotor, terutama pada mobil tua. Oleh karena itu pastikan oli dalam kondisi baik dan tidak kurang dari volume yang ditentukan pabrikan. Perlu dicatat, mobil tua sangat tergantung dengan pelumasan. Apabila pelumas kurang memadai, maka mobil bisa mengalami permasalahan.

Mencabut kepala aki

Apabila mobil tua milik Anda hanya digunakan untuk hobi dan bukan untuk kegiatan harian, maka Anda harus memperhatikan hal yang satu ini. Ketika mobil sedang tidak dipakai, cabut kepala aki. Hal ini bertujuan untuk memutus aliran sistem kelistrikan sehingga dapat memperpanjang umur pakai aki.

Gantung mobil

Maksud dari istilah gantung mobil adalah dengan melepas keempat bannya dan menggantinya dengan dongkrak atau jack stand. Tujuannya untuk mencegah ban menjadi peyang akibat terlalu lama menahan bobot mobil ketika diparkir.

tips-merawat-mobil-tua-3

Tidak membiarkan mobil diparkir terlalu lama

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah tidak membiarkan mobil terparkir lama. Kendarai mobil setidaknya satu kali dalam seminggu. Dengan demikian komponen mobil tua akan tetap prima. Di sisi lain hal ini juga dapat mengurangi rasa penat Anda setelah sibuk beraktivitas.

Demikian adalah 5 tips merawat mobil tua. Meskipun cukup mudah, namun jangan sampai lalai melakukannya agar performa mobil tetap optimal dan tetap menarik untuk dipandang.

Source: tips merawat mobil tua, tips merawat sedan tua eropa, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply