Home Mobil Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Mobil yang Perlu Diketahui

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Mobil yang Perlu Diketahui

0 247

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Mobil, Seiring dengan kemajuan teknologi, dunia otomotif turut mengalami perkembangan. Salah satu perubahan yang terasa adalah sistem pencahayaan yang diusung mobil baru. Saat ini kta mengenal lampu light emitting diode atau disingkat LED.

Lampu ini sudah banyak digunakan pada beberapa mobil baru. Selain itu ada pula pabrikan yang membenamkan lampu LED sebagai fitur standar pada produk buatannya. Yang menjadi pertanyaan, apa kelebihan lampu LED dibandingkan lampu konvensional?

Dikutip dari laman Otomania, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM), Iwan Abdurahman mengungkapkan bahwa lampu LED pada mobil mempunyai banyak kelebihan dibanding bohlam biasa mapun halogen. Salah satunya adalah daya yang lebih rendah.

“Hal yang paling utama adalah daya (watt) yang lebih rendah dibandingkan lampu konvensional, tapi tetap memiliki tingkat cahaya layaknya lampu biasa. Artinya, lebih baik dan lebih irit dibandingkan lampu biasa,” jelas Iwan.

Audi Matrix LED-Scheinwerfer

Tidak hanya itu saja, lampu LED juga masih memiliki kelebihan lain. Yakni pemakaian yang lebih awet daripada lampu biasa. Hal ini dikarenakan LED membutuhkan daya yang lebih rendah sehingga tidak membuatnya panas seperti bohlam biasa. Oleh karenanya lampu ini memiliki daya tahan yang lebih panjang.

Keunggulan lainnya adalah pemakaian aki yang lebih irit lantaran daya yang rendah. Iwan mengungkapkan, dengan menggunakan lampu LED, asupan listrik pada kendaraan jauh lebih kecil dan akan membuat mobil dapat meraih tingkat efisiensi bahan bakar (BBM) yang lebih baik.

“Prinsipnya semakin banyak konsumsi arus listrik di kendaraan bisa mempengaruhi efesiensi bahan bakar. Kenapa bisa? arus listrik di kendaraan dihasilkan dari alternator, sedangkan alternator bekerja dari mesin, mesin sendiri bisa bekerja karena adanya bahan bakar. Jadi meski tidak signifikan tetap ada efeknya,” jelas Iwan.

Meski begitu lampu LED tetap memiliki kekurangan. Iwan mengatakan, harga lampu LED relatif lebih mahal dibandingkan lampu biasa. “Ini relatif, kalau dibandingkan dengan harga bohlam biasa, lebih mahal. Tapi kalau melihat dari fungsi dan keuntungannya cukup wajar,” kata dia.

Source: otomania, kelebihan kekurangan lampu led mobil, kelebihan lampu led mobil, Light emitting diode adalah, watt lampu led panjang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply