Home Motor Cara Merawat Busi Motor, Apa yang Harus Dilakukan?

Cara Merawat Busi Motor, Apa yang Harus Dilakukan?

0 107

Cara Merawat Busi Motor, Permasalahan pada sebuah sepeda motor bisa bermacam-macam. Mulai dari permasalahan paling sederhana, hingga yang rumit. Pada dasarnya semua motor membutuhkan perawatan. Hal ini bertujuan agar komponen-komponen di dalamnya dapat bekerja dengan optimal. Dengan begitu motor dapat dipakai dengan baik dan aman.

Salah satu komponen motor yang membutuhkan perhatian adalah busi. Keberadaan komponen yang satu ini bisa dikatakan sangat penting. Sebab, jika busi mati maka mesin motor tidak dapat dihidupkan. Permasalahan ini biasa menimpa para pengendara motor ketika tengah berkendara. Lantas apa yang menyebabkan busi mati?

Ade Rohman, Asisten Manager Technical Training PT Daya Adicipta Motora (DAM) menyebutkan bahwa penyebab busi mati adalah sistem pengapian yang kurang sempurna dan busi kotor.

“Sistem pengapian atau pembakaran tidak sempurna, campuran bahan bakarnya jadi kurang ideal. Bisa juga karena filter udaranya kotor yang menyebabkan aliran udara terhambat masuk ke ruang bakar sehingga bensin terlalu kaya. Sehingga busi sulit untuk membakar campuran tersebut. Sisa campuran yang tidak terbakar menyebabkan busi kotor atau mati,” ungkap Ade, dikutip dari Okezone.

Agar hal semacam itu tidak terjadi, pemilik motor harus melakukan perawatan busi secara rutin. Tidak hanya itu saja, Anda juga diharuskan untuk mengganti busi jika telah waktunya atau motor sudah dikendarai hingga 8 ribu kilometer.

“Untuk perawatan busi supaya tidak cepat mati sebaiknya diperiksa dan dibersihkan secara berkala setiap kelipatan 4.000 kilometer untuk sepeda motor tipe matik dan cub. Sedangkan tipe sport kelipatan 6.000 kilometer. Lakukan penggantian setiap 8.000 kilometer untuk semua tipe,” jelasnya.

Di samping mengganti dan merawat busi, jangan lupa untuk membersihkan komponen lain yang berkaitan. Komponen tersebut adalah filter udara. Pasalnya, meskipun busi sudah diganti dengan yang baru sedangkan filter udara kotor maka motor tetap tidak dapat dihidupkan. Meskipun mesin dapat menyala, tidak menutup kemungkinan motor mogok di tengah perjalanan.

Oleh karenanya jangan pernah mengabaikan kondisi motor Anda, terlebih jika motor dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Dengan merawat motor Anda dapat mengetahui lebih dini permasalahan serius pada motor sehingga segera dapat ditangani.

Source: cara merawat mesin motor, pada motor bakar 4 langkah bahan bakar bensin pengapian pembakaran dinyalakan oleh, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply