Home Motor 4 Tips Modifikasi Motor, Pertimbangkan Hal Ini

4 Tips Modifikasi Motor, Pertimbangkan Hal Ini

0 316

Tips Modifikasi Motor, Memodifikasi motor bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebelum melakukan eksekusi, kita harus menentukan konsep yang akan diterapkan pada motor terlebih dahulu. Hal ini juga mempengaruhi seberapa besar anggaran yang harus dikeluarkan nantinya.

Apabila Anda juga sedang ingin memodifikasi motor dan bingung apa saja yang harus diperhatikan, maka bisa menyimak beberapa tips di bawah ini. Berikut adalah 4 tips modifikasi motor, sebagaimana dituturkan Ariawan Wijaja dari bengkel modifikasi Baru Motor Sport pada laman DetikOto:

Jangan salah persepsi

Salah satu hal yang perlu dicatat adalah jangan sampai salah tafsir dalam memodifikasi motor. Banyak pemilik motor memulai modifikasi dengan menanyakan biaya yang diperlukan untuk merombak tampilan motor. Ari mengungkapkan bahwa hal semacam ini adalah salah.

Ia menerangkan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah konsultasi konsep yang akan digunakan. Jika telah selesai, maka akan diketahui berapa biaya yang diperlukan.

“Setiap modif itu punya nilai yang berbeda, maka dari itu harusnya dimulai dengan konsultasi ke konsep yang akan digunakan, bukan menyiapkan dana yang diperlukan,. Jika sudah tahu konsepya apa maka akan tau biayanya,” jelas Ari.

tips-modifikasi-motor-2

Jangan memaksa konsep modifikasi

Berikutnya, jangan terlalu memaksakan diri untuk memilih konsep. Segala sesuatu yang dipaksakan juga bisa berdampak tidak baik nantinya. Perlu disadari, pemilihan konsep juga dipengaruhi oleh jenis motor yang akan dimodifikasi. Jika motor tidak cocok dengan konsep yang akan diterapkan dan memaksakannya, justru hasil akhirnya tidak puas dan tidak nyaman.

“Contohnya motor Supra mau dijadikan motor trail itu salah, maka itu salah konsep, atau motor Ninja mau dijadikan konsep chopper. Maka nantinya akan tidak nyaman mau diakalin bagaimanapun,” jawab Ari.

Gunakan komponen asli

Hal ketiga yang harus Anda perhatikan adalah pemakaian aksesoris atau komponen pada motor modifikasi. Pastikan barang yang dipakai asli, jangan palsu. Selain itu untuk warna motor juga jangan melanggar aturan pada STNK yang Anda miliki.

“Orang juga sering banget minta motornya enak untuk dipakai berarti barang yang digunakan juga harus yang asli jangan yang abal, dan masalah warna juga jangan melanggar yang ada di STNK,” kata Ari.

Tetap nyaman digunakan aktivitas harian

Sedangkan untuk tips terakhir, Ari menganjurkan agar hasil akhir modifikasi motor nantinya tidak mempengaruhi kenyamanan motor ketika digunakan untuk beraktifias sehari-hari. Jangan mengubah bagian mesin, tujuannya agar bila ditemukan kerusakan di kemudian hari Anda tidak akan kerepotan untuk memulihkannya lagi. Di samping itu lakukan modifikasi sesuai dengan tujuan kegunaannya.

“Memodif motor juga kalau saya sarankan jangan dibuat terlalu ekstrem, dibuat untuk bisa dipakai sehari-hari lebih berguna, karena kalau terlalu ekstrem nantinya akan sulit buat benerinnya lagi dan enggak bisa dipakai sehari-hari jika terlalu ekstrem, terutama pada bagian mesin. Dan yang perlu diingat juga modif lah motor sesuai dengan tujuan kegunaannya, kalau mau dibuat kebut-kebutan ya enggak usah modif bagian bodynya, dan jika hanya mau dibikin terlihat bagus dan antik jangan mengubah bagian mesinnya,” papar Ari.

Demikian adalah beberapa tips modifikasi motor. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Source: modifikasi mesin motor, cb400 modifikasi japstyle, gl pro modif japstyle simple, Modif motor tril, motor scorpio modif lowrider, spesifikasi modif Japstyle, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply