Thursday, September 29th, 2016 - Motor, Oto Rubrik
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor, Pabrikan terus melakukan inovasi untuk memikat konsumen sepeda motor. Dari sederet terobosan yang ada pada motor, yang tidak asing di telinga kita adalah penggunaan lampu LED. Meski belum terlalu banyak, beberapa motor baru sudah menerapkan lampu berteknologi LED untuk sistem pencahayaannya.

Bila diperhatikan, lampu LED pada dapat membuat motor terlihat lebih menarik dan futuristik. Selain mendongkrak penampilan, apa kelebihan lain pemakaian LED pada motor?

Dikutip dari Otomania, GM After Sales & Motorsport Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Muhammad Abidin mengungkapkan, selain membuat tampilan motor lebih menarik, cahaya lampu LED lebih terang dan konsumsi listrik lebih kecil.

“Bahkan umur LED itu sendiri lebih awet dibanding lampu biasa,” ujarnya.

Lampu LED memang sudah diketahui banyak orang lebih panjang umur. Bahkan daya tahannya dapat lebih lama 20 kali dari lampu biasa. Selain efisiensi yang tinggi, sinarnya tidak menyebabkan panas, lebih fokus dan lampu LED mempunyai dimensi yang kecil.

Lalu seberapa efisien kah lampu LED?

Sebagai gambaran, menurut data spesifikasi Honda Vario FI, lampu pendeknya memiliki daya hanya 2,2 Watt (x2), sementara lampu jauh 4,4 Watt (x2) dengan pemakaian arus sebesar 0,7 Ampere. Jauh lebih efisien daripada lampu bohlam halogen yang memiliki daya berkisar 18-35 Watt. Sedangkan untuk jenis H4 dapat mencapai 60/55 Watt.

lampu-led-motor-2

Sama halnya dengan lampu lain, lampu LED tetap memiliki kekurangan. Abidin mengatakan, cahaya yang dikeluarkan lampu LED biasanya tidak dapat menembus kabut atau bahkan hujan lebat. Tidak hanya itu, apabila mengalami kerusakan, maka pemilik motor harus mengganti Assy Part sekalian.

Untuk contoh, lampu Vario FI yang dijual dalam bentuk assy berikut reflektor dan mika dapat mencapai Rp 700 ribuan. Sementara untuk LED aftermarket dibanderol sekitar Rp 200-800 ribu.

Ada yang berpendapat bahwa lampu LED dapat menyebabkan pengendara dari arah berlawanan silau. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Lampu standar yang menggunakan LED sudah dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menyilaukan mata. Hanya aja bisa jadi silau apabila setelan terlalu mendongak atau tidak sadar mengaktifkan lampu jauh.

Selain itu, apabila pemilik motor memakai lampu LED aftermarket, pemilihan harus tepat. Jika salah justru dapat menyilaukan mata pengendara lain. Biasanya lampu LED aftermarket yang membuat mata silau adalah jenis LED untuk lampu tembak dengan daya besar. Oleh karenanya pemilik motor harus memilih dengan jeli agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Abidin menjelaskan, beberapa motor Yamaha yang telah mengadopsi LED antara lain skutik bongsor NMAX dan Soul GT pada bagian Head Light Lamp dan Tail Light Lamp. Lalu ada pula MX-King yang diletakkan di Tail Light Lamp dan Position Light atau lampu senja.

Di jajaran motor sport, Yamaha membenamkan lampu LED pada R25 dan MT-25. Lampu tersebut disematkan di Tail Light Lamp, dan Position Light. Sedangkan untuk R15 diletakkan di Tail Light Lamp. Lalu untuk Yamaha Xabre sudah mengadopsi lampu LED di seluruh bagian.

Selain Yamaha, Honda juga membenamkan lampu LED pada produknya. Salah satunya adalah pada Vario 125 dan Vario 150 terbaru.

Demikian adalah beberapa kelebihan dan kekurangan lampu LED motor. Lampu jenis ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin membuat motor lebih menarik. Namun jangan lupa untuk memperhatikan cahaya yang dihasilkan sehingga tidak menyilaukan pengguna jalan lainnya.

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×