Home Auto News Test Drive Mitsubishi Mirage 2016 Indonesia

Test Drive Mitsubishi Mirage 2016 Indonesia

Mitsubishi Mirage 2016 Indonesia, Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) baru saja merilis New Mirage. Mobil ini mendapat sentuhan pembaruan di beberapa sektor. Hanya saja untuk dapur pacunya tetap sama dengan model sebelumnya, yakni DOHC MIVEC berkapasitas 1.2 liter, 12 valve.

Ada alasan mengapa Mitsubishi tetap mengandalkan mesin ini untuk New Mirage. Mitsubishi menilai jantung pacu tersebut masih cukup bagus dan dapat memberikan efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan.

Agar tidak penasaran, KTB selaku pemegang merek Mitsubishi di Indonesia mengundang awak media otomotif nasional untuk mencoba langsung bagaimana performa Mirage terbaru. Rute yang diambil adalah dari Surabaya ke Malang, lalu kembali lagi ke Surabaya. Seperti apa sensasi berkendara hatchback berlambang tiga berlian ini?

Mitsubishi Mirage ditawarkan dalam beberapa varian, salah satunya adalah varian Exceed yang menjadi tipe tertinggi. Apabila melihat tampilannya, New Mirage Exceed tampak sama saja dengan varian lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah diusungnya transmisi CVT (Continuously Variable Transmission).

Mitsubishi menawarkan kemudahan kepada pengguna untuk mengendarai mobil baru ini. Hal ini terbukti dengan hadirnya sistem Keyless Operating System dan One Start/Stop System (OSS). Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot memasukkan kunci ke lubang.

mitsubishi-new-mirage-2016-indonesia-1

Untuk menjalankan mobil, Anda hanya perlu memindahkan tuas persneling ke posisi D, maka mobil akan mulai berjalan. Perjalanan terasa nyaman karena kabin dapat mereduksi suara mesin dengan baik. Tidak hanya itu, gesekan ban dengan aspal juga tidak mengganggu pengemudi maupun penumpang di dalam kabin sehingga dapat duduk dengan nyaman tanpa terganggu suara bising.

Hanya saja pengaturan atau setingan CVT memiliki sedikit kekurangan. Karakternya bisa dibilang kurang responsif di putaran bawah. Oleh sebab itu, jika ingin mendapat tenaga maksimal pengemudi harus menginjak pedal gas lebih dalam.

Hal tersebut dialami saat akan mendahului mobil lain, baik di jalan bebas hambatan maupun jalan biasa. Suara raungan mesin menjadi semakin besar, akan tetapi tenaganya tidak dapat dihasilkan secara maksimal.

Sedangkan tarikan di putaran atas sudah cukup baik. Setelah mencapai putaran mesin di atas 2.300 rpm, tenaga yang dihasilkan semakin besar. Hanya saja pengemudi tetap harus menginjak pedal gas dalam.

Kini giliran varian GLX bertransmisi manual. Transmisi manual memiliki poin plus dibandingkan CVT. Nilai plusnya, pengemudi dapat menentukan sendiri akselerasi mobil sesuai dengan keinginan.

Performa memang cukup memuaskan, hanya saja ada beberapa hal yang dinilai kurang. Slah satunya adalah tuas transmisi yang kurang begitu nyaman untuk varian GLX transmisi manual.

Saat memindahkan transmisi dari gigi satu, dua dan seterusnya, tuas terasa seperti kurang pas berada di posisi seharusnya. Padahal pedal kopling sudah diinjak dalam. Tidak hanya itu, terkadang tuas transmisi terasa susah dipindahkan, seperti kurang presisi. Alhasil butuh waktu untuk memindah transmisi, terutama ketika melalui jalanan yang macet.

Apabila lancar dan dalam kecepatan tinggi, kendala semacam itu tidak dialami. Saat memindahkan gigi dari tiga keempat atau sebaliknya masih dapat dilakukan dengan cepat. Kekurangan lainnya adalah pengaturan rem yang dirasa kurang maksimal. Hal ini dijumpai pada versi CVT maupun manual.

Dengan begitu pengemudi harus menginjak pedal rem agak dalam saat hendak mengerem. Padahal untuk mobil berdimensi kecil sejatinya tidak perlu menginjak pedal rem agak dalam.

Meski begitu Mitsubishi New Mirage unggul dalam hal manuver, suspensi hingga kelincahan. Mobil ini juga dapat menjadi teman yang baik di kondisi jalanan yang macet maupun sempit.

Itulah test drive Mitsubishi Mirage 2016 Indonesia. Setiap mobil pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya berkendara pengemudinya.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply