Home Motor Cara Merawat Motor Vespa Agar Tidak Mogok Saat Perjalanan

Cara Merawat Motor Vespa Agar Tidak Mogok Saat Perjalanan

0 190

Cara Merawat Motor Vespa, Di Indonesia penggemar motor Vespa tidaklah sedikit. Kita dapat dengan mudah menjumpai klub motor Vespa. Salah satu daya tarik dari motor ini adalah gayanya yang klasik dan suaranya yang khas. Meskipun banyak dipasarkan Vespa keluaran terbaru, nyatanya tidak sedikit yang memiliki Vespa yang sudah berumur.

Sama halnya dengan mobil atau motor tua pada umumnya, motor Vespa jadul juga membutuhkan perhatian ekstra. Bahkan biaya yang dibutuhkan untuk perawatan juga terkadang mahal. Oleh karenanya pemilik harus merawatnya betul-betul agar tidak terkena permasalahan di kemudian hari.

Salah satu permasalahan yang menimpa pemilik motor Vespa adalah mogok di tengah perjalanan. Nah, agar Anda tidak mengalaminya ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

“Intinya rajin merawat. Meski usianya tidak muda, Vespa lawas itu mudah dipakainya, asal sering diperhatikan beberapa bagiannya,” kata Jimmy dari bengkel skuter di Kampung Melayu, dikutip dari Otomania.

Untuk pemakaian harian, yang harus diperhatikan oleh pemilik adalah penggantian oli. Jangan lupa untuk mengganti oli mesin setidaknya setiap satu bulan sekali. Di samping itu perhatikan pula kualitas oli yang dipakai. Hal ini bertujuan untuk merawat kondisi mesin agar tetap bagus.

cara-merawat-motor-vespa-2

Bagian lain yang wajib Anda cek adalah kondisi kabel-kabel pada motor Vespa, tak terkecuali kabel kopling dan gas. Jangan lupa memberikan cairan penetran atau gemuk pada kabel-kabel tersebut untuk menghindari putus. Kemudian jangan lupa untuk menyetel dan memeriksa bagian tersebut secara berkala agar kondisinya selalu terpantau.

Apabila komponen di atas sudah diperiksa, jangan lupa untuk mengecek busi. Bersihkan komponen ini minimal satu minggu sekali. Apabila busi kotor, pembakaran menjadi tidak sempurna. Ujung-ujungnya motor Vespa kesayangan brebet di tengah jalan.

Di samping itu, apabila Anda hendak mengendarai motor Vespa, alangkah baiknya untuk memanaskan mesinnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar suhu mesin optimal untuk bekerja. Perlu dicatat, jangan pernah langsung mengendarai motor tanpa dipanaskan.

“Buat pemilik Vespa, motor kalau dirawat siap laju. Kalau malas berarti siap dorong. Itu saja. Rajin tune up pasti lancar jaya,” saran Jimmy.

Peralatan wajib

Apabila perawatan sudah rutin dilakukan, ada baiknya untuk berjaga-jaga dengan selalu membawa peralatan penting ketika melakukan perjalanan. Jimmy mengatakan bahwa ada tiga peralatan wajib yang harus selalu dibawa pengguna motor Vespa. Ketiga peralatan tersebut adalah busi, tali kopling dan kabel gas.

Busi perlu dibawa karena Vespa masih mengandalkan mesin dua tak. Sedangkan tali perseneling atau kopling perlu dibawa karena komponen ini merupakan komponen vital pada Vespa. Tugasnya adalah membantu memindahkan transmisi agar motor dapat berjalan.

Kabel gas juga dapat putus apabila kurang dirawat. Biasanya kabel putus di bagian pangkal dan bagian ujung pada tuas gas. Cara mengatasinya adalah dengan melepas rumah kabel untuk pemasangan.

“Modalnya murah. Busi sekitar Rp 12 ribu, kabel gas dan kopling sekitar Rp 5 ribu. Jangan lupa kunci-kunci untuk pengerjaan darurat. Perjalanan jadi lebih terasa nyaman,” terang Jimmy.

Demikian beberapa cara merawat motor Vespa yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari mogok di tengah perjalanan.

Source: motor tua murah, betuk vespa jika ikut moto gp, bagaimana cara menyetel senar ketiga, tali gas motor, menyetel kopling mobil, kopling tetap, harga motor vespa lawas, harga kabel kopling vespa, daftar harga motor vespa jadul, cara tune up mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply