Home Motor Penyebab Speedometer Motor Mati, Ada Beberapa Faktor

Penyebab Speedometer Motor Mati, Ada Beberapa Faktor

0 119

Penyebab Speedometer Motor Mati, Memiliki sepeda motor memang memberikan keuntungan kepada kita. Salah satu manfaat yang kita dapat adalah kemudahan untuk menjangkau suatu tempat dalam waktu yang lebih singkat. Itulah mengapa penjualan kendaraan roda dua di Indonesia tidak pernah surut hingga saat ini.

Namun tak selamanya sepeda motor bebas permasalahan. Pemilik motor terkadang dibuat susah dengan permasalahan yang menimpa kendaraannya. Terlebih lagi jika motor memang jarang dirawat. Bisa dipastikan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Dari sekian permasalahan motor yang ada, mungkin sebagian dari Anda pernah mengalami speedometer sepeda motor tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Padahal instrumen penunjuk kecepatan ini sangat diperlukan untuk memberikan informasi seputar kecepatan motor tersebut.

Apabila jarum penunjuk tidak bergerak ke kanan, itu tandanya ada kerusakan pada peranti tersebut. Perlu diingat, apabila Anda mengalami hal tersebut jangan membiarkan dalam waktu lama. Sebab hal tersebut dapat membahayakan dan dapat mempengaruhi hitungan jarak mesin.

“Kerusakan pada speedometer paling banyak karena kabel yang tidak berfungsi atau sudah rusak. Baiknya jangan dibiarkan walau tidak berpengaruh ke mesin namun penunjuk jarak mesin jadi tidak bertambah,” kata Tomi dari Gladia 4 Motor, dikutip dari Otomania.

Kerusakan pada kabel speedometer dapat dikarenakan air yang masuk ke dalam kabel dan menimbulkan karat. Di samping itu kondisi gir yang sudah aus akibat pemakaian atau pemasangan yang tidak pas juga dapat menyebabkan speedometer motor tidak berfungsi.

Selain kedua hal di atas, cara berkendara pengguna motor juga bisa menjadi biang keladi kerusakan pada speedometer. Apabila sering membuka tutup gas atau tidak pelan-pelan membuka tutup gas dan menerabas jalan rusak, maka kabel bisa saja cepat rusak.

Kerusakan pada instrumen speedometer sendiri dapat terjadi karena per speedometer patah atau jarum macet.

“Solusi mudahnya mengganti kabel dengan yang baru. Namun jika dilihat kondisi kabel sebenarnya masih bagus hanya tinggal menyemprotkan cairan penetran untuk menghilangkan kotoran dan karat yang mengganggu,” terang Tomi.

Source: apakah motor baru bisa mengalami speedometernya mati?, biaya memperbaiki sepeda motor ngejem, cara memperbaiki sepeda motor sendiri, kenapa motor baru speedometer pelan, penujuk jarak speedometer motor mati, penyebab speedometer mati, penyebab speedometer rusak, speedometer mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply