Home Balap Cara Balap Motor yang Benar, Ini Tekniknya

Cara Balap Motor yang Benar, Ini Tekniknya

0 196

Cara Balap Motor yang Benar, Mengendarai motor bisa dibilang susah-susah gampang. Mudah bagi mereka yang memahami teknik berkendara dan sulit untuk mereka yang belum paham betul cara mengendarai motor. Sebelum mengendarai motor di jalan raya, pengendara haru mengerti seputar teknik berkendara dengan motor yang baik dan benar.

“Mengendarai motor itu ada teknik–tekniknya, jangan sampai salah, nanti malah membahayakan diri sendiri,” ujar Abdul Kadir, Instruktur Safety Riding Astra Motor Makassar, dikutip dari Otomania.

Begitu juga dengan balap motor di sirkuit saat berkompetisi. Balapan tidak hanya sebatas bagaimana cara melesat kencang atau menyentuh garis finish pertama kali. Ada beberapa teknik ataupun aturan yang harus diketahui sehingga performa pengendara ketika terjun di ajang balap bisa maksimal. Lantas bagaimana cara balap motor yang baik dan benar?

Ketika sedang balap motor, ada beberapa posisi badan yang wajib dipelajari. Antara lain posisi badan saat start, menikung dan ketika melesat dalam kecepatan tinggi.

Sebagai contoh, ketika melaju di trek lurus posisi badan cenderung menunduk ke depan dan pinggul mundur ke belakang. Teknik ini dilakukan bukan tanpa sebab. Tujuannya agar tekanan angin dari depan dapat berkurang. Di samping itu posisi tersebut membuat motor menjadi lebih stabil.

cara-balap-motor-2

Selain posisi berkendara, jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan balap yang lengkap. Perlengkapan ini antara lain jaket balap, berikut pelindung tubuh, sarung tangan dan sepatu. Dengan perlengkapan balap yang memadai, pembalap dapat terhindar dari kemungkinan fatal ketika mengalami insiden.

Selanjutnya adalah teknik start. Untuk hal ini, posisi tubuh yang benar adalah menunduk dan membebankan berat tubuh ke depan motor dengan pinggul maju ke depan. Posisi ini bertujuan supaya ketika tuas gas dibuka motor tidak melonjak.

“Sarannya, tuas gas juga jangan dibuka terlalu penuh. Pastikan seirama dengan bukaan pedal kopling,” kata Abdul.

Teknik berikutnya adalah ketika berbelok. Ketika balapan di sirkuit, gunakan teknik lean-in. Teknik tersebut dipakai di arena tipe kecepatan tinggi dengan belokan tajam. Posisi tubuh harus mengendalikan penuh motor dan tidak melawan sudut kemiringan motor ketika menikung. Di samping itu posisi kepala harus melihat ke depan untuk mengantisipasi tikungan selanjutnya.

Sementara di arena offroad, teknik yang dipakai ketika berbelok adalah lean out. Teknik tersebut dilakukan dengan melawan kemiringan motor lantaran tikungan pendek, sempit dan menurun. Sebagai gambaran, posisi badan melawan arah motor. Hal tersebut dilakukan untuk menyeimbangkan laju kecepatan motor.

“Dimanapun kita ketika berkendara itu harus tahu teknik – tekniknya, terutama ketika balap, banyak hal yang harus dipelajari tidak bisa asal – asalan,” jelas Abdul.

Demikian adalah beberapa cara balap motor dengan benar. Yang perlu diingat, jika ingin balapan motor lakukan di tempat yang sudah disediakan. Jadikan balapan motor sebagai unjuk prestasi, bukan unjuk kebolehan di jalan raya yang mengganggu orang lain.

Source: bagaimana cara merunduk t, tehnik balapan motor di jalan raya, posisi berkendara motor balap top, Motor balap di makassar, mengapa posisi tubuh balap motor, kenapa posisi membalap motor merunduk, kenapa pembalap kalau di trek lurus posisinya merunduk, cara motor lebih kencang, Cara mengemudi mobil dam terek yang bener, cara membuat motor kencang, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply