Home Auto News Toyota Vios 2016 Indonesia Meluncur Secepatnya

Toyota Vios 2016 Indonesia Meluncur Secepatnya

0 309

Toyota Vios 2016 Indonesia, Di Negeri Jiran, Malaysia Toyota baru saja meluncurkan Vios terbaru. Bahkan model ini juga sudah resmi dipasarkan. Selain Malaysia, Toyota Vios versi terbaru juga digadang-gadang akan hadir di Tanah Air. Lalu kapan Toyota Astra Motor resmi merilis sedan tersebut?

“Secepatnya lah itu susah sih ngomongnya, secepatnya, nggak ada (6 bulan),” jawab Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), dikutip dari laman DetikOto.

Perlu diketahui, saat ini pasar sedan di Indonesia tampak lesu. Penjualannya tidak terlalu besar sehingga tidak sedikit merek yang berpikir dua kali sebelum menghadirkan sedan terbarunya di Tanah Air. Akan tetapi hal tersebut tak lantas membuat Toyota menahan diri untuk merilis sedan terbarunya. Warih menjelaskan, Toyota dalam hal ini tengah menyiapkan apabila nantinya pasar sedan sudah pulih kembali, pihaknya sudah siap.

“Sebenarnya pasar kita itu sekarang kan menggunakan volume yang terkoreksi konservatif. Dulu waktu kita ekonomi lebih maju perkiraannya 2020 kan hampir 1,5 lipat dan sebagainya sekarang kan ada sedikit perlambatan tapi kan industri otomotif nggak bisa short term gitu kita kan bicara long term. Kalau kita bicara short term pemikiran seperti itu nanti pada saat pasar tumbuh tertatih-tatih. Nah yang kita siapkan itu sebenernya pada saat pasar tumbuh kita siap mengisi market itu, jadi tidak bisa kita short term gitu,” ungkap Warih.

Salah satu pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura itu memprediksi bahwa pasar sedan masih memiliki kemungkinan untuk kembali bergairah. Sebab kemungkinan perekonomian membaik masih akan ada.

toyota-vios-2016-2

“Kalau sekarang sih masih pasar Indonesia masih dominate MPV, tapi nanti apakah sedan berhubungan langsung dengan situasi ekonomi negara kita itu kita lihat karena mungkin market berbeda-beda di suatu negara. Ada negara yang pendapatan perkapitanya sudah mencapai US$ 5.000-6.000 itu pasar sedannya meningkat, kita kan rata-ratanya masih 3.000-4.000 nanti tahun ke depannya kemungkinannya akan naik tapi apakah pada saat itu tren marketnya sama dengan negara lain ya itu kita harus evaluasi lagi,” jelas Warih.

Terlepas dari hal tersebut, mobil Toyota terbaru itu menawarkan sejumlah keunggulan yang bisa memikat calon konsumen. Salah satunya yang cukup terlihat jelas adalah diusungnya dapur pacu baru 2NR-FE 1.5 liter Dual VVT-i. Mesin tersebut dapat menyalurkan daya sebesar 107 dk dengan torsi puncak 140Nm.

Selain itu Toyota juga menawarkan transmisi baru, yakni CVT 7-percepatan. Transmisi ini menggantikan transmisi konvensional 4-percepatan. Dengan perpaduan tersebut, Toyota menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik pada Vios terbaru.

Di bagian eksterior, mobil ini mengusung desain yang lebih segar dan sporty. Sedan ini sudah dilengkapi Daytime Running LED yang terletak di bagian bumper. Sedangkan grille tampak mempertahankan desain dari model sebelumnya.

Beberapa fitur yang tersedia pada Vios terbaru adalah Lampu halogen reflektor, LED Daytime Running, visor pintu, pelek 15 inci, hingga foglamp (lampu kabut) belakang yang menjadi fitur standar.

Lalu untuk bagian interior terdapat keyless entry, tombol start/stop engine, head unit layar sentuh dengan konektivitas Bluetooth, berikut 6 speaker. Fitur-fitur ini dapat ditemui pada tipe terbawah.

Sedangkan untuk tipe di atasnya terdapat beberapa penambahan, seperti foglamp depan, kaca spion lipat elektrik dengan indikator, kursi belakang yang dapat dilipat 60:40, sandaran tangan di kursi belakang plus cup holder, Toyota Premium Security dan lain sebagainya.

Di negara tetangga, Toyota Vios terbaru dipasarkan dalam beberapa tipe. Antara lain tipe 1.5 J (Manual Transmission/MT), 1.5 J (Automatic Transmission/AT), 1.5 E (AT), 1.5 G (AT), 1.5 GX (AT) and 1.5 TRD Sportivo. Tipe GX adalah tipe baru yang sudah dilengkapi dengan body kit, lampu proyektor, grille krom gelap, pelek dua nada dan jok kulit dengan warna kombinasi black-and-tan. Sedangkan untuk tipe J, E, G dan TRD Sportivo mendapatkan sejumlah peningkatan.

Lalu apakah Toyota Vios 2016 Indonesia akan sama seperti yang ada di Malaysia? Kita nanti saja kelanjutannya dari TAM.

Source: toyotavios, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply