Home Motor Cara Membersihkan Ruang Bakar Motor Tanpa Bongkar Mesin

Cara Membersihkan Ruang Bakar Motor Tanpa Bongkar Mesin

0 223

Cara Membersihkan Ruang Bakar Motor, Motor dengan performa prima tentu akan menyenangkan hati sang pemilik. Namun hal tersebut tidak dapat tercapai jika pemiliknya sendiri malas melakukan perawatan pada kendaraannya.

Seperti yang diketahui bersama, perawatan motor merupakan agenda rutin yang sebenarnya harus dilakukan oleh pemilik motor. Akan tetapi hal in sering kali dianggap sepele bahkan diabaikan oleh banyak orang. Alhasil performa motor menurun dan tak jarang mengalami permasalahan.

Perlu disadari, seiring penggunaan dalam jangka waktu lama motor membutuhkan perawatan. Ada beberapa bagian yang perlu diperiksa ataupun dibersihkan sehingga dapat bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu komponen motor yang membutuhkan perawatan adalah ruang bakar.

Komponen yang terletak pada bagian kepala blok silinder ini perlu dibersihkan dalam jangka waktu tertentu. Pembersihan dilakukan untuk menghilangkan kerak karbon yang melekat. Dengan begitu saluran pembakaran dapat bekerja dengan optimal.

Salah satu cara untuk membersihkan ruang bakar motor adalah dengan melepas silinder heat. Akan tetapi langkah tersebut membutuhkan waktu dan sedikit rumit. Selain cara tersebut, ada lagi cara alternatif yang lebih mudah, yaitu dengan menyemprotkan cairan engine cleaner. Cara ini tidak mengharuskan pemilik untuk melepas silinder head. Meski begitu dapat dipakai untuk meminimalisir penimbunan kerak pada permukaan silinder, klep dan kepala piston.

“Cairan engine cleaner berfungsi untuk melunturkan kerak karbon, jadi tinggal disemprot dari lubang busi. Setelah itu diamkan beberapa saat lalu baru hidupkan lagi mesinnya,” ujar Slamet Pamuji dari Selta Motor, dilansir dari Otomania.

Ia mengatakan, cara tersebut dapat dilakukan untuk mengurangi penumpukan deposit karbon yang dapat menyebabkan pembakaran tidak maksimal. Penyemprotan engine cleaner diklaim tidak mengganggu fungsi kerja busi. Justru dapat mengurangi penumpukan kotoran pada kepala busi yang berada di ruang pembakaran.

Saat mesin motor dihidupkan, beberapa saat kemudian akan keluar asap putih dari knalpot. Hal tersebut menandakan bahwa karbon yang melekat terbakar bersama cairan tersebut. Sesudah asap hilang, ulangi kembali penyemprotan supaya hasil lebih maksimal.

“Meski bisa membersihkan, tapi kalau mau maksimal memang harus buka kepala silinder. Karena selain leluasa juga bisa sekligus melakukan skir klep agar pengapian kembali optimal,” saran Slamet.

Source: cara membersihkan ruang bakar tanpa bongkar mesin, cara membersihkan kerak pada mesin motor, fungsi klep, cara membuka kepala silinder pada mobil, cara merawat motor lama tidak dipakai, fungsi dan kegunaan pengapian pada mesin mobil, fungsi dari komponen cylinder head, fungsi kepala silinder, harga blok seher mio, Harga blok seher mio yg bekas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply