Home Mobil 5 Tips Membeli Mobil Baru, Ini Tahapannya

5 Tips Membeli Mobil Baru, Ini Tahapannya

0 221

Tips Membeli Mobil Baru, Memiliki mobil merupakan dambaan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Jika sudah memiliki cukup dana, tentu Anda akan datang ke dealer dan membeli mobil yang Anda inginkan. Sedangkan untuk yang belum mampu membeli mobil secara tunai, kredit kerap dijadikan solusi alternatif untuk mendapat mobil baru.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa hal yang patut diperhatikan jika Anda hendak membeli mobil baru. Beberapa diantaranya adalah memahami kebutuhan Anda akan mobil, melakukan riset seputar mobil yang dijual di Tanah Air, melihat mobil yang akan dibeli dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tips membeli mobil baru, sebagaimana dirangkum dari Otosia:

Mengetahui kebutuhan

Seringkali seseorang membeli mobil berdasarkan keinginan. Padahal mobil yang diinginkan belum tentu sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu penting rasanya untuk mempelajari kebutuhan Anda sebelum membeli. Jangan sampai Anda tergiur dengan mobil yang memiliki beragam fitur dan teknologi menarik yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.

Ada beberapa hal yang bisa Anda tanyakan pada diri sendiri. Contohnya adalah seberapa besar kapasitas kabin mobil yang Anda butuhkan? Lalu apakah Anda butuh mobil berdimensi kompak atau besar? Seperti apa performa mesin mobil yang cocok dengan kebutuhan Anda?

Beberapa contoh di atas bisa Anda jadikan acuan dalam membeli mobil baru. Anda juga bisa mempertimbangkan tujuan dari pembelian mobil tersebut. Apabila Anda sering melalui jalanan yang tidak rata, SUV bisa menjadi pilihannya. Namun jika gemar berpergian bersama keluarga, MPV adalah pilihan yang tepat. Sedangkan untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan dengan lalu lintas yang pada, maka city car bisa menjadi pertimbangan.

Riset

Sesudah selesai menentukan mobil yang sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu lebih jauh seputar mobil tersebut. Anda dapat melakukannya dengan menelusuri situs resmi merek-merek mobil yang ada di Indonesia. Biasanya situs resmi juga menyediakan brosur atau spesifikasi model yang dapat dilihat maupun diunduh.

Setelah itu bandingkan dengan model lain yang sejenis. Pertimbangkan berapa harganya, bagaimana fitur dan teknologinya, seperti apa performanya, seberapa irit konsumsi mesin mobil tersebut dan lain sebagainya. Pertimbangkan dengan cermat agar Anda memperoleh model yang paling sesuai dengan kebutuhan.

tips-beli-mobil-baru-2

Melihat mobil secara langsung

Apabila Anda sudah menemui model yang Anda butuhkan, berikutnya adalah melihat mobil tersebut. Tujuannya agar Anda bisa mengetahui seperti apa mobil itu dan bagaimana kondisi kendaraan tersebut sebenarnya.

Untuk langkah ini, Anda dapat berkunjung ke dealer terdekat. Anda juga bisa mengunjungi pameran otomotif yang biasa diselenggarakan setiap tahun. Setiap opsi memiliki kelebihan masing-masing. Sebagai contoh, untuk opsi pertama Anda dapat mengenal mobil lebih dekat dan mengetahui seperti apa spesifikasi dan fitur yang ditawarkan secara mendalam.

Sedangkan untuk opsi kedua merupakan tempat berbagai merek unjuk diri dan memamerkan sederet model yang dijual di Indonesia. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam melihat tanpa perlu pergi ke dealer masing-masing merek. Di samping itu biasanya setiap merek menawarkan promo atau diskon menarik yang dapat Anda manfaatkan.

Test drive

Jangan terburu-buru untuk membeli mobil incaran, alangkah baiknya untuk melakukan uji jalan atau test drive. Setiap pihak penjual biasanya menyediakan unit untuk diuji apabila Anda serius membeli mobil tersebut.

Lokasi pengujian umumnya berada di lingkungan showroom. Namun untuk pameran otomotif, biasanya ada tempat khusus yang lebih memadai karena terdapat beberapa obstacle yang sudah disesuaikan dengan karakter kendaraan tersebut. Beberapa merek juga sering mengadakan pameran mandiri di tempat-tempat umum dengan obstacle yang menarik. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk mempelajari lebih dalam karakter dari mobil incaran.

Financing

Jika mobil incaran dirasa sudah sesuai dengan kebutuhan, maka langkah berikutnya adalah pembayaran. Anda dapat membeli mobil secara kredit ataupun tunai.

Dalam hal ini, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal ketika memilih pembayaran secara kredit. Biasanya setiap dealer ataupun tenaga penjualan mempunyai referensi perusahaan pembiayaan atau leasing yang berbeda. Sementara setiap leasing juga memilki layanan pembiayaan, suku bunga, besaran uang muka dan fasilitas yang berbeda.

Pertimbangkan hal tersebut dengan matang. Jangan sampai keputusan Anda justru memberatkan Anda di kemudian hari.

Demikian adalah beberapa tips membeli mobil baru yang dapat Anda simak.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply