Home Daihatsu 9 Permasalahan Toyota Calya-Sigra 2016 dan Solusinya

9 Permasalahan Toyota Calya-Sigra 2016 dan Solusinya

Permasalahan Toyota Calya-Sigra 2016, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah resmi mewarnai jagat otomotif di Tanah Air. Penjualannya pun terbilang cukup sukses. Wajar saja, sebab fitur, spesifikasi dan harga yang ditawarkan kedua pihak sudah cukup untuk menghipnotis calon konsumen.

Namun bukan berarti duo LCGC 7-penumpang ini bebas dari permasalahan. Beberapa waktu lalu sempat ada konsumen yang mengeluhkan permasalahan pada Calya maupun Sigra. Hal tersebut juga diakui oleh ketua Calya Sigra Community (CALSIG).

“Banyak keluhan yang kami dengar, tapi juga jangan lupa bahwa ke-2 produk tersebut irit bahan bakar. Tentunya dengan pemakaian yang enggak asal bejek pedal gas,” ujar Ade Satria Perdana.

Lantas apa saja permasalahan pada MPV murah Toyota dan Daihatsu itu? Berikut adalah penjabaran mengenai permasalahan yang dijumpai pada Calya dan Sigra, berikut cara mengatasinya, sebagaimana dirangkum dari Otomotifnet:

Kaca depan berembun

Permasalahan pertama yang ditemui adalah kaca depan yang berembun. Hal ini diungkapkan oleh Witna Permadi, pemilik Calya tipe G M/T.

“Sisi luar kaca depan berembun, terutama pada saat pemakaian malam hari atau juga ketika hujan. Jadi mengganggu konsentrasi dan pandangan,” kata dia.

Solusi

Terjadinya permasalahan di atas lantaran suhu di dalam kabin lebih dingin. Tidak menutup kemungkinan embun muncul akibat hembusan udara dingin dari saluran AC menuju fitur air recirculation. Kemudian ada sebagian angin yang mengenai kaca depan.

“Bila embun itu muncul, sebaiknya mengatur kembali suhu ruangan atau dibuat enggak terlalu dingin,” jelas M. Chairul Isnain, mekanik Daihatsu di Jakarta Selatan. Ia menambahkan, pemilik juga dapat memainkan tuas sirkulasi. “Tapi jangan lama-lama, takutnya malah debu dari luar masuk ke kabin,” ungkap pria yang memiliki sapaan karib Irul.

daihatsu-sigra-indonesia-2016-3

Mesin serasa ‘pincang’

Ade, atau yang akrab disapa Habibie mengatakan bahwa dirinya merasakan ada sesuatu yang aneh di bagian mesin. “Saat nyala seperti pincang,” ucapnya.

Solusi

Usut punya usut, penyebab permasalahan di atas adalah koil nomor 2 yang mati. “Barang elektronik itu terdiri dari banyak komponen dan oleh karenanya, enggak ada yang bisa menganalisa kapan game over. Tapi kalau memang dirasakan mesin pincang atau secara fisik terlihat goyang saat kondisi idle, lebih baik langsung bawa ke bengkel resmi terdekat,” terang Irul.

Suara tek-tek pada setir

Ada pemilik yang mendengar bunyi tek-tek pada setir ketika digunakan untuk belok patah. Hal ini bisa terjadi lantaran sistemnya belum menggunakan hidrolik.

toyota-calya-indonesia-2016-1

Solusi

Setiap kendaraan memiliki batas putaran kemudi yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Misalnya, pada Toyota Avanza putaran kemudinya antara 2-2,5 putaran. Jika lebih dari itu dapat menyebabkan gesekan dengan sepatbor bagian dalam. Untuk kasus lain dapat mengakibatkan timbulnya bunyi.

Sulit mengunci jok belakang

Permasalahan lainnya adalah sulit untuk mengunci jok belakang. “Untuk mengunci jok belakang saat difungsikan, butuh tenaga ekstra alias mesti dibanting,” kata Imron Rosidi.

Solusi

Untuk permasalahan tersebut, Irul memaparkan kemungkinan besar terjadi lantaran ada tambahan karpet di atas karpet dasarnya. Hal inilah yang membuat jarak pengunci dengan pengaitnya bertambah.

toyota-calya-indonesia-2016-2

Perlu diketahui, pengait Calya dan Sigra berbeda dengan Avanza dan Xenia. Alasannya Avanza dan Xenia memiliki baut untuk mengatur tinggi rendah. Apabila tidak ingin melepas karpet, pemilik dapat melepas stopper karet.

“Stopper ini ada 2 buah dan terletak di bagian bawah rangka jok,” tutur Habibie.

Sulit pindah gigi

Ada pemilik yang mengeluhkan sulit untuk pindah percepatan, baik ketika hendak menaikkan atau menurunkan gigi.

daihatsu-sigra-indonesia-2016-1

Solusi

Kesulitan memindahkan gigi pada transmisi manual terjadi karena jarak main pedal koping terlalu dekat. “Saat kopling enggak bebas 100% atau masih dalam kondisi berputar, sudah pasti akan susah melakukan perpindahan gigi. Calya menggunakan system kabel di koplingnya, jadi tinggal setel saja jarak mainnya,” saran Helmi Adanm, dari bengkel resmi Astra Toyota di Jaksel.

Pengaturan tinggi rendahnya pedal kopling berada di belakang radiator bagian bawah. Caranya adalah dengan memutar memakai tangan. Putar ke arah kiri untuk memperpendek jarak main pedal atau ke arah kanan untuk memperpanjang.

Slang buangan AC

Slang buangan AC pada Sigra dan Calya mengarah ke bagian arm depan. Hal tersebut dinilai berpotensi menimbulkan karat pada suatu saat.

Solusi

Irul membenarkan bahwa slang buangan AC mengarah ke arm. Namun ia menyampaikan bahwa sebenarnya tidak masalah. “Bahkan dalam jangka panjang juga enggak menimbulkan karat. Tapi memang kalau cat di arm mengelupas dan terkena air terus menerus, lama-lama bisa timbul karat. Tambahin slang, kalau memang itu dirasa perlu,” paparnya.

Warna atap belang

Warna atap bagian luar mobil murah Toyota-Daihatsu ini dikeluhkan terlihat belang sesudah ditutup dengan cover bodi.

Solusi

Permasalahan belang pada atap diakibatkan oleh penggunaan cover bodi. “Bukan pernisnya mengelupas, hanya bahan cover-nya yang menempel dan bikin terlihat kusam. Kalau sudah seperti ini, penyelesaiannya hanya dengan cara poles bodi,” ungkap Tomi Gunawan, seorang airbrusher.

Cara penggunaan yang salah juga dapat mengakibatkan atap terlihat kusam. Sebagai contoh, ketika masih dalam kondisi basah langsung ditutup cover dan di parkir di ruang terbuka atau tanpa atap. Hal terebut dapat menyebabkan kusam bercak setelah air mengering karena sinar matahari. Penyebab lainnya adalah karena ditutup cover dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat membuat permukaan atap mengembun.

“Agar enggak kusam saat bodi kendaraan ditutup cover, maka pastikan permukaan dalam kondisi kering. Usahakan juga parkir di tempat yang tertutup. Kalau terpaksa, maka harus sering buka tutup cover bodi agar kena angin dan kalau berembun segera dikeringkan,” kata Tomi.

Tangki bensin bocor

Permasalahan berikutnya terdapat pada tangki bahan bakar. Tangki yang terbuat dari plastik tersebut mengalami bocor halus lantaran terbentur polisi tidur. Beberapa waktu lalu sempat hangat dibicarakan bahwa bagian belakang Calya-Sigra terlihat amblas setelah diisi penuh 7 penumpang. Hal tersebut menyebabkan jarak tangki dengan tanah menjadi terlalu dekat.

daihatsu-sigra-indonesia-2016-2

Solusi

Ada satu solusi untuk mengatasi permasalahan tangki bocor itu. Yakni dengan menambahkan pelat pelindung. Hal ini bisa digunakan untuk pemilik yang sering melintasi jalanan rusak maupun sering membawa 7 penumpang di dalam mobil.

Sebagai catatan, agar Calya dan Sigra tidak terlihat ‘amblas’, para pemilik jangan mengisi mobil melebihi bata maksimal muatan. Kedua MPV murah ini mempunyai berat 1 ton, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 1,5 ton. Dengan kata lain, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra hanya boleh diisi penumpang maupun barang hingga 500 kg. Jangan sampai lebih dari angka tersebut agar tidak terjadi permasalahan di atas.

Overheat mesin

“Ada juga yang mengindikasikan masalah overheat pada mesin. Akibat ada angin palsu di dalam radiator,” ungkap Habibie lagi.

Solusi

Angin palsu pada radiator dapat terjadi karena adanya kesalahan prosedur ketika melakukan pengisian air radiator. Akibatnya temperatur mesin menjadi naik. Untuk membuang angin palsu di dalam radiator, lakukan pengisian ulang air radiator tapa harus menguras yang sudah ada.

“Sebelumnya pastikan dulu kipas radiator berputar sebelum melakukan pengisian. Itu mengindikasikan air sudah bersirkulasi,” kata Helmi.

Di samping itu lakukan pengisian bersamaan dengan dibukanya tutup bleeding udara dan pastikan air radiator keluar. Biasanya tutup bleeding udara menggunakan model kupu-kupu.

Demikian adalah beberapa permasalahan Toyota Calya 2016 dan Daihatsu Sigra beserta cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian.

Source: masalah sigra, toyota calya amblas, solusi per calya, sigra amblas, masalah pada toyota calya, calya amblas, Shock cayla ambles, mengatasi calya amblas, solusi calya amblas, Sigra dan masalahnya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply