Home Auto News Kelebihan Yamaha MT-09 Terbaru, Apa Saja?

Kelebihan Yamaha MT-09 Terbaru, Apa Saja?

Yamaha MT-09 Terbaru, Ajang Intermot di Jerman menjadi pilihan beberapa produsen sepeda motor untuk merilis produk terbarunya. Untuk merek asal Jepang, setidaknya ada 4 merek yang merilis motor baru di pameran tersebut. Antara lain Suzuki, Honda, Kawasaki dan Yamaha. Untuk pabrikan berlambang tiga garpu tala, produk terbaru yang dirilis adalah MT-09.

Motor sport tanpa fairing ini hadir dengan mengusung konsep ‘The Dark Side of Japan Never Sleeps’. Ada beberapa keunggulan yang dibawa MT-09 terbaru, baik dari segi performa maupun desain yang terbilang cukup unik. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan Yamaha MT-09.

Tampilan depan

Melihat tampilan depan, bisa dipastikan mata langsung tertuju pada bagian lampu. Yamaha mendesainnya dengan dua lampu yang lebih lebar dengan tampilan yang berani beda. Lampu yang disebut new twin-eye LED headlights ini mengusung desain baru yang lebih dinamis.

Walaupun desainnya sedikit terinspirasi dari milik MT-10, tampilannya terlihat menarik dan agresif dengan menonjolkan kekuatan yang kompak dan ringan. Di samping itu motor baru Yamaha ini juga dibekali dengan tabung garpu suspensi yang lebih lebar. Alhasil kesan padat terlihat jelas pada motor ini.

Yamaha juga menyematkan sepasang sayap yang terlihat tajam dan dirancang mengikuti kontur perakitan lampu sehingga memperkuat kesan baru yang karismatik. Tersedia pula instrumen multi fungsi yang berada di stang kemudi sehingga dapat memberikan informasi kepada pengendara.

Desain

Secara keseluruhan motor Yamaha ini memiliki desain yang kompak. Dengan desain seperti ini, motor naked tersebut terlihat agresif dan atletik. Melirik subframe-nya, Yamaha membuatnya lebih miring ke atas hingga 30 mm. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesan ringan dan lincah.

yamaha-mt-09-2017-2

Meskipun mendapat sejumlah pembaruan, Yamaha tetap mempertahankan ciri khas dari MT-09. Terlihat dari bagian buritan, di mana Yamaha tetap mendesain tebal bagian ekor. Disertakan pula lampu belakang baru terintegrasi 3-dimensi LED, yang menampilkan desain apex kembar yang membentuk huruf ‘M’ jika dilihat dari atas.

Hal baru lainnya terdapat pada rancangan jok baru yang dibuat lebih datar dan lebih tinggi hingga 5 mm dibanding model lama. Yamaha juga merancangnya sedemikian rupa sehingga pengendara dapat menahan posisi duduknya ketika melakukan pengereman, menikung maupun saat memacu dalam kecepatan tinggi.

Yamaha MT-09 juga terlihat memikat berkat desainnya yang lebih tajam dari model sebelumnya. Dihadirkan pula sisi sirip baru yang dipasang di radiator. Sedangkan untuk tangki bahan bakar dirancang lebih lebar. Selain ekor yang pendek, Yamaha juga menyematkan all new swingarm-mounted rear fender. Seluruh bagian tersebut dirancang dengan menggunakan bahan alumunium ringan dengan desain terbaru.

Fitur

Melirik fiturnya, Yamaha MT-09 terbaru mendapatkan fitur baru. Fitur tersebut adalah new Assist & Slipper clutch atau sistem kopling baru. Sistem tersebut diklaim dapat meningkatkan pengalaman berkendara sehingga dapat memenuhi seluruh kebutuhan pengendara.

Kopling tersebut dirancang secara khusus supaya assist and slipper cams lebih optimal. Sistem tersebut membuat motor nyaman dikendarai pertama kali atau ketika berakselerasi.

yamaha-mt-09-2017-4

Tidak hanya itu, fitur tersebut juga membantu memastikan kinerja sasis stabil selama pengereman walaupun membawa mesin yang berat. Kemampuan lainnya adalah meminimalkan efek mengganggu yang disebabkan tingginya tingkat torsi dan pengereman mesin yang berlebihan.

Sistem kopling baru itu memberikan peningkatan kontrol dan karakteristik penanganan yang lebih lembut saat penurunan gigi secara agresif dan bersama tuas beban yang lebih ringan 20%. Termasuk pula sistem Quick Shift System (QSS) yang ada pada MT-09 ini. Sistem tersebut memungkinkan pengendara dapat mengoperasikan sistem pergantian gigi lebih cepat dan halus. Sehingga pengalaman berkendara semakin nyaman.

Suspensi

Untuk bagian suspensi, naked bike ini mengandalkan suspensi depan dengan spesifikasi yang lebih tinggi 41 mm. Suspensi tersebut mempunyai daya redam yang lebih baik. Di samping itu kompresi dan rebound mekanisme diletakkan di garpu terpisah tabung laju aliran minyak hidrolik dapat dioptimalkan. Dengan begitu dapat memberikan penyesuaian yang lebih besar dan kinerja yang lebih konsisten.

yamaha-mt-09-2017-3

Mesin

Melirik sektor pacu, Yamaha MT-09 2017 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 850 cc 3-silinder. Mesin berkapasitas besar serta desain yang kompak dan ringan membuat motor ini dapat melesat lebih kencang.

Salah satu daya tarik dari sektor mesin, Yamaha sudah melengkapinya dengan forged piston dan offset silinder. Di samping itu ada pula teknologi crossplane khusus yang membuat MT-09 dengan torsi yang lebih besar dan linear. Mesin motor ini juga sudah memenuhi standar emisi Euro4.

Demikian adalah kelebihan Yamaha MT-09 terbaru. Apakah hyper naked Yamaha ini juga akan dihadirkan di Indonesia?

Source: agar motor baru menjadi kencang, tampilan mt09 2017, Agar motor terlihat besar dan tinggi, apa fungsi kopling, berita mt 09 2017, berita terbaru yamaha mt09, harga motor terbaru 2017, kelebihan yamaha MT09, produk motor baru, superbike terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply