Home Auto News 12 Fitur Chevrolet Trax Indonesia 2016

12 Fitur Chevrolet Trax Indonesia 2016

0 290

Chevrolet Trax Indonesia, Chevrolet Trax sudah dipasarkan di Indonesia dan meramaikan pasar crossover bersama para rivalnya. Menghadapi rival dari Jepang bukanlah perkara mudah. Hal ini juga disadari oleh PT General Motors Indonesia. Oleh karenanya Trax hadir dengan beberapa keunggulan yang membuatnya berbeda dari kompetitor.

Di Indonesia, Chevrolet Trax memiliki dua varian saja, yakni LT dan LTZ. Keduanya dipersenjatai dengan mesin 1.4 liter turbo yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis. Meski tampilan dan mesin serupa, kedua varian Trax tetap memiliki perbedaan yang terletak pada kelengkapan fiturnya.

Dengan perbedaan fitur tersebut, harga varian LT dan LTZ juga berbeda. Chevrolet Trax tipe LTZ yang menjadi varian tertinggi dijual dengan harga Rp 269 juta on the road Jakarta. Lebih mahal Rp 24 juta dari tipe LT. Lalu apa saja fitur yang ditawarkan mobil crossover asal Negeri Paman Sam ini?

Di bawah ini adalah fitur-fitur Chevrolet Trax 2016 di Indonesia, yang dilansir dari Oto:

1. Pengatur ketinggian lampu

chevrolet-trax-2016-indonesia-4

Fitur pertama yang bisa ditemui pada mobil ini adalah pengatur ketinggian lampu. Fungsinya adalah untuk mengatur arah ketinggian sorot lampu utama pada Trax. Dengan fitur ini, pengemudi akan mendapat kemudahan untuk mengatur ketinggian lampu tanpa perlu membuka kap mesin dan mengaturnya secara manual. Terdapat 3 level ketinggian yang dapat dipilih sesuai kebutuhan pengemudi.

2. Auto Dimming pada spion tengah

Spion tengah Chevrolet Trax juga menyimpan fitur yang sangat menarik dan berguna. Spion ini sudah dilengkapi dengan cermin elektromagnetik yang dapat membaca intensitas cahaya dari belakang melalui sensor cahaya. Ketika paparan lampu dari kendaraan di belakang mobil dirasa mengganggu, maka spion akan meredupkan pantulan pada cermin. Menariknya, Anda tidak akan menjumpai tombol untuk mengaktifkan fitur tersebut. Dengan kata lain fitur ini akan aktif setiap saat.

3. Pemanas kabin

Mungkin sebagian orang masih belum familiar dengan fitur yang satu ini. Namun fitur pemanas kabin sering tersedia untuk mobil impor yang dipasarkan di Indonesia. Fitur ini biasanya ditawarkan untuk mobil yang dijual di negara dengan 4 musim. Meskipun hanya memiliki 2 musim, bukan berarti fitur Chevrolet Trax yang satu ini tidak berguna.

Fitur ini akan sangat bermanfaat jika pemilik sedang berwisata ke dataran tinggi yang memiliki suhu lebih dingin. Dengan demikian Anda tidak perlu takut kedinginan selama perjalanan.

4. Pemanas spion

Fitur ini masih jarang dijumpai pada mobil baru yang dipasarkan di Indonesia. Fungsinya adalah untuk mencegah pengembunan pada kaca spion mobil. Seperti yang diketahui, butiran air yang melekat pada spion tentu mengganggu penglihatan kita ketika sedang mengemudi. Terlebih lagi ketika hujan deras sedang turun. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu membersihkannya secara manual.

5. Foglamp belakang

chevrolet-trax-2016-indonesia-3

Foglamp atau lampu kabut di bagian belakang sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing. Sebab Toyota Vios generasi kedua juga memiliki sepasang lampu ini di bagian bawah bumper. Pada sedan itu lampu ini menyala bersamaan dengan foglamp depan. Sayangnya sebagian orang menyalahgunakan lampu tersebut dengan membiarkannya terus menyala bahkan saat tidak ada hujan maupun kabut.

Anda juga dapat menjumpai fitur lampu kabut ini pada Chevrolet Trax. Perbedaannya, lampu kabut mobil ini memiliki tombol aktivasi independen. Fitur ini dapat memberikan pencahayaan yang lebih baik ke arah belakang mobil supaya kendaraan lain di belakang dapat mengetahui posisi kendaraan kita. Foglamp belakang sangat bermanfaat ketika visibilitas menurun karena hujan ataupun kabut.

6. Wiper parkir

Sama seperti beberapa mobil yang dijual di Tanah Air, Trax juga memiliki fitur wiper belakang. Yang cukup menarik wiper ini mempunyai fitur aktivasi otomatis ketika sedang diparkir. Saat kamera belakang aktif, wiper akan membersihkan kaca belakang dari air dan kotoran untuk menjamin pandangan pengemudi ketika parkir tetap optimal.

7. Lampu otomatis

Fitur yang satu ini bisa dikatakan menjadi salah satu fitur penting dari crossover Chevrolet itu. Mungkin Anda pernah menjumpai kendaraan yang lupa menghidupkan lampu utama ketika keluar dari tempat ramai. Dengan fitur ini, kendaraan akan menjaga pencahayaan yang paling optimal. Berbasis sensor cahaya yang ada di balik spion tengah, sistem akan membaca cahaya yang diterima kaca dan mengaktifkan maupun menonaktifkan lampu sesuai dengan intensitas cahaya yang diterimanya.

8. Roof rail

Fitur ini akan sangat bermanfaat untuk pemilik yang sering melakukan perjalanan luar kota bersama keluarga, termasuk ketika hendak mudik. Chevrolet Trax telah memiliki railing yang terintegrasi dengan bagian atap. Dengan begitu Anda dapat membawa barang lebih banyak ketika berpergian. Di sisi lain Anda tidak perlu memodifikasi atap untuk memasang roof box atau roof rack.

9. Tiptronik

Tuas transmisi otomatis milik Cherolet Trax tidak ada logo plus minus pada huruf yang terletak pada penunjuk posisi transmisi. Biasanya keberadaan tanpa plus minus di bagian tersebut menjadi penunjuk kemampuan transmisi otomatis untuk berpindah secara manual.

Trax juga memiliki fitur tiptronik yang memungkinkan terjadinya perpindahan gigi dengan perintah pengemudi. Untuk mengoperasikannya cukup memindahkan tuas transmisi ke posisi M.  setelah itu naik atau turunkan melalui tombol yang ada di kepala tuas transmisi.

10. Torsi besar

Chevrolet Trax Indonesia 2016 2

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mobil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.364 cc. jika dilihat sepintas kapasitas mesin Trax cukup kecil untuk ukuran sebuah crossover. Lain halnya dengan model lain yang mengandalkan mesin 1,5 liter, 1,8 liter atau bahkan 2,0 liter. Crossover Chevrolet memang memiliki mesin yang kecil.

Akan tetapi jangan meremehkan tenaga yang dikeluarkan. Pasalnya mesin tersebut dapat mengeluarkan daya hingga 140 hp. Menariknya lagi torsi mesin tersebut dapat mencapai 200 Nm, atau lebih tinggi dari mesin Honda HR-V 1,8 liter. Tenaga mesin Trax yang besar ini dikarenakan hadirnya perangkat turbocharged yang dapat menyajikan torsi optimal sejak putaran rendah, yakni mulai 1.850 rpm.

11. SIRI Eyes Free

Chevrolet Trax semakin terlihat canggih dengan hadirnya sistem SIRI. Fitur ini memungkinkan pengemudi mengontrol kendali smartphone iPhone melalui tombol di kemudi Trax. Dengan fitur tersebut pengemudi dapat mengendalikan smartphone melalui suara. Untuk mengaktifkannya hanya perlu menyentuh di lingkar kemudi saja.

chevrolet-trax-2016-indonesia-2

Koneksi fitur tersebut dengan smartphone iPhone dapat dilakukan melalui Bluetooth. Untuk mengaktifkannya, tekan tombol Voice Command dan SIRI akan hadir menemani perjalanan Anda. Seluruh perintah melalui SIRI Eyes Free tidak perlu dilakukan dengan mengaktifkan layar smartphone terlebih dahulu. Dengan begitu Anda tidak perlu meletakkan ponsel pintar Anda di atas dashboard. Cukup membiarkan SIRI menginformasikan segala perintah Anda melalui audio.

12. Electronic Stability Control (ESC) dan Traction Control System (TCS)

Tombol untuk mengaktifkan dua sistem ini dijadikan satu di dalam kabin. Dengan tombol ini pengemudi dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur penjaga kestabilan dan traksi kendaraan. Apabila ditekan sekali, TSC akan nonaktif dan ditandai dengan adanya logo TC di bagian panel instrumen.

Di saat seperti itu, traksi roda tidak akan dibatasi oleh komputer dan roda dapat berputar maksimal dalam situasi terjebak. Saat TC nonaktif dan tombol kembali ditekan selama 5 detik, maka logo ESC akan muncul di panel instrumen. Saat fitur ESC mati, pengemudi dapat mengeksplorasi handling kendaraan hingga batas terliar. Namun untuk mencobanya pastikan Anda berada di jalan yang aman.

Demikian adalah 12 fitur Chevrolet Trax Indonesia. Sekilas harga Chevrolet Trax memang cukup tinggi. Namun dengan beragam tawaran fitur yang ada, harga yang dibayarkan akan dibayar lunas. Di samping itu mobil ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mengutamakan fitur dan kepraktisan selama berkendara.

Source: harga chevrolet, chevrolet, mobil suv, harga mobil bekas 30 jt kebawah, tipe hp canggih di indo, tentang chevrolet indonesia 2016, suv terbaru di indonesia, konsep mobil baru 2016 chevrolet, 12 fitur chevrolet, chevy trax 2016 indonesia, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply