Home Motor Tips Ganti Ban Motor Sport Lebih Lebar, Jangan Asal

Tips Ganti Ban Motor Sport Lebih Lebar, Jangan Asal

0 318

Tips Ganti Ban Motor, Pemilik kendaraan roda dua kerap melakukan modifikasi sebagai siasat mempermanis tampilan motor. Salah satu yang banyak dilakukan pemilik sepeda motor adalah mengganti ban dengan ukuran yang lebih lebar. Tren ini cukup banyak digemari oleh bikers di Tanah Air. Biasanya pemilik motor sport mengganti ban motor, belakang maupun depan agar motor terlihat lebih gagah.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa ada rumusan tertentu saat ingin mengganti ban motor. Penggantian tidak boleh dilakukan sembarangan agar moor tetap aman dan nyaman untuk dikendarai. Anggapan bahwa semakin lebar tapak maka daya cengkeram semakin kuat adalah benar. Akan tetapi hal tersebut harus diimbangi dengan pemakaian pelek yang sesuai.

Hal ini diungkapkan oleh Andre Halomoan, pemilik bengkel aksesori di kawasan Jakarta Timur, sebagaimana dikutip dari KompasOtomotif. ”Banyak yang mengganti ban saja tanpa diimbangi dengan peleknya. Kalau ukuran lebarnya ekstrem, pelek harus diganti dengan yang lebih besar (lebar) agar ban tidak mengotak,” jelasnya.

Andre mengatakan, ketika ban lebar dipaksakan pada pelek standar, maka permukaan ban tidak menyentuh aspal secara maksimal. Kemungkinan hanya bagian tengah saja yang menapak aspal. Jika seperti itu, daya cengkeram akan berkurang drastis.

Berikut adalah tips mengganti ban motor sport lebih lebar agar tetap aman:

  1. Perhatikan selisih ideal antara lebar ban dan pelek. Umumnya pemilik diperbolehkan menaikkan ukuran hingga dua tingkat. Sebagai contoh, jika pelek standar memiliki lebar 2,75 inci, maka ban standarnya 3 inci. Maka pemilik motor hanya boleh menggantinya dengan ukuran 3,25 inci atau 100/90. Contoh lain, apabila pelek 3,25 inci, ukuran ban maksimalnya adalah 4 inci atau setara 120/70.
  2. Apabila ukuran ban dan pelek sudah pas, jangan lupa untuk mengimbangi lebar lengan ayun motor. Jika bisa, lebih baik jangan memodifikasi lengan ayun standar. Ganti dengan lengan ayun yang lebih lebar. Anda juga dapat mencari limbah moge jika ingin mendapat harga murah.
  3. Perbesar gear belakang (sprocket) untuk menambah daya penarik roda yang sudah lebih lebar.
  4. Amati jarak bibir terluar ban dengan rantai. Jangan sampai ban sudah masuk ke lengan ayun, namun menempel di rantai. Untuk itu ukur terlebih dahulu jaraknya sebelum menentukan ukuran ban yang akan digunakan.

Source: Harga Ban Besar Motor, ganti ban, ban motor, tren pelek mobil 2016, permasalahan pada ninja mono, pelek lebar roda 2, motor sport roda 3, jual beli velg lebar bekas sepeda motor, harga ban motor, ganti ban motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply