Home Auto News Hasil F1 Jepang 2016, Duo Mercedes Raih Podium

Hasil F1 Jepang 2016, Duo Mercedes Raih Podium

0 136

Hasil F1 Jepang 2016, Nico Rosberg kembali meraih podium teratas GP Jepang di Suzuka, Minggu (9/10/2016). Ini merupakan kemenangan kesembilan Rosberg pada F1 2016, sekaligus menjadi kemenangan pertamanya di Suzuka.

Pembalap asal Jerman itu berhasil tampil dominan di GP Jepang. Ia juga selalu menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan dan kualifikasi. Hal inilah yang membuatnya dengan mudah meraih kemenangan di seri ke-17.

Faktor lain yang membuatnya finish terdepan adalah start buruk yang menimpa Lewis Hamilton. Start di posisi kedua, rekan satu tim Rosberg ini mengalami sedikit permasalahan. Mobil Hamilton terlalu banyak spin (ban berputar di tempat). Hal ini membuat Hamilton disalip oleh banyak pembalap.

Alhasil Hamilton turun ke posisi delapan pada tikungan pertama. Namun itu tidak berlangsung lama, sebab ia mencoba untuk tampil sebaik mungkin dan mendahului pembalap di depannya. Perlahan Hamilton memperbaiki posisinya dan berhadapan dengan Max Verstappen untuk memperebutkan posisi kedua. Namun usaha Hamilton untuk menggeser Verstappen tidak berhasil hingga lap terakhir.

Saat jalannya pertandingan, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel mengeluhkan lajunya yang seharunya memberinya jalan. Atas hal tersebut ia kehilangan waktu dan posisinya diambil oleh Hamilton melalui strategi pit stop.

f1-jepang-2016-2

Begitu juga dengan Verstappen yang terjebak traffic. Hal ini membuat Hamilton dapat mendekati pembalap Red Bull itu. Namun Verstappen beruntung dapat mempertahankan posisinya hingga balapan selesai.

Start buruk yang dialami oleh Hamilton awalnya sempat diduga karena adanya permukaan basah di sisi dalam lintasan lurus utama sirkuit Suzuka. Akan tetapi Hamilton mengungkapkan bahwa hal tersebut karena kesalahannya sendiri.

“Menurut saya bukan karena permukaan lembab penyebabnya, saya membuat kesalahan. Dan memperbaiki kesalahan dari situ, itu sulit. Tapi saya berusaha sebaik mungkin,” ujarnya, sebagaimana dilansir Dapurpacu.

Dua lap terakhir, sebenarnya Hamilton hampir berhasil mendahului Verstappen yang berada di posisi kedua. “Saya jauh di belakang dan ingin ke depan,” ungkapnya.

“Pada sistem tengah mobil terasa bagus, secara umum mobil terasa hebat. Saya bertarung keras pada akhirnya tapi tidak berhasil,” tambah Hamilton.

Ketika mencoba mendahului Verstappen, Hamilton menghadapi manuver agresif Verstappen yang memblokir jalurnya di tengah pengereman. Namun Hamilton tidak mempermasalahkannya dan fokus pada balapan berikutnya.

Sementara itu, Verstappen mengungkapkan bahwa Rosberg yang ada di depannya melesat tanpa kendala. “Nico meluncur tanpa kendala. Sebab ketika saya mengejar, dia menjauh. Ketika saya mengendur dirinya juga tak ngotot,” jelasnya.

“Dirinya mengontrol dengan menjaga jarak, saya pahami dirinya tentu memperhitungkan pemakaian ban.” tambah dia.

Verstappen menuturkan, di penghujung balap strategi yang dilakukan ia dan timnya sudah bagus. Namun ia sempat mendapat perlawanan dari Hamilton, meski pada akhirnya ia berhasil lolos dari kejaran pembalap Mercedes itu. “Di akhir lomba saya akui kita lakukan strategi bagus, meskipun Lewis juga ngotot mengejar, sempat juga saling salip di lap terakhir, beruntung bisa lepas darinya sehingga aman dengan posisi dua,” kata Verstappen

Selain menjadi yang pertama kalinya, kemenangan Rosberg di Negeri Bunga Sakura juga membuatnya semakin meninggalkan rekan setimnya, Hamilton. Kini Rosberg unggul 33 poin dari pembalap asal Inggris itu. Balap tinggal menyisakan empat seri. Perubahan posisi masih bisa terjadi.

Di sisi lain, yang menarik dari balapan kali ini adalah tidak adanya pembalap yang gugur di tengah pertandingan. Semuanya berhasil menuntaskan balap hingga menyentuh garis finish.

Hasil F1 Jepang 2016

  1. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes 53 lap
  2. Max Verstappen Red Bull-TAG Heuer +4,9
  3. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes +5,7
  4. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +20,2
  5. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +28,3
  6. Daniel Ricciardo Red Bull-TAG Heuer +33,9
  7. Sergio Perez Force India-Mercedes +57,4
  8. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +59,7
  9. Felipe Massa Williams-Mercedes +97,7
  10. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +98,3
  11. Romain Grosjean Haas-Ferrari +99,2
  12. Jolyon Palmer Renault-Renault +1 lap
  13. Daniil Kvyat Toro Rosso-Ferrari +1 lap
  14. Kevin Magnussen Renault-Renault +1 lap
  15. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap
  16. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap
  17. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Ferrari +1 lap
  18. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap
  19. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1 lap
  20. Esteban Gutierrez Haas-Ferrari +1 lap
  21. Esteban Ocon MRT-Mercedes +1 lap
  22. Pascal Wehrlein MRT-Mercedes +1 lap

Hasil F1 Jepang 2016 telah memperlihatkan bagaimana performa para pembalap. Seri F1 yang tersisa menjadi kesempatan para pembalap untuk memaksimalkan perolehan poinnya di musim ini.

Source: hasil f1 jepang, hasil GP F1 2016 Jepang, hasil gp F1 jepang 2016, jalannya f1jepang, podium f1, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply