Home Motor Cara Mengatasi Karburator Banjir pada Motor

Cara Mengatasi Karburator Banjir pada Motor

0 219

Cara Mengatasi Karburator Banjir, Seperti yang diketahui, sepeda motor terdiri dari beragam komponen. Setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Agar motor dapat dikendarai dengan mulus tanpa kendala, setiap komponen harus dalam kondisi baik dan prima.

Hal inilah yang menjadi tugas dari para pemilik kendaraan roda dua. Mereka harus rutin melakukan pengecekan dan perawatan komponen sehingga performa motor tetap terjaga dan menyenangkan ketika dikendarai.

Namun seiring berjalannya waktu komponen mengalami permasalahan. Hal ini adalah wajar, mengingat setiap komponen pada sepeda motor memiliki batas usia pakai. Salah satu komponen yang kerap kali bermasalah adalah karburator.

Karburator merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Tugas utamanya adalah mencampur bahan bakar udara yang kemudian menjadi kabut. Lantaran fungsinya tersebut, karburator harus selalu bersih dan steril.

Permasalahan yang biasanya menimpa komponen ini adalah bensin berlebih di ruang karburator atau dalam istilah bengkelnya disebut ‘karburator banjir’. Hal ini biasanya menimpa pada motor tua.

Dilansir dari Liputan6, Barasa selaku mekanik Toba Motor mengungkapkan bahwa hal tersebut terjadi karena tutupan pelampung tidak tertutup rapat. Tutupan pelampung atau dalam bahasa lain disebut needle valve merupakan katup yang bekerja dengan cara membuka dan menutup aliran bensin dari tangki menuju karburator.

Needle valve itu terhubung dengan ruang pelampung yang merupakan ruang untuk menampung bahan bakar sementara sebelum dialirkan ke karburator. Idealnya, ketika bensin di ruang pelampung berkurang, needle valve akan membuka.

Setelah itu ruang pelampung akan kembali terisi bensin dengan takaran yang sudah diatur. Apabila ruang pelampung penuh, maka needle akan menutup rapat.

Ketika needle valve mengalami masalah atau rusak, maka walaupun ruang pelampung sudah penuh bensin dari tangki tetap akan maksud. Hal itulah yang menyebabkan karburator dipenuhi dengan bensin.

Barsa mengatakan, untuk mengatasi karburator motor banjir, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan membenarkan needle valve. Sedangkan pilihan kedua adalah menggantinya. “Kalau dibenarkan cantolannya itu dibakar sedikit lalu dirapatkan lagi. Kalau diganti, harganya yang asli sekitar Rp 35-40 ribu,” kata dia.

Source: needle valve karburator, cara mencegah karbu banjir, cara agar sepeda motor, masalah karbu banjir, komponen sepeda motor, karburator banjir, karburator, karbu selalu banjir, istilah banjir pada motor, fungsi karburator, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply