Home Mobil 6 Tips Mencegah Mobil Terbakar yang Perlu Diketahui

6 Tips Mencegah Mobil Terbakar yang Perlu Diketahui

0 598

Tips Mencegah Mobil Terbakar, Apapun bisa terjadi di jalan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sampai sekarang masih saja sering terjadi kecelakaan di Tanah Air. Entah itu kecelakaan tunggal atau bahkan kecelakaan yang melibatkan beberapa kendaraan.

Kecelakaan bukan satu-satunya momok menakutkan bagi para pengguna kendaraan, terutama mobil. Ada hal lain yang bisa saja menimpa pengguna mobil di jalan. Salah satunya adalah kebakaran mobil yang terjadi tiba-tiba. Kasus ini juga pernah terjadi dan sempat menjadi pemberitaan di media cetak maupun elektronik.

Sama halnya dengan kecelakaan, kebakaran mobil juga dapat dihindari. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan atau dilakukan?

Berikut adalah 6 tips mencegah kebakaran mobil yang bisa Anda terapkan, yang dikutip dari laman Autobild:

Rutin servis

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar mobil terhindar dari kebakaran adalah melakukan servis secara berkala. Iwan Abdurrahman, kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) menganjurkan kepada para pemilik mobil untuk melakukan servis berkala. Tujuannya agar peristiwa yang tidak diharapkan dapat dihindari.

Selain menghindari kebakaran pada mobil, dengan rutin melakukan servis mobil akan selalu dalam kondisi baik. Anda juga dapat mengetahui kerusakan pada komponen mobil sejak dini sehingga pengeluaran yang lebih besar untuk memperbaiki kerusakan serius dapat dihindari.

Konsultasi sebelum modifikasi

Generasi muda atau para pecinta mobil tidak sedikit yang menyukai modifikasi mobil. Meskipun dapat mendongkrak penampilan, namun ada hal yang tidak boleh dilewatkan oleh pemilik. Jangan lupa untuk konsultasi terlebih dahulu dengan bengkel resmi seputar modifikasi yang hendak dilakukan dan saran dari pihak bengkel. “Pastikan pemasangan aksesoris kelistrikan dilakukan oleh teknisi yang benar-benar ahli dibidangnya. Juga gunakanlah genuine part resmi dan lakukan di bengkel yang telah direkomendasikan,” saran Iwan.

Kap mesin steril

Hal lain yang bisa Anda lakukan agar mobil terhindar dari kebakaran adalah memastikan kap mesin sudah steril dari benda asing, terutama benda yang mudah terbakar. “Periksa kap mesin adakah benda asing seperti kertas, plastik, tisu, atau kain. Yang notabene benda-benda tersebut sangat mudah untuk terbakar,” kata Iwan.

Singkirkan benda mudah terbakar

Benda yang mudah terbakar berpeluang memperburuk mobil yang terbakar. Oleh karena itu hindari benda yang mudah terbakar seperti cairan semprot pembersih kendaraan atau obat nyamuk semprot. “Hindari benda ataupun material yang mudah terbakar, seperti kaleng beraerosol bahkan yang lebih parah adalah menaruh dirigen berisi bensin dalam mobil,” ujar Iwan.

Jangan parkir dekat pembakaran sampah

Saat hendak memarkir mobil, perhatikan pula kondisi sekitar. Hindari parkir dekat pembakaran sampah. Sebab benda yang terbakar bisa tertiup angin dan berpotensi mengenai kendaraan Anda.

Asuransi

Langkah terakhir yang bisa Anda ambil adalah dengan mengasuransikan mobil Anda. “Lebih baik lagi jika Anda mendaftarkan mobil kesayangan ke pihak asuransi. Dengan begitu, Anda punya jaminan yang dapat memberikan rasa aman jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran pada mobil,” ujar Iwan.

Demikian adalah beberapa tips mencegah mobil terbakar. Dengan melakukan langkah di atas, kendaraan Anda akan lebih aman dan hati Anda akan lebih tenang ketika berpergian.

Source: langkah langkah memperbaiki mobil, modifikasi prima dengan ban besar, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply