Home Mobil Cara Mengetahui Kerusakan pada Mesin Mobil Bensin

Cara Mengetahui Kerusakan pada Mesin Mobil Bensin

0 279

Kerusakan pada Mesin Mobil, Tidak selamanya mesin mobil dalam keadaan prima. Terkadang ada permasalahan yang harus segera ditangani agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah. Namun biasanya orang tidak menyadari hal tersebut, terlebih pemilik yang jarang melakukan servis.

Untuk itu Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengetahui kerusakan mesin mobil. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah mobil bermesin bensin. Berikut adalah beberapa ciri bahwa mesin mobil bensin mengalami masalah atau kerusakan.

Asap berwarna hitam

Biasanya beberapa konsumen menjumpai mobil bekas mengeluarkan asap hitam pada knalpot. Namun tidak perlu khawatir, sebab kondisi semacam itu tidak masuk dalam kategori kerusakan serius yang mengharuskan pemilik mengeluarkan biaya besar untuk memperbaikinya.

Keluarnya asap hitam pada knalpot disertai aroma bensin kemungkinan terjadi karena pembakaran kurang sempurna pada sistem pengapian atau sistem injeksi. “Jika throttle (bukaan katup) kotor, maka sensor membaca tidak akurat. Jadi injeksi bahan bakar akan berlebih,” kata Dadi Hendriadi, Technical Service Division Head Toyota Astra Motor (TAM), dikutip dari Autobild.

Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki permasalahan tersebut relatif terjangkau dan tidak rumit. Pemilik hanya perlu melakukan tune-up yang biasa dilakukan ketika servis berkala. Apabila sistem pembakaran kembali normal, asap hitam tidak akan muncul.

Asap putih

Ada pula kasus mobil mengeluarkan asap putih. Perlu diketahui, asap putih yang keluar dari knalpot tidak selalu berkaitan dengan kerusakan pada mesin. “Perlu dipastikan asap putih yang keluar knalpot apakah benar asap atau uap air. Kalau udara dingin, banyak mobil yang mengeluarkan uap air dari knalpot. Hal itu berarti mesin dalam kondisi normal,” terang Dadi.

Umumnya asap putih akan keluar jelas ketika mesin berada di putaran tinggi. “Coba saat mesin dalam kondisi idle, injak dalam pedal gas. Jika asap putih dan bau oli terbakar muncul, maka sebagian oli mesin masuk ruang bakar. Hal itu akibat ring piston sudah aus, silinder piston baret atau seal katup sudah aus. Kondisi seperti itu perlu penggantian komponen,” ungkap Dadi.

Oli masuk ke dalam ruang bakar

Hal yang patut Anda waspadai, terutama ketika membeli mobil bekas adalah oli masuk ke dalam ruang bakar. Untuk mengetahuinya, perhatikan ujung pipa knalpot mobil. Apabila tampak basah oleh oli yang terbawa oleh gas buang, maka itu artinya oli masuk ke dalam ruang bakar.

Apabila Anda menemui permasalahan seperti ini ketika hendak membeli mobil bekas, ada baiknya Anda mengurungkan niat untuk membelinya. Alasannya biaya perbaikan tidak sedikit, karena pemilik harus membawa ke bengkel untuk turun mesin.

Biaya turun mesin sulit untuk diprediksi, karena tingkat kesulitan perbaikan turun mesin yang berhubungan dengan biaya jasa perbaikan dan harga spare part yang berbeda-beda setiap jenis mobil. Anda bisa bertanya ke bengkel resmi untuk mengetahui estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Demikian adalah cara mengetahui kerusakan pada mesin mobil bensin. Yang paling penting, jangan lupa untuk melakukan servis secara berkala sesuai dengan yang dianjurkan oleh masing-masing pabrikan. Sebab setiap komponen, termasuk mesin memiliki masa pakai dan bisa saja mengalami permasalahan sewaktu-waktu. Oleh karena itu penting melakukan servis agar Anda bisa mengetahui kerusakan pada mobil sejak dini. Sementara untuk Anda yang sedang mencari mobil bekas, perhatikan dengan cermat setiap bagian supaya Anda bisa mengetahui seperti apa kondisi mobil tersebut.

Source: service bagian bagian mesin mobil, bagaimana mengetahui bahwa mesin mobil tidak basah, sensor mobil injeksi, oli mesin motor untuk mobil, mesin mobil bekas, Mengetahui kerusakan mesin mobil, memperbaiki mesin mobil injeksi, Masalah pada mobil bensin, komponen sistem pengapian pada mobil, komponen mesin bensin, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply