Home Mobil Bekas Tips Membeli Nissan Serena Bekas 2013, Periksa Menyeluruh

Tips Membeli Nissan Serena Bekas 2013, Periksa Menyeluruh

0 401

Nissan Serena Bekas 2013, Memiliki mobil seakan sudah menjadi kebutuhan penting bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Di sisi lain, hal tersebut diimbangi dengan begitu banyaknya pilihan model yang ditawarkan di pasaran. Akan tetapi ada beberapa faktor yang biasa dipertimbangkan calon pembeli sebelum membeli mobil baru.

Salah satunya adalah harga jual. Seperti yang diketahui, mobil baru memang memiliki fitur dan tampilan menggoda hati. Namun kadangkala hal tersebut harus dibayar dengan harga yang cukup tinggi. Di sisi lain harga mobil baru setiap tahunnya mengalami kenaikan harga. Itulah yang membuat orang berpikir dua kali sebelum memutuskan membeli mobil baru.

Namun Anda bisa memilih mobil bekas jika mencari unit dengan harga lebih terjangkau. Ada banyak pilihan yang bisa Anda beli. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Nissan Serena bekas.

Mobil keluarga yang satu ini sudah dikenal sejak tahun 90’an. Sejak kemunculan pertamanya, mobil ini menjadi salah satu produk andalan Nissan Indonesia. Jika kebetulan Anda sedang mencari MPV bekas dengan tampilan yang masih menarik dan fitur yang mumpuni, Serena lansiran 2013 bisa menjadi bahan pertimbangannya.

Tampilan eksterior dan interiornya kental dengan nuansa mewah. Kelebihan yang ditawarkan mobil ini adalah batas kaca depan yang rendah sehingga memberikan pandangan yang memadai bagi pengemudi. Selain itu model kaca segitiga di pilar A juga dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi.

nissan-serena-2013-3

Jok captain seat di baris kedua menjadi kelebihan lain yang ditawarkan Nissan pada MPV ini. Jok ini memiliki Smart Multi Center Seat. Untuk bagian tengah jok dapat digeser ke depan dan ke belakang untuk memberikan akses dari belakang ke depan maupun sebaliknya.

Di samping itu mobil ini mengusung sliding door electric yang diklaim Nissan sebagai yang terbesar di kelasnya. Dengan demikian, penumpang baris ketiga akan mudah untuk masuk dan keluar kabin.

Melirik sektor dapur pacu, Nissan Serena 2014 mengandalkan mesin berkode MR20DD dengan teknologi Direct Injection berkapasitas 2.0L 4 silinder. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi Xtronic CVT yang perpindahan giginya sangat halus. Nissan juga membekali MPV andalannya ini dengan fitur idling start stop system sehingga konsumsi BBM semakin irit.

Apabila tertarik untuk membeli mobil ini dalam kondisi bekas, jangan untuk memeriksanya secara menyeluruh. Hal ini sudah menjadi kegiatan wajib bagi calon konsumen sebelum membeli mobil bekas.

“Perhatikan kondisi secara keseluruhan, terutama mesin dan transmisi matik CVT-nya. Kalau sampai bermasalah pada CVT biayanya mahal,” kata Prasetya, Service Advisor Nissan Bintaro, dikutip dari Otomotifnet.

nissan-serena-2013-2

Selain itu perhatikan pula sektor kaki-kaki seperti bushing dan sokbreker. Biasanya sektor kaki-kaki kerap mengalami masalah lantaran faktor pemakaian.

Menurut Samuel, salah seorang pemilik All New Nissan Serena, tampilan mobil ini mewah dan memiliki kenyamanan yang baik. Namun ada satu catatan dari MPV Nissan ini. sayangnya ground clearance agak rendah, jadi kalau masuk ke basement yang agak curam pasti mentok di bagian bawah,” ungkap Samuel.

Di pasaran, harga Nissan Serena bekas tahun 2013 berkisar Rp 267 jutaan. Bila Anda tertarik, Anda juga bisa menggunakan fasilitas kredit yang ditawarkan oleh pihak leasing. Namun jangan lupa untuk menyesuaikan sistem cicilan dengan kemampuan ekonomi Anda.

Tips Servis

Ada baiknya untuk melakukan perawatan berkala pada mobil ini sehingga terhindar dari kerusakan serius. Lakukan servis setiap kelipatan 10.000 km. Untuk jarak 10.000, 30.000 dan 50.000 dan seterusnya lakukan penggantian oli mesin dan filter oli. Sedangkan untuk jarak tempuh 20.000, 60.000, 100.000 km dan seterusnya, ganti filter AC dan lakukan pengecekan keseluruhan.

Untuk kelipatan jarak tempuh 40.000 km, lakukan servis besar. Ganti juga komponen mobil seperti filter udara, fanbelt dan semua cairan kecuali oli CVT.

Harga spare parts

  • Filter oli : Rp 34.000
  • Filter udara : Rp 195.000
  • Busi : Rp 253.000/pcs
  • Kampas rem depan : Rp 895.000
  • Kampas rem belakang : Rp 1.006.500
  • Tierod : Rp 858.000/pcs
  • Long tierod : Rp 515.000/pcs

Kelebihan dan kekurangan Nissan Serena 2013

Kelebihan

  • Fitur kenyamanan dan keselamatan memadai
  • Kabin terbilang lega dan mewah
  • Sliding door memberikan kemudahan kepada penumpang

Kekurangan

  • Cukup boros bahan bakar (BBM)
  • Beberapa komponen kaki-kaki memiliki harga tinggi
  • Resale value belum terjaga

Spesifikasi Nissan Serena 2013

Dimensions

 Length (mm)  4770
 Width (mm)  1735
 Height (mm)  1865
 Wheelbase (mm)  2860
 Tread Width Front  1480
 Tread Width Rear  1485
 Min. turning radius (m)  5.7 m
 Ground Clearance (mm)  160

Mechanical

 Engine Code  MR20
 Displacement (cc)  1997
 Max. Power  108 kW (147 PS) / 5600 rpm
 Max. Torque  206 Nm (21.0 kgf m) / 4400 rpm
 Transmission  CVT
 Brakes front  Ventilated Disc
 Brakes rear  Disc
 Suspension Front  Independent MacPherson Strut with Stabilizer
 Suspension Rear  Torsion beam with stabilizer
 Fuel Tank Capacity  60 litres
 Tyre Size  195/60R16

 

Demikian adalah ulasan seputar tips membeli Nissan Serena Bekas 2013. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Source: bocoran desain grand livina 2017, mobil bekas serena, mobil jok segitiga, mobil serena 2014, nissan bekas, servis jok mobil, tips membeli mobil bekas nissan serena, tips membeli nissan serena, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply