Home Mobil Cara Menyalakan Lampu Kabut Mobil dengan Aman dan Benar

Cara Menyalakan Lampu Kabut Mobil dengan Aman dan Benar

0 270

Cara Menyalakan Lampu Kabut Mobil, Para pemilik mobil tentunya sudah tidak asing dengan fog lamp atau lampu kabut. Lampu ini lazim dijumpai pada mobil keluaran terbaru.

Meski sudah banyak diaplikasikan pada mobil baru, namun ada beberapa orang yang belum paham tentang fungsi dan cara menggunakannya. Banyak pengemudi yang menyalakan lampu kabut pada malam hari. Perlu diketahui, hal tersebut bukanlah tindakan yang tepat.

Di negara Eropa, pemakaian lampu kabut telah menjadi aksesori standar wajib pada kendaraan sejak tahun 1980. Berbeda dengan di Indonesia yang belum menerapkan langkah seperti itu. Di Tanah Air, penggunaan fog lamp juga dilarang apabila terus dinyalakan. Hal ini merupakan sebuah kewajaran, sebab bias sinarnya dapat membahayakan pengguna jalan lainnya.

Kesalahan lain yang jamak dilakukan pengemudi mobil adalah menghidupkan daytime running lights (DRL) bersamaan dengan lampu kabut dan lampu utama di malam hari. Tindakan ini kurang baik sebab dapat mengganggu pandangan pengendara lainnya.

Sebagaimana dilansir dari laman resmi Toyota Astra Motor (TAM), idealnya lampu kabut atau fog lamp menggunakan bohlam halogen. Sebab daya tembus cahaya yang berwarna kuning lebih baik daripada cahaya berwarna putih ketika hujan dan kabut.

Polisi menyarankan kepada pengemudi mobil untuk menyalakan lampu kabut ketika hujan lebat, terutama jika itu terjadi di malam hari. Hal yang sama juga berlaku ketika jalanan berkabut. Alasannya, sorotan fog lamp cenderung fokus ke satu arah daripada pendaran cahaya head lamp yang lebih menyebar jauh ke arah depan.

Tidak hanya berfungsi sebagai penerang jalan di tengah hujan ataupun kabut, fog lamp juga dapat mempermanis tampilan mobil pemilik. Biasanya pada mobil terdapat slot untuk tempat fog lamp. Dengan begitu, pemilik dapat menambahkan fog lamp sebagai aksesori tambahan tanpa perlu melakukan modifikasi di bagian bumper.

Peletakan lampu kabut di bagian bumper mobil memiliki tujuan tertentu. Hal ini dilakukan agar fog lamp yang mempunyai intensitas cahaya cukup tinggi tidak mengganggu pandangan pengendara dari arah berlawanan.

Untuk para pemilik mobil yang tertarik untuk menyematkan lampu kabut pada mobil, disarankan untuk menggunakan aksesoris resmi. Tujuannya untuk menghindari pemasangan tidak presisi atau mengganggu pandangan pengguna jalan lain.

Source: cara menyalakan lampu kabut mobil, cara menyalakan lampu kabut, cara menyalakan lampu kabut sirion, cara menghidupkan lampu kabut a, fungsi lampu kabut, lampu kabut mobil atoz menyalakan, cara menyalakan lampu kabut mobil atoz, menyalakan lampu kabut, cara menyalakan lampu kabut di mobil ayla, cara menyalakan lampu kabut brio satya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply