Home Auto News Yamaha Mio M3 2016 Akan Hadir, Bawa Fitur Stop & Start System?

Yamaha Mio M3 2016 Akan Hadir, Bawa Fitur Stop & Start System?

0 246

Yamaha Mio M3 2016, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tampaknya berniat untuk memperkuat posisinya di pasar skuter matik Tanah Air. Hal ini terungkap dari bocoran motor matic terbaru yang kabarnya akan hadir dengan nama Yamaha NVX. Tidak berhenti sampai di situ, YIMM diketahui juga sedang menyiapkan model terbaru Mio M3.

Sebelumnya foto bocoran Mio M3 terbaru beredar di jagat maya. Motor Yamaha terbaru ini akan mengusung satu fitur baru yang cukup menggoda, yakni Stop & Start System (SSS). Meski demikian skuter matik bermesin 125 cc ini bukanlah satu-satunya skutik yang mengusung fitur tersebut.

Yamaha beberapa waktu lalu juga menghadirkan Janus dengan fitur SSS di Vietnam. Skutik ini jadi indikator paling kuat lantaran mesin yang dipakai sama seperti mesin Mio M3, yakni Blue Core 125 cc.

Tidak berhenti sampai di situ, pada bulan Mei kemarin PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing kedapatan mendaftarkan motor batik baru bermesin 125 cc. Motor tersebut terdaftar dengan kode BN1. Model ini diperkirakan merupakan Mio M3 terbaru setelah Mio Z.

Fitur SSS yang dibenamkan pada Yamaha Mio M3 bisa menjadi andalan Yamaha untuk memperketat persaingannya dengan pemimpin pasar, Honda. Teknologi tersebut dapat mematikan mesin secara otomatis ketika dalam keadaan idle selama tiga detik. Untuk menghidupkan mesin motor kembali, pengendara hana perlu memutar throttle. Tidak perlu distarter sehingga memudahkan pengendara selama perjalanan.

Melihat prinsip kerjanya, persis seperti teknologi Idling Stop System (ISS) yang ada pada skuter matik Honda. Apabila resmi dipasarkan, Mio M3 dengan dukungan fitur SSS akan bersaing dengan kompetitor sekelasnya, yakni Honda BeAT Sport CBS ISS dan Honda BeAT Pop eSP CBS ISS. Lantas kapan motor matic baru Yamaha ini dirilis di Indonesia?

Yamaha Mio M3 125 2016 Indonesia

Dikutip dari Otomotifnet,  Mohammad Masykur, Assistant GM Marketing PT YIMM mengungkapkan bahwa peluncurannya kemungkinan besar akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Tunggu saja undangannya, agendanya model apa saja yang akan dilaunching. Tiga minggu lagi, nih!,” ujar Masykur.

Jika diperhatikan, dalam waktu dekat akan diselenggarakan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016. Rencananya pameran ini akan dilangsungkan pada 2-6 November 2016. Tidak menutup kemungkinan YIMM akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memperkenalkan Yamaha Mio M3 SSS.

Sekedar informasi, salah satu skutik andalan Yamaha Indonesia ini hadir dengan desain yang sporty dan trendy. Terdapat beberapa keunggulan dari motor ini. Antara lain bagasi dan jok yang cukup luas. Di samping itu kapasitas tangki bahan bakarnya juga besar, mencapai 4,2 liter. Desain jok dan lampu depan dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat sporty. Lalu untuk bagian bodi dihiasi dengan garis tajam untuk memunculkan kesan kompak.

Mio M3 dipermanis dengan karakter ‘M’ pada bagian handle seat dan lampu ketika kunci kontak diputar. Di samping itu desain panel depan dan lampu belakang juga memiliki desain yang menarik. Agar tampilannya semakn menggoda, Yamaha menambahkan motif karbon bertekstur sporty di beberapa titik. Antara lain cover mesin, cover belakang, panel depan, duct samping kanan dan kiri serta pelindung knalpot.

Yamaha Mio M3 yang dipasarkan di Indonesia saat ini memiliki beberapa fitur. Seperti speedometer dengan eco indicator, smart lock system, multifunction key, smart side stand switch dan bagasi. Speedometer motor ini dibuat sedemikian rupa sehingga informatif dan dapat dibaca dengan mudah oleh pengendara.

Sementara adanya fitur smart lock system akan memudahkan pengendara ketika mengunci rem di jalan menanjak maupun menurun. Lalu fitur smart side stand switch akan mematikan mesin secara otomatis ketika standar samping diturunkan.

Yamaha Mio M3 mengandalkan mesin berkapasitas 125 cc. Tenaga yang dapat disajikan mesin ini mencapai 9,52 ps pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak sebesar 9,6 Nm yang diraih pada putaran mesin 5.500 rpm. Yamaha juga menyertakan pendingin udara dan settingan CVT baru. Mesin berteknologi Blue Core tersebut memiliki bobot 32,6 kg dan diklaim menjadi yang paling di kelasnya.

Kehadiran Yamaha Mio M3 2016 dengan fitur SSS akan membuat motor ini naik kelas. Tidak hanya itu, fitur ini bisa menjadi modal Mio M3 untuk memanaskan persaingannya dengan Honda BeAT yang sejauh ini masih menjadi pemimpin di pasar sepeda motor Tanah Air.

Source: Mio 125, modif batik mio m3, yamaha mio m 125 indo, mio 125 cc, mio z sss, mio m3 idling stop, mio M3 z, beat 125 cc terbaru, motor m3 terbaru, Motor mio yamaha, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply