Home Auto News Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2016, Ini Rekor yang Diraih

Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2016, Ini Rekor yang Diraih

0 301

Marc Marquez Juara Dunia, Marc Marquez keluar sebagai juara di GP Motegi Jepang (16/10/2016). Kemenangan ini sekaligus membuat Marquez mengunci gelar juara dunia lebih awal. Ini merupakan kemenangan ketiga Marquez dalam empat tahun.

Selain itu pembalap Repsol Honda ini juga berhasil meraih beberapa rekor sekaligus. Lalu apa saja rekor yang dipecahkan oleh pembalap muda asal Spanyol itu? Berikut adalah rekor yang diraih oleh Marquez, sebagaimana dilaporkan Otomotifnet:

Marquez merupakan pembalap termuda yang meraih gelar juara dunia kelas utama, pada usia 23 tahun 242 hari. Pembalap bernomor 93 ini mematahkan rekor Mike Hailwood yang memenangkan gelar 500 cc ketiga berturut-turut di tahun 1964. Kala itu ia berusia 24 tahun 108 hari.

Rekor lainnya, Marquez merupakan pembalap termuda sepanjang sejarah yang mempunyai lima gelar kejuaraan dunia. 1 kali diraih di 125 cc dan Moto2, 3 kali di balap MotoGP. Ia mengalahkan rekor Valentino Rossi yang berusia 24 tahun 238 hari saat memperoleh gelar kelima di ajang MotoGP 2003.

Marquez juga berhasil memenangi seluruh tiga titel juara dunia MotoGP mengendarai Honda. Pencapaian ini menyamai jumlah gelar kelas utama yang diraih oleh Rossi ketika membela Honda (1 kali kelas 500 cc dan 2 kali MotoGP).

Merupakan satu-satunya pembalap yang memenangkan gelar juara dunia lebih dari itu di kelas premier untuk Honda, adalah Mick Doohan yang memenangkan gelar juara GP 500 cc lima kali.

Rekor selanjutnya, Marquez berhasil bersanding dengan Jorge Lorenzo sebagai pembalap Spanyol dengan lima gelar juara dunia. Hanya ada satu pembalap Spanyol yang memiliki gelar lebih dari kedua pembalap itu, yakni Angel Nieto. Ia meraih 13 gelar juara dunia (7 kali kelas 125 cc dan 6 kali di 500 cc).

Keluar sebagai juara di GP Jepang, Marquez telah memenangkan balapan setidaknya lima kali per musim selama tujuh tahun terakhir di berbagai kelas. Rekor serupa juga diraih oleh dua pembalap lain, yakni Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

Sepanjang MotoGP 2016, Marquez berhasil menang melebihi pencapaian pembalap lain di kelas MotoGP. Marquez menang sebanyak lima kali, paling banyak naik podium (11 kali) dan pole position paling banyak (6 kali).

Source: rekor yang dipecahkan marc marquez, Mengunci gelar juara dunia di motegi rekor apakah yg berhasil di pecahkan marc marquez, Foto Marc Marquez Juara dunia Moto Gp 2016, Rekor-rekor yang diraih marc marquez hingga 2016, rekor yang dipecahkan marquez usai juara dunia motogp 2016, rekor yang berhasil dipecahkan marc marquez di motegi, rekor rekor yang di cetak marques usai motogp 2016, rekor baru marc marques 2016, perbandingan gelar juara dunia yang diraih honda dan yamaha, Marc marquez juara dunia motogp 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply